Informasi Lokasi dan Harga Tes Covid di Palembang

Informasi Lokasi dan Harga Tes Covid di Palembang

Adanya pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), membuat kita lebih waspada. Kita berupaya dengan melakukan tindakan preventif dengan protokol kesehatan 3M (Memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan). Selain itu, kita juga bisa melakukan pengujian apakah tubuh kita terinfeksi virus Covid-19 atau tidak. Terdapat beberapa jenis tes covid. Mari kita bahas detail tes covid di Palembang beserta info lokasi dan harganya.Ā 

Mengenal Beberapa Tipe Tes Covid

Mungkin teman-teman pernah mendengar adanya aturan untuk melakukan rapid test saat akan bepergian dengan kendaraan umum. Lalu, aturan itu berubah. Kini yang harus dilakukan adalah rapid test antigen sebelum naik pesawat terbang. Tentu ini membuat kita bertanya-tanya, apa sih bedanya rapid tes dan rapid tes antigen. Ada pula pengujian tes covid dengan istilah swab PCR. 

Jadi, secara umum, terdapat 3 (tiga) jenis tes covid di Indonesia saat ini. Ketiganya adalah rapid test antibodi, swab antigen / rapid test antigen, dan PCR. Mari kita bahas satu-satu. 

Rapid Test Antibodi

Rapid test antibodi adalah tes covid yang mengambil sampel berupa darah dari ujung jari atau lengan. Rasanya sih seperti ketika tes gula darah gitu. 

Proses untuk pendaftaran, pengambilan sampel, sampai pengambilan hasil, tak terlalu lama. Berkisar 10-15 menit saja. 

Jenis pemeriksaan tes covid rapid test antibodi ini biasa digunakan untuk skrinning saja. Terkadang terdapat hasil ‘false negative’. Oleh karena itu, banyak yang bilang akurasi dari tes ini paling rendah dibanding tes lainnya. 

info dan lokasi harga rapid tes covid di Palembang

Swab Antigen / Rapid Test Antigen

Rapid Test Antigen merupakan jenis tes covid yang baru-baru ini banyak diselenggarakan di Indonesia. Jika Rapid Test Antibodi mengambil sampel darah, Rapid Test Antigen mengambil sampel berupa lendir dari hidung. 

Proses yang dilakukan adalah dengan melakukan swab ke hidung. Proses ini bagiku cukup menyakitkan dan rasanya aneh. 

Sesuai namanya, untuk pendaftaran, pengambilan sampel, hingga pengambilan hasil pun tak lama. Untuk hasil bisa didapat setelah 15 menit dari pengambilan sampel. 

Tingkat akurasi dari Rapid Test Antigen lebih tinggi dibanding Rapid Test Antibodi. Namun, tes covid ini juga masih digunakan untuk skrining saja. 

tes covid swab di Palembang
Pengambilan sampel dengan metode swab di hidung

Polymerase Chain Reactio (PCR) 

Tes covid PCR sampai saat ini merupakan pemeriksaan yang dianggap tingkat akurasinya paling tinggi. Tes covid PCR juga digunakan untuk penegakan diagnostik. Biasanya tes ini dilakukan kepada orang-orang yang mengalami gejala Covid-19. 

Sampel yang diambil mirip dengan Rapid Test Antigen, yaitu lendir yang berada di hidung dan tenggorokan. Prosesnya pun sama, yaitu dengan melakukan swab di kedua area tersebut. Hidung dan tenggorokan menjadi lokasi di mana virus dapat menggandakan dirinya. 

Proses pengambilan sampel sebenarnya tak lama. Jika prosesnya tak perlu mengulang, tak sampai 5 menit. Namun, untuk hasil, biasanya dikeluarkan dalam 2-3 hari setelah tes covid dilaksanakan. 

Lokasi dan Harga Tes Covid di Palembang

Dengan membandingkan akurasi dan kepentingan, teman-teman dapat memilih tes covid yang akan dilakukan. Harga tes covid di Palembang sendiri berbeda-beda. Sebelum melaksanakan tes covid, kita harus membawa KTP terlebih dahulu untuk pendaftaran dan pendataan. 

Berikut ini info beberapa lokasi dan harga tes covid di Palembang. 

Harga Tes Covid di RS Pusri

RS Pusri menyediakan 3 jenis tes covid yaitu Rapid Test Serologi dengan harga Rp150.000,-, Rapid Test Antigen dengan harga Rp250.000,-, dan RT-PCR Swab Test dengan harga Rp900.000,-. Jadwal pelaksanaan tes covid di RS Pusri adalah setiap Senin-Jumat pukul 8 pagi hingga 4 sore. Ada baiknya menghubungi kontak RS Pusri terlebih dahulu untuk pendaftaran di 0811-7246-322.

Informasi harga tes covid di RS Pusri Palembang

Area tes covid di RS Pusri berada di dekat parkiran mobil.Ā Langsung saja ke area tersebut setelah melakukan pendaftaran.

Harga Tes Covid di Bandara Palembang

Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang bekerja sama dengan Farmalab dalam menyelenggarakan tes covid. Terdapat 2 jenis tes covid di bandara Palembang yaitu Rapid Test Antibodi seharga Rp80.000,- dan Rapid Test Antigen dengan harga Rp200.000,-.

Tes covid di bandara Palembang dilakukan di 2 lokasi. Untuk calon penumpang yang berpergian dengan pesawat dari bandara Palembang, bisa ke Airport Health Center di Skybridge lantai 2, tepat di sebelah Kimia Farma. Jam operasional di lokasi pertama ini adalah 05.30-19.30.

Informasi harga tes covid di Bandara SMB II Palembang

Bandara SMBII juga menyediakan tes covid drive-thru di Palembang. Lokasinya berada di Parkiran D4-D5 Bandara SMBII. Terdapat area tes dan area tunggu pengambilan hasil. Karena drive-thru, pengambilan sampel tes dilakukan di mobil saja. 

Harga Tes Covid di Kimia Farma Palembang

Beberapa apotik Kimia Farma Palembang menyediakan tes covid Rapid Test. Harga yang ditawarkan adalah Rp145.000,-. 

Bagi yang ingin melakukan rapid test, dapat langsung mendatangi klinik Kimia Farma terdekat di kota Palembang.Ā 


Demikianlah beberapa info lokasi dan harga tes covid di Palembang. Jika ada informasi terbaru, artikel ini akan diupdate secara berkala. 

Kursus Mahasiswa IT

Ikut Kursus Mahasiswa IT Demi Ikuti Jejak Nam Do San

Akhir tahun lalu, drama Korea Start-Up membuat begitu menghebohkan di Indonesia. Banyak yang terpikat kepada Nam Do San. Pria yang jago membuat program, memiliki start-up, bahkan diajak kerja di Silicon Valley. Untuk mengikuti jejak Do San, bisa memilih kuliah dengan jurusan IT, yang disertai dengan pendalaman melalui kursus mahasiswa IT.

Mimpi Baru Banyak Orang : Memiliki Start-Up

Adanya perusahaan start-up seperti Gojek, Tokopedia, Traveloka, dan lainnya, membuat banyak orang memiliki mimpi baru. Memiliki perusahaan start-up. Apalagi, ketika drama Korea yang berjudul Start-up booming. Keinginan kuat Seo Dal Mi dan Nam Do San untuk membuat start-up, menular kepada banya orang. Banyak yang memiliki mimpi yang sama, membuat start-up yang bermanfaat dan sesuai kebutuhan orang banyak. 

Di drama tersebut, Nam Do San memiliki peran penting. Ia beserta dua temannya membuat perusahaan start-up Samsan Tech. Samsan Tech diisi oleh tiga orang dengan latar belakang pendidikan IT. Ini membuat start-up semakin identik dengan teknologi. Memang, start-up bisa diartikan sebagai perusahaan baru yang memiliki ide inovatif dan terkait dengan teknologi seperti mobile application. 

kursus OOP supaya jago pemrograman

Dari drama Start-up, kita bisa melihat bahwa background pendidikan dengan jurusan Information Technology (IT), seperti yang dimiliki Nam Do San, sangat dibutuhkan dalam perusahaan start-up. Tim Samsan Tech berasal dari jurusan yang erat kaitannya dengan pengelolaan teknologi komputer dan pemrograman. Bisa dibilang, untuk bergabung dalam perusahaan start-up, dibutuhkan background pendidikan yang mempelajari Information Technology (IT). 

Mempelajari IT di Jenjang Perguruan Tinggi

Geliat start-up dan digitalisasi di berbagai sektor tentu membutuhkan dukungan IT. Hampir setiap perusahaan mulai mengubah pola menjadi lebih digital. Oleh karena itu, orang-orang dengan latar belakang pendidikan terkait dengan IT sangat dicari dan dibutuhkan pada saat ini. 

Belajar OOP untuk jadi programmer

Tak heran, jurusan yang mempelajari IT menjadi incaran banyak orang saat ingin melanjutkan jenjang pendidikan dari SMA ke universitas. Orang tua yang melek akan prospek  dari jurusan IT, kebanyakan berusaha mendorong anaknya untuk berkuliah di jurusan ini. Ada beberapa jurusan yang mempelajari IT seperti Teknik Informatika, Ilmu Komputer, dan Sistem Informasi.

Jurusan terkait IT akan mempelajari tentang pengolahan data dengan pemanfaatan teknologi komputer dengan prinsip ilmu komputer dan analisis matematis seperti proses logika. Selama masa perkuliahan, mahasiswa jurusan ini akan belajar algoritma pemrograman, belajar struktur data,dan belajar database. Selain itu, juga akan melakukan perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), dan kinerja komputer.

Kursus Mahasiswa IT mendukung mempelajari IT di perguruan tinggi

Banyak perguruan tinggi yang kini memiliki jurusan IT. Untuk skala nasional, perguruan tinggi seperti ITB, UI, UGM, Undip, ITS memiliki jurusan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer. Pun demikian di Palembang. Perguruan tinggi di Palembang seperti Universitas Sriwijaya, Universitas Bina Darma, UIN Raden Fatah, Universitas Muhammadiyah Palembang, STMIK MDP, juga memiliki jurusan Teknik Informatika. 

Peminatnya jurusan ini pun banyak. Ini sejalan dengan data dari QS World University Rankings yang menyatakan bahwa Teknik Informatika adalah salah satu jurusan dan peluang karir yang banyak dicari tahun 2020.

Tantangan Kuliah di Jurusan IT

Jurusan IT memang menjadi salah satu jurusan yang paling dicari. Apalagi, dengan peluang karir yang semakin beragam mulai dari programmer, software developer, IT analyst, IT consultant, dan sebagainya. Namun, tentu saja mahasiswa yang masuk ke jurusan ini juga menghadapi tantangan, salah satunya adalah mata kuliah yang harus dipelajari. Banyak yang bilang, kuliah di jurusan ini cukup sulit.

Kursus Universitas IT untuk menghadapi tantangan kuliah jurusan it


Walaupun jurusan ini erat kaitannya dengan komputer, tapi pelajaran yang dibahas tak hanya itu. Mata kuliah di jurusan IT juga melibatkan hal-hal seputar logika dan analisis matematis. 

Mata kuliah seperti Algoritma dan Pemrograman, biasanya menjadi mata kuliah di tingkat 1 saat kuliah jurusan IT. Menurut saya, ini adalah salah satu mata kuliah yang susah, apalagi ada tugas praktek membuat program sederhana juga. Ya, walaupun saya bukan kuliah di jurusan Teknik Informatika, mata kuliah ini jadi salah satu mata kuliah wajib di kampus saya dulu. Nilai saya pun untuk mata kuliah terkait IT ini pun bisa dibilang ga bagus-bagus amat.

Saya jadi ngebayangin deh, pas kuliah tatap muka aja saya kebingungan banget mendengarkan penjelasan dosen. Diskusi sama teman pun juga tetap bingung. Rasanya apa yang dibahas di mata kuliah IT itu abstrak banget. Rasanya kayak logika saya sudah ruwet duluan deh. 

kursus jaringan komputer untuk menghadapi mata kuliah IT
Yang dirasakan ketika dapat mata kuliah IT

Gak kebayang pas masa kuliah online gini. Langsung dihajar sama mata kuliah yang bikin bingung. Diskusi sama teman mungkin lebih sulit karena kumpul-kumpul juga jarang, baru kenal pula. 

Seandainya saja ada kursus mahasiswa IT, jadi bisa lebih paham dan memperdalam mata kuliah jurusan IT. Biar gak bakal khawatir lagi kalau nilai akhir jelek, terus harus ikutan semester pendek atau ngulang mata kuliah. Kalau ada kursus universitas IT, output nilai bagus bakal disertai dengan pemahaman dan kemampuan yang mendukung.

Ikutan Kursus Mahasiswa IT Agar Nilai Kuliah Memuaskan

Memiliki nilai mata kuliah yang bagus tentu adalah sebuah harapan bagi para mahasiswa dan orang tua pastinya. Kalau nilai kita bagus, secara perhitungan Indeks Prestasi (IP) juga akan menjadi tinggi. Selain itu, akan terhindar dari beban untuk mengulang mata kuliah. 

Belajar tentu salah satu upaya yang dilakukan untuk mencapai nilai bagus. Tapi, ketika belajar mandiri pun tetap membingungkan, kita bisa mencari cara lain, salah satunya adalah mengikuti kursus mahasiswa IT seperti yang ada di Course-Net.

Belajar Bersama Course-Net Kursus Universitas IT

Salah satu kursus universitas IT dengan yang ada di Indonesia adalah Course-Net. Course-Net Indonesia sudah berdiri sejak tahun 2015 di Gading Serpong, Tangerang. Course-Net juga memiliki cabang di daerah Kebon Jeruk, Jakarta. 

Kursus Jaringan Komputer bisa di Course-Net Indonesia

Dengan pengajar yang merupakan praktisi langsung bidang IT, Course-Net Indonesia memberikan berbagai kursus terkait dengan bidang IT bagi para pelajar, mahasiswa, hingga business owner. Sampai saat ini, Course-Net Indonesia telah berhasil menghasilkan lebih dari 7.000 lulusan dari seluruh Indonesia dan luar negeri. 

Course-Net sendiri telah meraih penghargaan internasional, yaitu EC-Council Global Award pada tahun 2019 di Atlanta USA dan penghargaan The Most Impactful IT dari Corporate Vision.


Di era yang menuntut pembelajaran online, Course-Net juga membuka kursus secara online bagi para mahasiswa IT maupun yang sedang mempersiapkan diri untuk masuk ke jurusan IT. Jadi, pada saat masa perkuliahan di mulai, sudah benar-benar siap untuk belajar IT. 

ITversity Kursus Mahasiswa IT

Pilihan Pelajaran Kursus Universitas IT di Course-Net Indonesia

Untuk kursus universitas IT, Course-Net menyusun pembelajaran berdasarkan mata kuliah yang diajarkan di kampus.

Beberapa pilihan pelajaran kursus antara lain : 

Algoritma & Pemrograman

Mata kuliah Algoritma & Pemrograman termasuk mata kuliah dasar jurusan IT yang biasanya diajarkan di semester 1 atau 2. Mata kuliah ini mengajarkan tentang konsep sistematis dan logis dalam menyelesaikan masalah dan menuangkannya dalam sebuah program komputer.

belajar algoritma pemrograman dengan kursus algoritma pemrograman

Course-Net menyediakan kursus algoritma pemrograman. Bagi yang menyiapkan diri sebagai mahasiswa IT dan ingin belajar algoritma pemrograman, maka sangat cocok untuk mengikuti memilih pelajaran ini. 

Struktur Data

Struktur data merupakan mata kuliah yang membahas mengenai teknik struktur data seperti cara menyimpan atau merepresentasikan data didalam komputer agar bisa dipakai secara efisien. Ketika belajar struktur data, kita akan diajarkan bagaimana implementasinya dalam berbagai studi kasus.

ikut kursus struktur data untuk belajar struktur data

Untuk pemahaman semakin dalam dan lebih banyak mempelajari banyak implementasi struktur data, mahasiswa dapat mengikuti kursus struktur data. 

Object Oriented Programming

Mata kuliah Object Oriented Programming (OOP) biasanya diajarkan di semester 3. Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar pemrograman berorientasi objek dan pembuatan algoritma dengan paradigma berorientasi objek dalam memecahkan suatu masalah serta mengimplementasikannya dengan bahasa pemrograman. 

Ketika belajar OOP, biasanya disertai dengan praktek langsung dalam bahasa pemrograman seperti JAVA. Saat praktek langsung, sering kali ditemui kesulitan. Maka dari itu, kursus OOP dari Course-Net, dapat membantu mahasiswa dalam memahami OOP dan membuat pemrograman berbasis OOP.

Database System

Sistem basis data merupakan hal yang penting dalam pemrograman. Melalui mata kuliah Database System, mahasiswa dapat belajar database meliputi konsep dasar basis data, cara membuat model data, merancang basis data, dan penerapan basis data. Pemahaman bagaimana merancang basis data yang baik serta sistem informasi terkait penerapan basis data, bisa dipelajari melalui kursus database.

Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan mata kuliah yang mempelajari konsep-konsep serta teknologi jaringan komputer. Belajar jaringan komputer dasar akan membuah mahasiswa mengenal teknologi dan topologi jaringan komputer.

Ketika mengikuti kursus jaringan komputer dasar, mahasiswa akan semakin mampu dalam menerapkan jaringan komputer lokal serta algoritma terkait dengan jaringan komputer. 

Belajar Jaringan Komputer juga bisa melalui Kursus Jaringan Komputer

Mengapa Memilih Kursus Mahasiswa IT di Course-Net Indonesia?

Mengikuti kursus universitas IT tentu dengan harapan lebih mantap dalam menghadapi mata kuliah dan ujian di jurusan IT. Terdapat beberapa alasan mengapa Course-Net Indonesia layak dipilih untuk mempelajari mata kuliah IT lebih dalam. Beberapa alasan antara lain : 

Bukan Sekedar Training, Tapi Coaching Juga

Kalau training biasanya hanya mengajarkan materi atau konsep dasar saja, namun di Course-Net, peserta akan benar-benar dibimbing / dicoaching dan dimentoring oleh pengajar. Selain itu, peserta juga memiliki sesi khusus dengan pengajar untuk melakukan pembahasan soal-soal untuk persiapan ujian seperti UTS dan UAS. 

Sesi Training dan Coaching Kursus Mahasiswa IT

Free Konsultasi di luar jam kelas dan Ada Garansi Belajar Sampai Bisa

Peserta kursus mahasiswa IT boleh melakukan konsultasi dengan pengajar di luar jam kelas. Dengan demikian, diharapkan para peserta mampu mendapatkan nilai yang baik di kuliah. Para Super Coach di Course-Net akan mengajarkan para peserta sampai benar-benar paham. 

Disediakan Grup Diskusi dan Belajar

Peserta kursus mahasiswa IT Course-Net yang dikenal dengan program ITversity dapat saling berdiskusi dan sharing ilmu dengan peserta lainnya. Karena peserta ITversity berasal dari seluruh Indonesia, bisa dapat teman baru juga kan? 

Pengajar yang Super alias SUPER Coach

Kualitas sebuah tempat training ditentukan juga oleh pengajar. Pengajar di Course-Net bisa dibilang SUPER Coach. Ini karena pengajar di Course-Net adalah para praktisi yang memiliki prestasi tingkat dunia dan sertifikasi internasional. 

Dengan kualifikasi yang tinggi ini, para coach akan membantu para peserta training dalam menghadapi permasalahan yang dihadapi selama kuliah IT.

Super Coach saat kursus universitas IT

Akses Materi Berlimpah dan Tutorial Selamanya

Para peserta kursus mahasiswa IT di Course-Net, akan mendapatkan materi berupa e-book dan video tutorial. Untuk e-book sendiri, sudah dirangkum dalam Bahasa Indonesia agar lebih mudah dimengerti. Selain itu ada pula pembahasan-pembahasan sesuai dengan materi terkait. 

Sementara itu, video tutorial selain berisi penjelasan materi, juga berisi tutorial dan pembahasan soal-soal. Dengan demikian, peserta bisa mempelajari latihan-latihan soal dari video tutorial ini. Oh iya, e-Book diberikan secara gratis dan video tutorial pun dapat diakses seumur hidup.

Cara Mengikuti Kursus Mahasiswa IT Bersama Course-Net

Jika ingin mengikuti kursus mahasiswa IT di kelas ITversity bersama Course-Net, teman-teman bisa langsung menghubungi Course-Net untuk melakukan konsultasi dan pendaftaran. Konsultasi bisa dilakukan melalui whatsapp. Selanjutnya kita akan diinfokan tentang jadwal, materi, dan proses pembayaran. Mudah bukan? 

Jenjang Karir Kursus di Course-Net

Setelah menyelesaikan perkuliahan dengan dukungan kursus universitas IT di Course-Net, teman-teman bisa memiliki jenjang karir di dunia IT seperti berikut ini :

  • Network Engineer
  • Software Developer
  • Programmer
  • Database Administrator
  • Network / IT Consultant

Kalau sudah ikutan kursus di Course-Net, kayaknya udah siap dan bebas pusing lagi pas menghadapi mata kuliah IT di universitas. Lebih semangat belajar dan berasa punya coach sendiri bisa bikin lebih paham dan pede saat ujian.

Setelah kursus, bisa semakin siap untuk berkarir di dunia IT. Siapa tahu kan mengikuti jejak Nam Do San untuk memiliki perusahaan start-up seperti Samsan Tech.Ā 

Jadi, tunggu apalagi? Mempersiapkan diri untuk sukses di dunia IT dengan bergabung bersama Course-Net Indonesia.

Template Presentasi Gratis Slidesgo

Mempercantik Tampilan Presentasi Menggunakan Template Presentasi Gratis Slidesgo

Melakukan presentasi adalah hal yang kerap kali dilakukan di dunia bisnis maupun pendidikan. Tentu ada banyak tujuan dilakukannya presentasi. Yang paling sering kulakukan sih presentasi untuk program kerja atau sharing pengetahuan tertentu. 

Dalam melakukan presentasi tentu diperlukan persiapan. Salah satunya adalah materi presentasi. Membuat materi presentasi yang menarik secara visual tentu akan memanjakan mata dan menarik fokus para peserta rapat atau training. 

Bayangkan jika kita melihat orang lain mempresentasikan materi dengan tampilan layar penuh dengan tulisan. Melihatnya pun rasanya jadi malas. 

Jujur saja, aku merasa kemampuan untuk berbicara saat presentasi masih harus terus diasah. Selain mencoba terus latihan, aku coba menutupi kekuranganku tersebut dengan membuat materi presentasi yang menarik. 

Ketika mampu menampilkan visual presentasi yang menarik, aku merasa lebih pede saat memulai presentasi. Salah satu upayaku dalam membuat visual presentasi yang menarik adalah dengan mempercantik tampilan presentasi menggunakan template presentasi gratis Slidesgo.

Mengenal Slidesgo – Template Presentasi Gratis

Slidesgo merupakan salah satu project dari Freepik Company yang dimulai sejak tahun 2019. Freepik Company sendiri adalah perusahaan yang menyediakan berbagai sumber grafik dengan kualitas konten terbaik dan dapat diakses secara gratis. Konten yang ditawarkan antara lain ilustrasi, foto, ikon, mockup, dan template presentasi. 

Slidesgo menyediakan template presentasi khususnya Google Slides dan PowerPoint yang dapat diunduh secara gratis. Ada ratusan (bahkan lebih) template presentasi yang tersedia di Slidesgo. Template presentasi ini bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan kita.

Cara Mengakses Template Presentasi Gratis Slidesgo

Untuk mendapatkan template presentasi gratis Slidesgo, caranya mudah saja. 

  1. Kunjungi website slidesgo.com
  1. Pilih template presentasi sesuai kategori yang diinginkan.
    Contoh : saya memilih kategori Education.
  1. Pilih template yang diinginkan
  1. Download template ke Google Slides atau PowerPoint.
    Jika memilih Google Slides, kita akan diarahkan ke akun Google Drive. Sementara itu, jika memilih PowerPoint, file dengan format .pptx akan diunduh ke PC kita.
  1. Selanjutnya, kita bisa melakukan editing terhadap template yang kita pilih di platform yang kita inginkan. 

Alasan Memilih Template Presentasi Gratis Slidesgo

Sebenarnya, ada banyak sumber template presentasi gratis. Tapi, aku sendiri sudah jatuh hati dengan Slidesgo. Setiap membuat presentasi, aku akan mencari template ke Slidesgo dulu. Ada beberapa alasan kenapa aku memilih template presentasi gratis Slidesgo, antara lain:

Dapat memilih template sesuai kebutuhan, warna, dan style

Alasan yang paling utama kenapa aku selalu memilih Slidesgo ya karena variasi pilihan template yang banyak banget. Selain itu, kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan presentasi yang akan kita lakukan. 

Misalnya saja, ketika mempersiapkan presentasi untuk atasan, tentu saja aku mencari di kategori Business dan memilih template yang minimalist. Ketika presentasi proposal terkait dengan program lingkungan, aku mencari template dengan keyword environtment. 

Gaya presentasi pun bisa kita pilih, apakah mau gaya kartun, minimalis, elegan, atau lainnya. Selain itu, dalam satu template presentasi, kita juga bisa memilih dan menyesuaikan warna template presentasi yang kita inginkan. 

Tampilan disertai dengan berbagai ilustrasi yang menarik

Ketika mendownload template presentasi gratis dari Slidesgo, kita akan mendapatkan beberapa contoh slide presentasi dengan grafis dan ilustrasi yang menarik. 

Ilustrasi tak hanya disediakan di contoh slide saja. Tapi juga ada tambahan ilustrasi yang bisa kita sesuaikan saat menyusun presentasi. Jadi gak perlu susah-susah nyari sumber ilustrasi atau gambar lain untuk presentasi. 

Disertai dengan ratusan icon-icon untuk mendukung presentasi

Selain adanya ilustrasi, template presentasi Slidesgo juga menyediakan icon-icon yang bisa digunakan untuk meningkatkan visual tampilan presentasi.Icon-icon ini juga disediakan sesuai kategori, ada business, people, SEO, dsb. Jadi, kita bisa ambil sesuai kebutuhan kita. 

Tak hanya icon sih, grafis seperti peta, pie-chart, juga disediakan oleh Slidesgo. Semua bisa diedit dan kita sesuaikan dengan apa yang ingin kita presentasikan.  

Sudah sesuai dengan tips tampilan presentasi

Untuk tips tampilan presentasi itu banyak sekali sebenarnya. Mulai dari jenis font yang dipakai, ukuran font yang cocok, komposisi warna yang sesuai, dsb. 

Template Presentasi dari Slidesgo, menurutku sudah merangkum hal-hal yang disarankan dalam tampilan presentasi. Terdapat hierarki jenis font dan ukuran font dalam presentasi. Selain itu, ukuran font yang dipakai pun telah diseragamkan dalam setiap slide. 

Komposisi peletakan element baik gambar maupun tulisan pun sudah diperhitungkan. Jadi, kita tinggal mengedit konten presentasinya saja.


Itu tadi salah satu rekomendasi website untuk mendapatkan template presentasi gratis yaitu Slidesgo. Oh iya, karena template ini gratis, ada baiknya ketika kita menggunakan template ini tetap memberikan credit untuk Slidesgo, Freepik, dan Flaticon. Credit tersebut biasanya tersedia di halaman Thanks. 

Demikianlah ulasanku tentang website penyedia template presentasi gratis yaitu Slidesgo. Semoga bisa membantu saat harus membuat presentasi.

Kalau ada yang punya rekomendasi template presentasi lain, boleh share di kolom komen ya šŸ™‚ Terima kasih

Rekomendasi Permainan Online Agar Virtual Meeting Semakin Seru

Rekomendasi Permainan Online Untuk Virtual Meeting Semakin Seru

Siapa yang menyangka jika di tahun 2020, ada perubahan yang luar biasa dalam tatanan kehidupan. Adanya pandemi akibat virus Covid-19 membuat kegiatan kita menjadi lebih dibatasi. Karena harus menjaga jarak dan tidak boleh berkerumun, acara-acara yang biasanya offline, kini diadakan secara daring atau virtual. 

Terus terang, bagiku, aura yang dirasakan ketika mengikuti kegiatan virtual tentu saja berbeda dengan kegiatan offline. Apalagi kegiatan di lingkungan kantor, seperti rapat, training maupun gathering.Ā 

Biasanya, saat training offline, kita akan diajak bermain games untuk ice breaking ataupun jeda, agar tidak jenuh. Namun, terkadang, hal ini dilewatkan oleh beberapa trainer yang pernah saya ikut. Ada juga pimpinan rapat yang terus-terusan presentasi dan mengajak diskusi tak berkesudahan. Padahal, menurut Dr Lim Boon Leng, psikiater di Rumah Sakit Gleneagles Singapura, fokus kita pada sesi virtual meeting paling hanya 45 menit saja. 

Lalu, bagaimana caranya agar saat melakukan kegiatan virtual meeting, training, maupun gathering tetap terasa seru dan membuat para peserta tetap fokus? Untuk kegiatan virtual meeting, dapat disisipkan sesi untuk generating ideas dengan design thinking, membuat mind mapping, dan kolaborasi lain dengan berbagai tools online. Selain itu, cara yang kerap aku gunakan juga adalah dengan melakukan permainan online untuk virtual meeting.

Rekomendasi Permainan Online Untuk Virtual Meeting

Sebenarnya, ada banyak ragam permainan yang bisa dilakukan di saat virtual meeting. Mungkin teman-teman yang pernah mengikuti acara launching produk tertentu atau pelatihan pernah merasakannya. 

Untuk di kantor, permainan sederhana seperti lomba mengetik cepat, pernah coba kulakukan. Tapi, kadang kan ga kelihatan ya, siapa yang benar-benar mengikuti. Apalagi, sering banget pas virtual meeting, eh video dimatikan. 

Nah, pengen dong semua peserta virtual meeting terlibat dalam permainan? Untuk itu, kita bisa menggunakan beberapa website untuk mendukung permainan online untuk virtual meeting. Adanya permainan online ini memungkinkan untuk seluruh peserta virtual meeting ikut dan berpartisipasi.

Beberapa rekomendasi permainan online untuk virtual meeting semakin seru antara lain:

1. Tebak Gambar dengan Gartic.io atau Skribbl.io

Ada yang follow akun instagram @Bapak2id ga? Salah satu postingan serunya adalah permainan tebak gambar antara bapak-bapak.

Terinspirasi dengan permainan itu, kita juga bisa menguji menguji kemampuan visual para peserta meeting sambil seru-seruan. Sebenarnya, dari zoom sendiri ada fasilitas sharing white board gitu.

Tapi, kita bisa mencoba permainan tebak gambar secara bergiliran dengan bantuan website. Ada dua website favorit yang bisa digunakan yaitu Gartic.io dan Skribbl.io. Namun, aku sendiri lebih prefer Gartic.io karena ada pilihan Bahasa Indonesia. 

Sebenarnya, di website tebak gambar ini, kita bisa berinteraksi dengan orang dari manapun untuk bermain tebak gambar. Namun, kita juga bisa membuat ruangan sendiri dengan menyesuaikan jumlah pemain, poin, bahkan tema-tema pertanyaan yang akan muncul. 

Tebak gambar sebagai permainan online untuk virtual meeting
Melakukan permainan online untuk virtual meeting dengan gartic.io

Diperlukan host atau orang yang membuat ruangan dan mengatur permainan. Lalu, ajak teman-teman bergabung dalam ruangan yang telah dibuat. Setelah para pemain berkumpul, kita bisa memulai permainan.

Setiap orang akan diminta untuk menggambar kata-kata yang diberikan Gartic.io. Orang yang bertugas menggambar, bisa juga memberikan petunjuk jawaban. Selanjutnya, pemain lain bisa rebutan menjawab di kolom jawaban. Tentunya, akan ada poin yang berbeda bagi yang menjawab dengan tepat dan benar. Jika sudah selesai satu pertanyaan, pemain lain akan mendapatkan giliran untuk menggambar.

Melalui permainan ini kita mengajak para peserta meeting untuk berpikir cepat dalam menggambar dan kreatif menjawab. Host bisa mengatur jalannya permainan beberapa kali putaran. Jangan kelamaan tapi ya, nanti malah lupa meetingnya hehe.

2. Kuis dengan Kahoot atau Quizizz

Menguji kemampuan peserta pelatihan dengan kuis adalah hal yang kerap kali dilakukan. Aku sendiri sering melakukannya pada saat kegiatan offline. Ternyata, hal ini juga masih bisa dilakukan saat virtual meeting loh.

Untuk menguji kemampuan peserta akan materi yang disampaikan , kita bisa mencoba semacam kuis online. Website favorit yang sering kugunakan adalah Kahoot dan Quizizz. Kedua platform ini sering digunakan juga oleh guru atau trainer untuk mengetes murid-muridnya. 

Baik Kahoot maupun Quizizz sistemnya freemium. Jadi, ada layanan dasar yang bisa digunakan secara cuma-cuma. Namun, jika ingin mengakses layanan yang lebih tinggi, kita harus membayar. Biaya yang harus dibayarkan untuk tipe guru biasanya lebih murah dibanding jika kita memilih untuk kantor. 

Untuk Kahoot, tipe pertanyaan dasar adalah pilihan ganda dan true/false. Jika kita membayar lebih, kita bisa mendapat pertanyaan dengan tipe puzzle, beberapa jawaban benar, isian, polling, dan lainnya. Kita juga bisa menyisipkan gambar dan video dari Youtube sebagai bahan pertanyaan. 

Kahoot adalah permainan online untuk Virtual Meeting

Selain Kahoot, platform kuis yang belakangan sering kupakai adalah Quizizz. Awalnya, aku memilih Kahoot karena sebagai host, kita bisa memiliki kendali di setiap pertanyaan. Setelah Quizizz memiliki fitur yang sama, aku beralih menggunakan Quizizz. 

Quizizz sebagai alternatif kuis online untuk virtual meeting

Di Quizizz, tipe pertanyaannya lebih sedikit dibandingkan Kahoot. Namun, di sini, kita bisa menambahkan file audio dan rumus matematika untuk pertanyaan, selain gambar dan video. 

Kedua platform kuis ini juga bisa menampilkan hasil permainan yang dilakukan. Namun, untuk analisis, aku merasa Quizizz lebih detail. Selain itu, hasil permainan dari Quizizz dapat didownload dalam file excel. 

Untuk Kahoot maupun Quizziz, diperlukan host yang mengatur jalannya permainan. Setelah host membuat ruangan, para peserta bisa bergabung dan mencantumkan username yang diinginkan. Jika sudah siap, host bisa mengatur jalannya permainan sampai selesai.

Mungkin teman-teman ada yang familiar dengan Kahoot dan Quizziz ini. Karena sering juga digunakan saat acara offline. Ternyata, saat online seperti virtual meeting pun, kita masih bisa main Kahoot dan Quizizz.

3. Bingo Online

Ingat ga permainan zaman dulu yang namanya Bingo? Itu tuh, permainan di mana para pemain berlomba untuk membentuk suatu garis dari angka-angka yang disebutkan.

Dulu, kalau suntuk di kelas, aku suka main Bingo sama temen. Akhirnya, aku pun coba membawa permainan ini ke virtual meeting . Caranya? Tentu saja dengan bantuan website bingomaker.com

Biasanya, permainan Bingo menggunakan angka yang disebarkan dalam sejumlah kotak. Namun, di website Bingomaker, kita juga bisa membuat isi kotak berupa tulisan. 

Bingo online juga bisa menjadi permainan untuk virtual meeting

Karena pada saat ini sedang ada internalisasi tata nilai dan budaya baru di kantor, aku menggunakan Bingo untuk mensosialisasikan hal tersebut. Kata-kata yang erat kaitannya dengan tata nilai dan budaya baru, kita masukkan di setiap kotak. 

Permainan ini juga memerlukan host yang membuat dan mengatur jalannya permainan. Host akan menginvite para peserta dalam suatu ruangan.

Untuk memainkannya cukup gampang. Secara otomatis, sistem Bingo akan mengeluarkan kata-kata secara bergantian. Para pemain dapat memberi tanda jika kata-kata dari Bingo telah keluar dan berhasil membentuk garis vertikal, horizontal, atau diagonal. 


Sebenarnya, masih ada beberapa permainan lain yang pernah kupakai saat virtual meeting, seperti crossword / Teka Teki Silang dengan Puzzel.org atau Educandy.

Namun, beberapa permainan lainnya lebih dimainkan secara personal. Terasa tidak melibatkan seluruh peserta virtual meeting. Apalagi, kerap terjadi, saat virtual meeting, peserta mematikan videonya. Jadi tidak tahu kan dia benar-benar ada di tempat tidak. 

Kesimpulan dan Alasan Menyisipkan Permainan Online Untuk Virtual Meeting

Alasan utamaku menyisipkan permainan online untuk virtual meeting dasarnya karena bosan. Virtual meeting kerap kali serius dan monoton. Padahal, saat kegiatan offline (apalagi saat training), ada berbagai aktivitas yang dilakukan agar energi para peserta tetap semangat dan tidak jenuh.Ā 

Permainan online seperti tebak gambar, bisa disisipkan di awal virtual meeting sebagai ice breaking. Sementara permainan online dengan format kuis, bisa diletakkan di akhir pertemuan untuk menguji pemahaman peserta meeting

Sekarang format meeting maupun training berubah menjadi online. Namun, upaya untuk menjaga semangat peserta meeting agar tetap fokus tetap perlu dilakukan. Oleh karena itu, perlu disisipkan berbagai kegiatan yang melibatkan seluruh peserta. Seringnya aku menggunakan permainan. Tapi, bisa juga sebenarnya dengan polling, membuat mindmap bersama, dll. Untuk konten permainannya, bisa disesuaikan, apakah serius atau santai.

Kalau kamu, saat virtual meeting, agar tetap fokus, caranya bagaimana?