Pemeriksaan Gigi Saat Hamil

Selain Cek Kandungan, Lakukan Juga Pemeriksaan Gigi Saat Hamil

Melakukan pemeriksaan gigi adalah hal yang kerap kali dilewatkan oleh banyak orang. Padahal, tentu kita sudah sering mendengar, ada anjuran untuk melakukan pemeriksaan gigi setiap 6 bulan sekali. Lalu, bagaimana jika kita dalam kondisi hamil? Perlukah melakukan pemeriksaan gigi saat hamil? Ini pengalaman saya melakukan pemeriksaan gigi saat hamil.

Mulai Melakukan Pemeriksaan Gigi Secara Rutin

Awalnya, saya bukan termasuk orang yang suka ke dokter gigi. Paling-paling kalau ada keluhan nyeri yang tak tertahankan, baru deh saya memaksakan diri ke dokter gigi. Jujur saja, diperiksa dengan mulut terbuka, ditambah bunyi alat yang bikin kuping sakit, rasanya tak nyaman sama sekali. 

Apa daya, sekitar 2 tahun lalu, saya kerap merasa ada yang tak beres dengan gigi geraham saya. Bolak balik ke dokter gigi, berganti-ganti, sampai akhirnya bertemu dokter gigi spesialis perio dan melakukan operasi pencabutan gigi bungsu.Ā 

Setelah secara bertahap melakukan pencabutan gigi bungsu, dokter gigi menyarankan saya untuk pemeriksaan gigi secara rutin. Hal yang selama ini sering saya lewatkan. Bukan setiap 6 bulan, tapi disuruh setiap 3 bulan sekali! Ini karena kondisi area gigi geraham saya yang butuh perhatian lebih.Ā 

Melakukan pengecekan rutin di dokter gigi
Ilustrasi : Melakukan pengecekan rutin di dokter gigi

Akhirnya, saya pun menuruti anjuran dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan gigi secara rutin. Syukurnya, setelah 2 kali cek selama 3 bulan sekali, akhirnya jadwal periksa saya balik normal 6 bulan sekali. Ya, daripada mengobati yang rasanya sakit banget, ada baiknya mencegah kan? 

Omong-omong, karena saat melakukan pemeriksaan gigi, saya sering ngajak anak. Alhamdulillah sih, kayaknya karena terbiasa, anak pun senang ketika jadwal dia ketemu dokter gigi juga. 

Tetap Melakukan Pemeriksaan Gigi Saat Hamil

Sebenarnya, jadwal pemeriksaan gigi untuk tahun ini berada di bulan Januari. Namun, di bulan tersebut saya kerap mengalami mual dan muntah. Ternyata, saya memasuki masa awal kehamilan.Ā 

Saya memilih menunda periksa gigi sampai frekuensi mual saya mereda. Ya, kondisi normal saja saya kalau diperiksa dokter gigi rasanya gampang mual. Apalagi pas hamil. Gak enak aja sama dokternya. 

Ketika frekuensi mual mereda, saya pun mulai mencoba untuk melakukan pemeriksaan gigi saat hamil. Mumpung sambil konsultasi, saya pun banyak dapat info terkait kesehatan gigi saat hamil. Ternyata, saat hamil kondisi gigi dan mulut bisa berubah.Ā 

Melakukan pemeriksaan gigi saat hamil
Ilustrasi : Melakukan pemeriksaan gigi saat hamil

Mengenal kondisi gigi saat hamil

Pada trimester I, rasa mual dan muntah kerap kali dirasakan oleh ibu hamil. Nah, pada saat muntah, terdapat kandungan asam lambung tinggi yang ikut keluar juga melalui rongga mulut. Akibatnya rongga mulut menjadi asam dan ini bisa menyebabkan gigi menjadi mudah rapuh. 

Perubahan hormon juga bisa menyebabkan penebalan gusi. Bisa saja saat ibu hamil menyikat gigi akan terasa berdarah karena adanya gusi yang membengkak. Tentu saja jika ini terus terjadi, harus segera dikonsultasikan oleh dokter. 

Ketika memeriksakan diri ke dokter gigi, dokter melihat kedua kondisi di atas saya alami. Beliau mengatakan, memang kondisi seperti ini kerap terjadi pada saat hamil. Tetap lakukan perawatan rutin seperti menyikat gigi minimal 2 kali sehari, pembersihan sisa makanan dengan dental floss setiap hari, serta berkumur. 

Mengalami nyeri gigi saat hamil

Saat hamil, saya pun pernah mengalami nyeri gigi beberapa kali. Biasanya, saya mengurangi nyeri dengan berkumur dengan air garam atau mengemut es. Dokter gigi pernah memberikan tips setelah operasi untuk mengemut minuman probiotik ukuran kecil yang telah dibekukan.

Setelah itu, biasanya nyeri berkurang sih.Ā Ya, kalau nyerinya berlanjut terus, pastinya saya bakal janjian sama dokter gigi untuk melakukan pengecekan lebih lanjut.

Tetap jaga kesehatan gigi saat hamil
Tetap jaga kesehatan gigi saat hamil

Waktu untuk pengecekan gigi saat hamil

Saya sendiri melakukan pemeriksaan gigi saat hamil di trimester I. Walaupun kerap mengalami muntah, tapi syukurnya muntah kerap terjadi di pagi hari. Jadi, saya berani untuk melakukan pemeriksaan gigi. Tapi, kalau memang mual hebat, mungkin ya bisa diundur untuk dicek pada trimester II saja.

Kalau mengikuti anjuran periksa gigi setiap 6 bulan sekali, berarti jika kita melakukan pemeriksaan gigi di trimester I, nanti di trimester III pun akan melakukan pemeriksaan gigi lagi. Di bayangan saya sih, hal ini bakal penting ya menjelang persalinan. Ya daripada pas mau lahiran trus dobel bonus sakit gigi. Duh, bakal double attack. 


Jadi, pada saat hamil, memang penting untuk memeriksakan kehamilan ke dokter kandungan. Tapi jangan lupakan kesehatan ibu juga, salah satunya kesehatan gigi. Jadi, kenapa tidak untuk melakukan pemeriksaan gigi saat hamil? 

Semoga tetap sehat semua ya..

Meningkatkan Kompetensi Diri dengan Kursus Online Bersertifikat Skill Academy

Meningkatkan Kompetensi Diri dengan Kursus Online Bersertifikat Skill Academy

Seiring dengan teknologi yang berkembang dan era disrupsi digital, kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh karyawan pun berubah. Kemampuan fisik atau dasar kini tak cukup untuk bersaing dan bertahan di dunia kerja. Makanya, kita harus terus meningkatkan kompetensi yang kita miliki. Salah satu caranya, dengan mengikuti kursus online bersertifikat seperti yang diselenggarakan oleh Skill Academy.

Apa Untungnya Meningkatkan Kompetensi di Dunia Kerja ?

Well, World Economic Forum / WEF atau Forum Ekonomi Dunia, pada tahun 2018 lalu merilis 10 jenis keterampilan yang kebutuhannya semakin berkurang. Keterampilan tersebut antara lain kemampuan yang berkaitan dengan memori, verbal, dan pendengaran dan kemampuan membaca, menulis, dan matematis. Artinya apa? Hanya sekedar mampu menguasai hal dasar saja tidak akan cukup untuk bersaing di dunia kerja. 

WEF juga mengeluarkan data 10 jenis keterampilan yang semakin dibutuhkan dan diharapkan dimiliki oleh karyawan pada tahun 2022. Keterampilan tersebut antara lain adalah 

  1. Daya pikir analitis dan inovatif
  2. Pembelajar yang aktif dan strategis 
  3. Kreativitas, originalitas, dan inisiatif
  4. Kemampuan programming dan teknologi desain
  5. Kemampuan analitis dan daya pikir kritis 
  6. Kemampuan memecahkan masalah yang sulit 
  7. Kepemimpinan dan kemampuan memberikan pengaruh kepada lingkungan sosial 
  8. Kecerdasan emosional 
  9. Logika penyelesaian masalah, reasoning, dan ideation 
  10. Kemampuan analisis sistem dan evaluatif
ada 10 keterampilan baru yang dibutuhkan dalam dunia kerja

Kalau kita cermati, jenis keterampilan yang dibutuhkan ini adalah pengembangan dari keterampilan yang akan hilang. Misalnya, kemampuan membaca saja tidak akan cukup. Jika kita dihadapkan oleh berbagai data, kita harus bisa membaca data, menganalisis data tersebut, menghubungkan data dengan berbagai permasalahan yang terkait, sehingga didapatkan ide-ide sebagai solusi untuk permasalahan yang ada. 

Nah, kalau kita bisa meningkatkan kompetensi diri dan terus berusaha untuk punya keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja, bukan tidak mungkin kita akan lebih mudah bersaing, mendapatkan promosi, dan bisa saja mendapatkan penghasilan lebih besar jika jabatan kita lebih tinggi.Ā 
Lagi pula, ga ada salahnya kan punya skill lebih?

Meningkatkan Kompetensi dengan Kursus Online Bersertifikat  Skill Academy

Lalu, gimana dong caranya untuk meningkatkan kompetensi? Meningkatkan kompetensi diri dapat dilakukan dengan mengikuti pelatihan, seperti Kursus Online Bersertifikat Skill Academy.

Kenalan dulu dengan Kursus Online Bersertifikat Skill Academy

Sebagai orang tua, mungkin kita tak asing lagi dengan Ruangguru. Ruangguru adalah startup edtech yang menyediakan platform belajar untuk anak sekolah. Nah, Ruangguru memperluas platform belajar online untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi profesional melalui Skill Academy.Ā 

Tampilan muka website kursus online bersertifikat Skill Academy
Tampilan muka website kursus online bersertifikat Skill Academy

Hadir sejak September 2019, Skill Academy menyediakan beberapa kategori pelatihan. Ada mentoring, bisnis & keuangan, pemasaran, pengembangan diri, teknologi & software, persiapan tes, dan prakerja. Kelas-kelas yang ditawarkan di Skill Academy memang berbayar. Namun, setiap konten di sini dibuat oleh para pakar professional. 

Salah satu kategori yang paling dilirik dalam platform Aplikasi Kursus Online ini adalah Prakerja. Apalagi adalah bantuan biaya pelatihan, yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja sasaran penerima yang berusia 18 tahun ke atas dan sedang tidak sekolah/kuliah. Di kategori prakerja ini, ada banyak pilihan kelas yang bisa diikuti untuk mendukung skill kita di dunia kerja maupun dunia bisnis, baik soft skill maupun hard skill.Ā 

Salah satu skill yang diharapkan dimiliki karyawan adalah logika penyelesaian masalah, reasoning, dan ideation. Untuk meningkatkan skill ini, kita bisa mengikuti kelas ā€œBelajar Merancang Produk Untuk Pemula dengan Metode Design Sprintā€.Ā 

Salah satu kelas pelatihan prakerja di  Aplikasi Kursus Online Skill Academy
Salah satu kelas pelatihan prakerja di Skill Academy

Apa Itu Metode Design Sprint ? 

Metode design sprint adalah sebuah metode untuk menjawab permasalahan dari business plan yang dibuat, menciptakan prototype, serta menguji ide bisnis kepada customer atau user. Metode ini dikembangkan oleh Jake Knapp sejak tahun 2010. Kini design sprint banyak digunakan di start-up untuk mengembangkan produk-produk yang dimilikinya.Ā 

Melalui 5 langkah kerja, peserta design sprint ditargetkan untuk dapat membuat sebuah produk melalui design thinking dalam waktu 5 hari. Proses design thinking sendiri sebenarnya merupakan proses berpikir strategis, kognitif, dan praktis.Ā 

Salah satu aktivitas dalam metode Design Sprint
Salah satu aktivitas dalam metode Design Sprint

Dengan mengikuti pelatihan design sprint, kita akan dilatih untuk mencoba mencari insight pribadi dalam menyelesaikan masalah, reasoning, dan ideation. Selanjutnya, kita saling berdiskusi bersama dalam kelompok untuk mendapatkan sebuah gagasan yang digunakan dalam proyek. 

Alasan Membeli Kelas Pelatihan Prakerja di Skill Academy

Kalau ditanya alasan memilih Skill Academy untuk mengikuti kelas online bersertifikat, jawabannya tentu saja karena Skill Academy sudah dikenal secara luas sebagai salah satu mitra dalam pelaksanaan program Kartu Prakerja. Beberapa alasan lain yang mendukungku dalam memilih Skill Academy untuk kelas Pelatihan Prakerja antara lain : 

1. Banyak pilihan kelas

Skill Academy memiliki beberapa kategori pelatihan. Nah, untuk kategori pelatihan pra kerja sendiri, kita bisa memilih kelas yang benar-benar sesuai minat kita. Kita pun bisa memilih kelas yang akan meningkatkan keterampilan kita. Contohnya saja, aku memilih kelas design sprint karena merasa kemampuan problem solving, reasoning dan ideation yang kumiliki masih kurang. 

Selain itu, untuk berbagai kelas di kategori Prakerja, benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan dari dasar. Ada kelas untuk membuat CV, wawancara, presentasi, hingga berkarir nantinya.Ā 

Beberapa pilihan kelas di Kursus Online Bersertifikat Skill Academy
Beberapa pilihan kelas di Skill Academy

2. Diajar oleh tenaga profesional

Instruktur di Skill Academy merupakan tenaga profesional dan sudah menjadi pakar di bidangnya. Jadi, gak perlu ragu lagi sama kapabilitas dan kualitas instruktur Skill Academy. Kita bisa melihat profil instruktur dengan jelas, termasuk pengalamannya.Ā 

Profil salah satu instruktur di Kelas Online Bersertifikat Skill Academy
Profil salah satu instruktur di Skill Academy

3. Web dan aplikasi yang mudah diaksesĀ 

Skill Academy dapat diakses melalui web maupun aplikasi. Aplikasi Skill Academy telah tersedia di Android maupun iOS. Akses masuknya pun mudah dan cepat. Kita bisa login single sign on (SSO), menggunakan akun Google atau Facebook yang kita miliki.

Selanjutnya, untuk kelas pun, kita bisa melihat dengan detail topik, materi dan durasi dari setiap kelas yang ditawarkan. Jika kita telah melakukan pembelian kelas, nantinya kita bisa mengakses materinya kapanpun.

Detail materi salah satu kelas Aplikasi Kursus Online Skill Academy
Detail materi salah satu kelas Skill Academy

4. Adanya sertifikat yang diberikan setelah selesai pelatihan

Selain materi, di dalam kelas yang kita pilih juga terdapat semacam latihan soal. Tujuannya untuk mengukur pemahaman kita terhadap materi yang dipelajari. 

Tak hanya itu, di akhir sesi pelatihan, kita bisa mendapatkan sertifikat juga loh. Ya, beberapa perusahaan kan masih menilai kemampuan calon pekerja berdasarkan sertifikat yang dimiliki. 

5. Harga pelatihan online yang terjangkau dan banyak promo diskon

Harga pelatihan online yang ditawarkan oleh Skill Academy cukup terjangkau, mulai dari 150.000 rupiah. Selain itu, ada banyak promo dan diskon yang ditawarkan juga oleh Skill Academy. Melalui potongan promo atau diskon ini, bisa jadi kita akan membayar dengan harga yang jauh lebih murah, untuk kelas yang kita minati.Ā 

Nah untuk pembayarannya sendiri, bisa dilakukan melalui transfer bank, pembayaran di mini market, kartu kredit, e-wallet, atau kartu prakerja.

6. Pelayanan customer service yang baik

Sentuhan pelayanan personal juga tetap diberikan oleh Skill Academy. Skill Academy menyediakan pelayanan melalui whatsapp customer service yang aktif pada jam 10.00 – 17.00 WIB. Jika kita merasa butuh bantuan, tinggal whatsapp saja CS pada jam yang telah ditentukan, selanjutnya akan ada balasan untuk menyelesaikan permasalahan yang kita rasakan.Ā 

Tersedia fitur chat dengan Customer Service di Situs Kelas Online Bersertifikat Skill Academy
Tersedia fitur chat dengan Customer Service

Dengan segala keunggulan dan kemudahan yang diberikan oleh kursus online bersertifikat Skill Academy, rasanya, untuk meningkatkan keterampilan diri semakin mudah saja ya. Masih mau gitu-gitu aja? Kenapa ga coba upgrade skill bersama Skill Academy? Yuk yuk yukk.Ā 

Vaksin Covid 19 di Indonesia

Mengenal Jenis Vaksin Covid 19 di Indonesia

Tak terasa, hampir setahun covid 19 sudah hadir di Indonesia. Perkembangan kasus pandemi covid 19 di Indonesia tiap hari masih bertambah dan rasanya belum ada tanda-tanda melandai. Namun, muncul harapan baru untuk secara perlahan mengurangi pandemi ini. Pemberian vaksin covid 19 di Indonesia menjadi salah satu upaya untuk mengatasi pandemi covid 19 saat ini.Ā 

Mengenal Jenis Vaksin Covid 19 di Indonesia

deretan vaksin covid 19 yang siap disuntikkan
ilustrasi : beberapa vaksin covid 19

Pemerintah Indonesia pada saat ini memastikan hanya akan menyediakan vaksin yang terbukti aman dan lolos uji rekomendasi dari World Health Organization (WHO).Ā Di Indonesia sendiri, pemberian vaksin Covid 19 telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Kesehatan Nomor H.K.01.07/Menkes/9860/2020. Dalam keputusan ini, pemerintah menetapkan 6 (enam) jenis vaksin, yaitu:

1. Vaksin Merah Putih


Merupakan vaksin yang diproduksi oleh PT Bio Farma, hasil kerja sama dengan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman. Pada saat ini PT Bio Farma juga bekerja sama dengan perusahaan vaksin asal China, Sinovac Biotech, untuk dapat memproduksi vaksin Covid 19 dari Vaksin Sinovac. 

2. Vaksin AstraZeneca

Adalah vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan Inggris, AstraZeneca bekerja sama dengan Universitas Oxford. Pada saat ini, nilai efikasi vaksin atau tingkat kemanjuran vaksin dalam melawan suatu penyakit pada orang yang sudah divaksinasi saat tahap uji klinis, sudah mencapai 70 persen. Keunggulan dari vaksin ini adalah tidak perlu disimpan pada suhu sangat dingin, sehingga mudah didistribusikan. Selain itu, vaksin ini juga dapat diberikan kepada lansia.

3. Vaksin Sinopharm (China National Pharmaceutical Group Corporation)

Vaksin ini rencananya akan diberikan untuk program vaksinasi mandiri atau vaksin gotong royong. Vaksin ini memiliki nilai efikasi sekitar 72%. Walaupun pengujian tahap akhir untuk Sinopharm belum selesai, namun, banyak masyarakat China yang telah disuntik vaksin ini dengan izin penggunaan darurat. 

4. Vaksin Moderna

Selain Sinopharm, vaksin Moderna juga direncanakan akan digunakan dalam program vaksinasi mandiri. Vaksin ini dikembangkan oleh perusahaan farmasi asal Amerika Serikat. Vaksin Moderna memiliki efikasi sebesar 94 persen dan diklaim hanya menimbulkan efek samping ringan.

5. Vaksin Pfizer Inc and BioNTech

Vaksin buatan Pfizer Inc and BioNTech dikenal juga dengan nama Vaksin BNT162b2. Vaksin ini memiliki nilai efikasi sebesar 95% berdasarkan data final uji klinis tahap akhir. Pada saat ini, vaksin buatan Pfizer Inc and BioNTech ini telah mendapatkan izin penggunaan darurat dari  World Health Organization (WHO).

6. Vaksin Sinovac Biotech Ltd

Vaksin Sinovac merupakan vaksin yang pertama tiba dan digunakan di Indonesia dalam program vaksinasi Covid 19. Vaksin ini juga diberikan kepada Presiden Joko Widodo. Pada saat ini vaksin Sinovac atau disebut juga CoronaVac, telah memasuki uji coba fase 3. Nilai efikasi Sinovac di beberapa negara berbeda, namun telah melampui batas nilai 50%. Vaksin Sinovac diberikan dalam 2 (dua) dosis atau 2 kali suntikan. 

Vaksin Sinovac dianggap memiliki keamanan baik, ini karena efek samping yang ditimbulkan setelah disuntik hanya efek samping ringan hingga sedang. Efek samping yang mungkin timbul antara lain adalah nyeri, iritasi, bengkak, nyeri otot, fatigue, atau demam. Beberapa teman juga mengatakan efek setelah disuntik vaksin adalah rasa lapar dan mengantuk.Ā 

Kebijakan Pelaksanaan Vaksin Covid 19 di Indonesia

Mengacu pada paparan Kebijakan Pelaksanaan Vaksinasi Covid 19, terdapat beberapa pentahapan prioritas penerima vaksinasi. 

Untuk vaksinasi tahap pertama, diberikan kepada petugas kesehatan, baik tenaga kesehatan maupun tenaga penunjang, yang bekerja di Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang tersebar di seluruh Indonesia.Ā 

vaksin covid 19 dilakukan oleh dokter, perawat, bidan yang kompeten


Selanjutnya, untuk tahap kedua, vaksin Covid 19 diberikan kepada masyarakat yang memiliki interaksi dan mobilitas tinggi, seperti petugas publik, atlet, wartawan, pelaku sektor wisata, dll. Kelompok masyarakat ini dinilai memiliki mobilitas tinggi sehingga rentan terpapar virus. Selain itu, pada tahap kedua, juga disediakan vaksin untuk masyarakat lanjut usia / lansia.

Pemberian Vaksin Covid 19 akan dilakukan oleh dokter, perawat atau bidan yang memiliki kompetensi. Tentunya selama proses pemberian vaksin, protokol kesehatan tetap diberlakukan. Selanjutnya, jika telah mendapatkan vaksinasi, akan diberikan sertifikat sebagai tanda telah menyelesaikan vaksinasi covid 19.Ā 

Layanan Vaksin Covid 19 Drive Thru dari Halodoc

Halodoc merupakan web dan aplikasi bidang kesehatan yang ada di Indonesia. Halodoc memberikan layanan kesehatan online, mulai dari konsultasi dokter, info pemeriksaan di rumah sakit, pembelian obat dan vitamin, cek lab, dan serta informasi lain seputar kesehatan.

akan ada layanan vaksin covid 19 drive thru dari halodoc

Untuk mendukung proses vaksin covid 19, Halodoc juga menghadirkan pusat layanan vaksinasi Covid 19 drive thru terhitung mulai tanggal 3 Maret 2021. Layanan vaksin drive thru ini berada di area parkir Hall JiExpo Kemayoran. 

Sebelumnya, Halodoc juga telah memiliki layanan drive thru untuk pelaksanaan tes Covid 19 dengan menggunakan swab antigen. Ke depan, dalam pemberian layanan vaksinasi drive thru ini, Halodoc akan berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan DKI Jakarta,Ā RS Hermina, Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPKK) serta Gojek.


Adanya vaksin covid 19 merupakan salah satu upaya untuk mengatasi pandemi covid 19 yang masih berlangsung. Menjalankan protokol kesehatan tetap perlu dilakukan selama pandemi ini masih berlangsung. Pada saat ini, protokol kesehatan ditekankan pada gerakan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir,menjaga jarak,menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilisasi dan interaksi. Semoga kita semua tetap sehat dan dijauhkan dari virus corona ini.

Keuntungan Pengajuan Asuransi Perjalanan Melalui CekAja

Keuntungan Pengajuan Asuransi Perjalanan Melalui CekAja

Setiap hal yang kita lakukan tak luput dari adanya risiko. Termasuk dalam melakukan perjalanan, baik wisata maupun bisnis. Perjalanan khususnya tujuan wisata tentu kita niatkan untuk mendapatkan kebahagiaan. Namun, risiko seperti kondisi kesehatan yang menurun, terjadi kecelakaan, atau tiba-tiba terjadi konflik di daerah tujuan, mungkin saja terjadi. Oleh karena itu, dalam melakukan perjalanan dibutuhkan asuransi perjalanan. Adanya asuransi perjalanan kita bisa merasa lebih aman dan nyaman. Simak ulasan terkait asuransi perjalanan berikut ini. 

Mengenal Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan atau travel insurance merupakan jenis asuransi yang menyediakan perlindungan bagi seseorang saat berpergian atau melakukan perjalanan. Tujuan asuransi adalah menanggung kerugian finansial akibat hal-hal yang tidak terduga. Begitu pula asuransi perjalanan, perusahaan asuransi akan menanggung kerugian finansial yang terjadi jika terdapat hal yang tidak terduga, seperti kecelakaan, konflik, dan sebagainya. 

Pentingnya asuransi perjalanan

Beberapa negara pada saat ini sudah mewajibkan untuk wisatawan memiliki asuransi perjalanan. Biasanya, asuransi perjalanan ini menjadi syarat wajib pada saat pengajuan visa, seperti saat mengajukan Visa Schengen. 

Asuransi perjalanan bisa didapatkan langsung di situs perusahaan asuransi, website booking pesawat atau hotel, maupun di bandara. 

Manfaat Asuransi Perjalanan

Seperti asuransi pada umumnya, asuransi perjalanan akan melindungi pemilik polis dari ketidaknyamanan, khususnya dalam perjalanan. Hal-hal yang mungkin terjadi seperti permasalahan akomodasi maupun kecelakaan tentu akan membuat perjalanan tidak nyaman. Oleh karena itu, asuransi perjalanan penting untuk dimiliki. 

Selain penting, asuransi perjalanan juga memiliki beberapa manfaat. Berikut manfaat asuransi perjalanan.

Adanya tanggungan untuk perawatan medis

Mengalami sakit saat perjalanan tentu menjadi hal yang tidak diinginkan. Namun, hal itu bisa saja terjadi. Apalagi, jika memang secara medis kita memang memiliki penyakit khusus. 

Bayangkan jika kita sedang melakukan perjalanan ke luar negeri lalu sakit. Bisa-bisa, kita mengeluarkan dana tambahan yang jauh lebih besar dari dana wisata kita. 

Asuransi perjalanan, umumnya bermitra dengan rumah sakit terbaik. Sehingga, biaya rumah sakit, seperti evakuasi medis, pengobatan, rawat inap, ambulans / telepon darurat, masuk dalam tanggungan asuransi. 

Dengan demikian, jika terjadi sakit atau kecelakaan saat perjalanan, kita bisa lebih tenang karena memiliki asuransi perjalanan yang menanggung kita. 

Terdapat tanggungan jika mengalami cacat total atau meninggal dunia

Tak hanya pada saat pengobatan maupun perawatan di rumah sakit. Mungkin saja pada saat melakukan perjalanan, terdapat kecelakaan yang mengakibatkan cacat total atau meninggal dunia. Padahal, kita menjadi pencari nafkah dalam keluarga. Tentunya, kita perlu memikirkan keluarga yang kita tinggalkan. 

Terdapat tanggungan untuk cacat tetap atau meninggal dunia dari asuransi perjalanan

Asuransi perjalanan dapat memberikan uang pertanggungan kepada keluarga jika terjadi kecelakaan selama perjalanan dan mengakibatkan terjadinya cacat tetap atau meninggal dunia. Tanggungan biasanya diberikan dalam jangka waktu tertentu. Walaupun tentu kita tidak menginginkan hal itu terjadi, paling tidak, kita sudah mempersiapkan diri jika terjadi risiko tersebut. 

Adanya tanggungan untuk ketidaknyaman perjalanan

Ketidaknyaman selama perjalanan kerap kali terjadi. Keterlambatan penerbangan, kehilangan bagasi, pencurian, pembatalan atau deposit yang hangus, adalah hal-hal yang mungkin terjadi dalam perjalanan. 

Tentu saja hal tersebut akan terasa mengganggu perjalanan. Bagi pemilik asuransi perjalanan, perusahaan asuransi dapat memberikan kompensasi atas ketidaknyamanan dan kerugian yang dirasakan selama perjalanan. 

Kompensasi asuransi perjalanan dapat diberikan untuk keterlambatan atau pembatalan penerbangan

Besaran kompensasi dan jenis kompensasi akan berbeda-beda. Bisa saja berupa uang tunai atau misalnya keterlambatan penerbangan digantikan dengan pemberian penginapan gratis. Semua itu ditanggung oleh perusahaan asuransi perjalanan. 

Memilih CekAja Untuk Asuransi Perjalanan

Untuk pembelian asuransi perjalanan, kita dapat membandingkan, memilih, dan membeli asuransi perjalanan melalui website CekAja.

Sejarah dan Profil CekAja

CekAja merupakan website yang berisi berbagai informasi dengan tujuan membantu masyarakat Indonesia membuat keputusan finansial yang cerdas. CekAja memberikan perbandingan yang netral, akurat, dan terpercaya untuk masyarakat. Dengan demikian, kita dapat mencari pilihan produk finansial secara cepat, mudah, dan aman. Selain itu, kita pun tidak perlu repot karena dapat mengaksesnya dari website saja. Tak susah lagi harus izin keluar kantor hanya untuk mengunjungi perusahan finansial (seperti asuransi) dan membandingkan satu per satu. 

CekAja telah hadir di Indonesia sejak tahun 2014 lalu. Kini, pelanggan CekAja sudah lebih dari 20 juta, baik untuk pengajuan pinjaman, kartu kredit, maupun asuransi. Akses layanan finansial akan diberikan dengan mudah oleh CekAja untuk masyarakat Indonesia. 

Dengan teknologi yang dimiliki, CekAja memberikan kemudahan pada masyarakat untuk membandingkan berbagai produk finansial dan asuransi secara cepat, mudah, dan singkat. CekAja juga didukung oleh mitra terbaik seperti bank dan lembaga asuransi yang terpercaya di Indonesia. 

Untuk operasionalnya, CekAja berada di bawah naungan PT Puncak Finansial Utama dan telah tercatat di Grup Inovasi Keuangan Digital dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan demikian, CekAja diatur dan diawasi pula oleh Bank Indonesia dan Asosiasi FinTech Indonesia.

Mengajukan Asuransi Perjalanan Melalui CekAja

Untuk mengajukan asuransi perjalanan melalui CekAja sangat mudah prosesnya. Namun, ada baiknya kita melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti fotokopi / scan KTP dan fotokopi / scan Paspor (untuk asuransi perjalanan ke luar negeri). 

Selanjutnya, kita dapat melakukan pengisian data terlebih dahulu sehingga mendapatkan perbandingan berbagai produk asuransi perjalanan yang ditawarkan.

Proses Pengajuan Asuransi Perjalanan di Cek Aja

  • Mengisi Tipe Perjalanan yang akan dilakukan
  • Berikan keterangan terkait durasi perjalanan
  • Isi informasi terkait orang yang akan mengajukan asuransi
  • Isi data pribadi, kontak, dan persetujuan untuk pengajuan asuransi
  • Lakukan perbandingan asuransi perjalanan yang ditawarkan

Tentunya, ini harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kita. 

Setelah itu, kita dapat melakukan pengajuan secara online melalui CekAja dengan mengisi formulir dan melakukan pembayaran. 

Keuntungan Pengajuan Asuransi Perjalanan Melalui CekAja

Informasi mengenai berbagai produk asuransi perjalanan yang disampaikan secara terperinci tentu mempermudah kita. Apalagi, CekAja memberikan perbandingan lengkap antara asuransi perjalanan satu dengan yang lainnya. 

Berbagai produk asuransi perjalanan yang dapat dibeli melalui CekAja, menawarkan beberapa keuntungan. Keuntungan tersebut antara lain, adanya pilihan polis tahunan, kecelakaan diri, kompensasi atas bagasi dan barang milik pribadi lain, kompensasi untuk keterlambatan atau pembatalan penerbangan, evakuasi medis, dll.  


Jika merencanakan perjalanan baik domestik maupun internasional, personal maupun keluarga, tak ada salahnya untuk melengkapinya dengan asuransi perjalanan. Untuk membandingkan asuransi perjalanan sesuai dengan kebutuhan, serta melakukan pengajuan pembelian asuransi perjalanan, dapat dilakukan melalui website https://www.cekaja.com/asuransi/perjalanan . Nah, selamat melakukan perjalanan dengan hati nyaman sekarang bersama CekAja.