Bikin Website Gratis dengan Platform yang Mumpuni

Buat siapapun yang menggeluti dunia digital terutama pebisnis yang ingin memasarkan produknya melalui media digital, pasti membutuhkan website. Sebagai pebisnis pemula, kita mungkin belum memiliki modal yang cukup besar, tentu ingin menghemat budget untuk kebutuhan aset digital, seperti website. Karena itu bikin website gratis bisa menjadi solusi yang jitu.

Manfaat Bikin Website Gratis untuk Bisnis

Saat ingin membuat website, baik itu berbayar maupun gratis, tentu kita harus memilih platform yang tepat. Namun sebelum kita melangkah ke hal tersebut, ada baiknya untuk kita ketahui lebih dulu kegunaan website untuk memasarkan produk.

Bikin Website Gratis untuk Bisnis

Ada beberapa kegunaan website untuk memasarkan produk di antaranya adalah :

  1. Kehadiran website dapat membuat brand menjadi lebih profesional
  2. Brand dapat dioptimasi SEO agar tampil di laman pencarian Google
  3. Brand dapat diiklankan dengan menggunakan Google Ads
  4. Iklan produkmu dapat ditampilkan di situs-situs naungan Google seperti Youtube
  5. Website mu dapat diupgrade menjadi toko online
  6. Dan sejumlah kegunaan lainnya

Setelah mengetahui bahwa kegunaan-kegunaan website cukup banyak dan sangatlah penting, karena itu setiap brand sebaiknya menggunakan situs website. Tidak hanya mengandalkan akun social media saja. Karena menurut sejumlah data, netizen lebih banyak mencari barang atau membeli barang dengan cara mencarinya di mesin pencari dibanding mencarinya di sosial media. Oleh karena itu, kehadiran website akan sangat bermanfaat untuk menjaring calon pembeli potensial.

Syarat Platform Untuk Bikin Website Gratis

Nah, langkah selanjutnya dalam membuat website adalah mencari platform yang tepat. Terutama untuk bikin website gratis. Platform yang tepat memiliki sejumlah persyaratan yang sebaiknya dipenuhi, antara lain :

Menyediakan ratusan pilihan template profesional

Variasi pilihan template akan sangat membantumu untuk menentukan tampilan website seperti apa nantinya. Karena template harus bisa menyampaikan layanan yang ingin ditawarkan kepada pengunjung website kita nanti.

Mudah dikostumisasi sendiri

Karena kita mau bikin website gratis, otomatis semua elemen yang ada di website harus bisa kita kostumisasi dan atur sendiri. Platform yang baik adalah platform yang punya tools yang user friendly, jadi meskipun kita adalah orang awam di dunia website, tetap bisa merancang website sendiri.

Bikin website gratis

Template berbahasa Indonesia

Pilihan bahasa sangatlah penting untuk memudahkan kamu dalam kostumisasi website. Sebaiknya, kita memilih platform yang menawarkan template berbahasa Indonesia. Biasanya platform yang menyediakan bahasa Indonesia adalah yang dirancang oleh orang Indonesia. Jadi daripada memilih platform internasional, lebih baik memilih platform karya anak negeri yang kualitasnya gak kalah bagus dan yang pasti berbahasa Indonesia.

Pengaturan non coder

Selain memilih bahasa template, sebaiknya kita juga memilih platform yang menyediakan pengaturan non coder. Pengaturan non coder maksudnya adalah pengaturan yang tidak menggunakan bahasa pemograman. Sehingga meskipun bukan ahli IT, kita tetap bisa mengerjakan website milik sendiri.

Bikin Website Gratis yang Cepat dan tidak mudah lag

Faktor yang satu ini sangat penting. Pilihlah platform yang loadingnya cepat dan tidak mudah lag. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap user experience pengunjung di website kita.

Jika website yang kita buat lambat loading dan mudah lag, bisa jadi pengunjung yang awalnya ingin membeli produkmu malah batal melakukan transaksi. Ini karena pengunjung stress saat menghadapi loading yang lambat ataupun lag.

Responsif di smartphone

Faktor yang satu ini ekstra penting. Karena di jaman sekarang, para netizen berselancar di dunia maya dengan menggunakan smartphone. Oleh karena itu, pastikan website gratis yang kita punya compatible dan responsif saat diakses di smartphone

Bikin website gratis yang responsif

Itulah beberapa syarat platform yang mumpuni. Salah satu platform yang bisa diandalkan untuk bikin website gratis adalah Sitebeat. Meskipun gratis, tapi hasil yang kita dapatkan dari platform ini tetap profesional. Selamat mencoba ya.

7 thoughts on “Bikin Website Gratis dengan Platform yang Mumpuni

  1. Yup betul sekali bikin website gratis juga ndak kalah sama yang berbayar, tetapi yang terpenting bikin website itu tau tujuanya dahulu mau buat apa hehe… Boleh dicoba nih nanti yang direkomendasikan sama mb.

Leave a comment