Bikin Website Gratis

Bikin Website Gratis dengan Platform yang Mumpuni

Buat siapapun yang menggeluti dunia digital terutama pebisnis yang ingin memasarkan produknya melalui media digital, pasti membutuhkan website. Sebagai pebisnis pemula, kita mungkin belum memiliki modal yang cukup besar, tentu ingin menghemat budget untuk kebutuhan aset digital, seperti website. Karena itu bikin website gratis bisa menjadi solusi yang jitu.

Manfaat Bikin Website Gratis untuk Bisnis

Saat ingin membuat website, baik itu berbayar maupun gratis, tentu kita harus memilih platform yang tepat. Namun sebelum kita melangkah ke hal tersebut, ada baiknya untuk kita ketahui lebih dulu kegunaan website untuk memasarkan produk.

Bikin Website Gratis untuk Bisnis

Ada beberapa kegunaan website untuk memasarkan produk di antaranya adalah :

  1. Kehadiran website dapat membuat brand menjadi lebih profesional
  2. Brand dapat dioptimasi SEO agar tampil di laman pencarian Google
  3. Brand dapat diiklankan dengan menggunakan Google Ads
  4. Iklan produkmu dapat ditampilkan di situs-situs naungan Google seperti Youtube
  5. Website mu dapat diupgrade menjadi toko online
  6. Dan sejumlah kegunaan lainnya

Setelah mengetahui bahwa kegunaan-kegunaan website cukup banyak dan sangatlah penting, karena itu setiap brand sebaiknya menggunakan situs website. Tidak hanya mengandalkan akun social media saja. Karena menurut sejumlah data, netizen lebih banyak mencari barang atau membeli barang dengan cara mencarinya di mesin pencari dibanding mencarinya di sosial media. Oleh karena itu, kehadiran website akan sangat bermanfaat untuk menjaring calon pembeli potensial.

Syarat Platform Untuk Bikin Website Gratis

Nah, langkah selanjutnya dalam membuat website adalah mencari platform yang tepat. Terutama untuk bikin website gratis. Platform yang tepat memiliki sejumlah persyaratan yang sebaiknya dipenuhi, antara lain :

Menyediakan ratusan pilihan template profesional

Variasi pilihan template akan sangat membantumu untuk menentukan tampilan website seperti apa nantinya. Karena template harus bisa menyampaikan layanan yang ingin ditawarkan kepada pengunjung website kita nanti.

Mudah dikostumisasi sendiri

Karena kita mau bikin website gratis, otomatis semua elemen yang ada di website harus bisa kita kostumisasi dan atur sendiri. Platform yang baik adalah platform yang punya tools yang user friendly, jadi meskipun kita adalah orang awam di dunia website, tetap bisa merancang website sendiri.

Bikin website gratis

Template berbahasa Indonesia

Pilihan bahasa sangatlah penting untuk memudahkan kamu dalam kostumisasi website. Sebaiknya, kita memilih platform yang menawarkan template berbahasa Indonesia. Biasanya platform yang menyediakan bahasa Indonesia adalah yang dirancang oleh orang Indonesia. Jadi daripada memilih platform internasional, lebih baik memilih platform karya anak negeri yang kualitasnya gak kalah bagus dan yang pasti berbahasa Indonesia.

Pengaturan non coder

Selain memilih bahasa template, sebaiknya kita juga memilih platform yang menyediakan pengaturan non coder. Pengaturan non coder maksudnya adalah pengaturan yang tidak menggunakan bahasa pemograman. Sehingga meskipun bukan ahli IT, kita tetap bisa mengerjakan website milik sendiri.

Bikin Website Gratis yang Cepat dan tidak mudah lag

Faktor yang satu ini sangat penting. Pilihlah platform yang loadingnya cepat dan tidak mudah lag. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap user experience pengunjung di website kita.

Jika website yang kita buat lambat loading dan mudah lag, bisa jadi pengunjung yang awalnya ingin membeli produkmu malah batal melakukan transaksi. Ini karena pengunjung stress saat menghadapi loading yang lambat ataupun lag.

Responsif di smartphone

Faktor yang satu ini ekstra penting. Karena di jaman sekarang, para netizen berselancar di dunia maya dengan menggunakan smartphone. Oleh karena itu, pastikan website gratis yang kita punya compatible dan responsif saat diakses di smartphone

Bikin website gratis yang responsif

Itulah beberapa syarat platform yang mumpuni. Salah satu platform yang bisa diandalkan untuk bikin website gratis adalah Sitebeat. Meskipun gratis, tapi hasil yang kita dapatkan dari platform ini tetap profesional. Selamat mencoba ya.

Jual Beli Saham

Perhatikan Hal Ini Jika Mau Bisnis Jual Beli Saham

Melakukan transaksi saham saat ini bukanlah hal yang sulit lagi. Sekarang, banyak cara yang memudahkan untuk melakukan transaksi dan investasi saham. Apalagi sekarang mudah saja karena bisa dilakukan sendiri secara online. Namun, sebelum masuk di dunia bisnis jual beli saham online, kita perlu memiliki modal yang cukup. Jangan lupa gunakan perhatikan hal ini jika mau bisnis jual beli saham.

1. Dana untuk Jual Beli Saham

Pertama yang kita lakukan adalah dengan menyiapkan modal yang cukup sebelum masuk di dunia bisnis. Gunakankanlah dana dingin dalam bisnis yang dimulai, artinya uang yang dari awal sudah diatur untuk investasi saham. Lebih lanjutnya, teman-teman bisa baca tentang dana minimal untuk jual beli saham online.

Dana untuk Jual Beli Saham

2. Rekening Efek untuk Jual Beli Saham

Kedua, buka rekening efek dulu. Datanglah ke perusahaan sekuritas. Beberapa bank memiliki anak perusahaan yang khusus menangani sekuritas. Teman-teman bisa memilih sendiri dan datang langsung ke perusahaan tersebut.  Sebelumnya lengkapi info dari Google, cari saja dengan kata kunci “perusahaan sekuritas”.

Jika rekening efek sudah beres, selanjutnya kita akan diberikan akses jual beli saham online. Kita bisa melakukan transaksi tersebut di PC maupun lewat aplikasi pada smartphone.

Perlu diingat, kita harus menyelesaikan dulu kartu KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia).  Karena, hal itu menjadi bukti bahwa kita termasuk salah satu investor yang dilindungi di Indonesia.

Kalau sudah beres langkah selanjutnya adalah membeli saham yang diinginkan. Bisnis ini sangat mudah. Kita bisa mengakses dimanapun. Setelah login, kita tinggal klik saham yang mau dibeli.

Nah, selain sudah menyiapakan modal berupa uang, modal pengetahuan tak kalah pentingnya buat pegangan saat transaksi saham. Ada dua teknik yang bisa dilakukan, yaitu teknik fundamental dan teknikal.

3. Analisis Fundamental & Analisis Teknikal

Belajar inti perusahaan adalah salah satu cara dalam teknik fundamental. Di sini kita dapat mempelajari inti perusahaan, dimulai dengan memahami proses bisnis atau SOP perusahaan yang diinginkan.

Jual Beli Saham

Kalau ingin lebih baik, tentu kita bisa belajar Analisis teknikal. Analisis teknikal kali ini lebih pada sisi psikologis trader/ pelaku jual beli saham. Sehingga, kita harus memantau pergerakan naik dan turunnya harga saham.  Naik turunnya harga saham akan terlihat dari hari ke hari atau bahkan dari hitungan jam. Untuk menguasainya, tentu kita harus coba belajar dan latihan terkait jurus teknikal secara lengkap. Jika ada sharing session dari perusahaan sekuritas, ikut saja.

Kalau sudah mantap dengan pilihan saham yang diinginkan, sekarang klik “beli” dari aplikasi yang sudah ada di smartphone. Jangan lupa ketika sudah melakukan penjualan saham, kita akan dikenai pajak atas saham. Makanya, beberapa investor fundamental mereka menyimpan saham dalam waktu yang cukup lama guna menghindari fee penjualan yang tinggi serta pajak atas penjualan saham.

4. Cek Lagi Portofolio Saham

Perlu diingat, dalam dunia saham, ada baiknya jika kita sering-sering mengecek. Minimal setiap minggunya atas saham-saham yang dikoleksi. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari ada hal yang tidak diinginkan seperti aksi liar perusahaan yang tidak kita ketahui.

Sekarang, mengecek saham yang dimiliki pun mudah. Sudah ada aplikasi di smartphone. Kita bisa mengecek pergerakan saham dalam setiap detiknya, kecuali kamu adalah seorang swing trader atau forex trader. Bagi investor jangka pendek, oke aja kalau mau melakukan pengecekan sehari sekali atau dua kali. Untuk investor jangka menengah dan jangkah panjang harus dicek setiap minggunya.

Berikut ini yang perlu diperhatikan saat mengevaluasi portofolio.

  • Harga. Kita dapat melihat pergeseran harganya, apakah masih dalam batas yang telah ditetapkan atau tidak.
  • Kinerja. Kita bisa melihat di media bagaimana terkait perusahaan yang sahamnya telah dimiliki.
  • Ada atau tidakkah perubahan manajemen. Jika ada, kita perlu mengecek alasan perubahan manajemen.
  • Isu. Adakah isu lain yang berhubungan dengan perusahaan tersebut.

Selain fokus ke saham perusahaan, akan lebih baik jika kita juga peka dengan kondisi makro ekonomi sekeliling mulai dari harga minyak, harga emas dan harga lainnya. Penting sekali buat kita karena jika terjadi gejolak kondisi makro, maka akan berpotensi mempengaruhi pergerakan harga saham.


Jual beli saham ternyata mudah ya setelah membaca artikel ini. tunggu apalagi segera terjun. Nah, aku sendiri merekomendasikan Mandiri Sekuritas sebagai platform untuk kesuksesan bisnis jual beli saham karena mudah diakses baik melalui web maupun aplikasi.

Seaworld Harga Tiket Masuk

Inilah Informasi Tentang Seaworld, Harga Tiket Masuk dan Lainnya

Seaworld Ancol adalah destinasi wisata yang sangat baik untuk keluarga. Di Seaworld, orang tua dan anak bisa mempelajari banyak hal tentang kehidupan laut, mulai dari apa saja yang ada di laut, mengenal jenis binatang laut, hingga berinteraksi langsung dengan binatang laut. Seaworld harga tiket masuk memang sangat masuk akal dengan hiburan dan fasilitas yang diberikan. 

Wahana dan Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Seaworld Ancol

Umumnya, ada cukup banyak pilihan kegiatan yang bisa dilakukan selama berada di dalam Seaworld Ancol. Bahkan saking banyaknya, kita pasti akan betah seharian di sana, apalagi Seaworld harga tiket masuknya bukanlah harga yang cukup mahal.

Di Seaworld Ancol, kita bisa melihat banyak sekali binatang laut. Ya, ada cukup banyak spesies laut yang dibagi dalam tiga zona. Tiga zona dalam Seaworld Ancol ini antara lain zona pesisir pantai, zona perairan tawar, dan zona perairan laut. Sangat asik dan edukatif pastinya, karena memang pada realitanya ada berbagai jenis spesies yang berbeda di masing-masing zona ini.

Seaworld Harga Tiket Masuk

Di dalam Seaworld Ancol selain bisa melihat aneka spesies binatang laut, kita juga bisa memberi makan biota laut. Kegiatan memberi makan ini dilakukan pada jam-jam tertentu. Catat ya:

  • Arapaima akan diberi makan setiap jam satu di setiap harinya.
  • Sea turtle diberi makan pada akhir pekan di setiap jam setengah tiga sore
  • Linsang air diberi makan setiap jam setengah sebelas siang dan enam sore di setiap harinya.
  • Moray eel diberi makan setiap jam dua pada hari biasa dan jam tiga di akhir pekan.

Spesies di akuarium utama akan diberi makan setiap jam sebelas pagi dan setengah empat sore di hari biasa, di akhir pekan akan diberi makan setiap jam sebelas, dua, dan setengah lima sore.

Selain memberi makan binatang laut, kita juga bisa menyentuh langsung satwa di touch pool, menyusuri terowongan bawah air, melihat film edukasi di glow theater, menikmati ribuan satwa laut, bertemu ikan terganas di dunia, melihat langsung jenis-jenis ubur-ubur, menyelam di fun dive untuk bertemu ikan, dan lain-lain.

Harga Tiket Masuk Seaworld Ancol

Seaworld harga tiket masuk mungkin adalah info yang paling dicari sebelum datang langsung kesana. Seaworld harga tiket masuk rupanya berbeda-beda di setiap jenisnya. Ada tiga jenis tiket yang dijual di loket Seaworld Ancol, yaitu tiket Reguler, Reguler Premium, dan  Bundling Seaworld plus Ocean Dream Samudra.

Seaworld Harga Tiket Masuk

Tiket Reguler dijual dengan harga 80 ribu rupiah di hari biasa dan 100 ribu di akhir pekan dan tanggal merah. Sedangkan tiket Reguler Premium dijual dengan harga 115 ribu rupiah baik untuk hari biasa maupun di akhir pekan. Tiket all in Bundling Seaworld plus Ocean Dream Samudra dijual dengan harga 135 ribu rupiah di hari biasa dan 180 ribu rupiah baik di akhir pekan maupun di hari libur. Itulah kisaran harga Seaworld harga tiket masuk. Perlu diketahui bahwa Seaworld harga tiket masuk ini bisa berubah sewaktu-waktu.

Fasilitas di Seaworld Ancol Jakarta

Fasilitas umum di Seaworld Ancol cukup lengkap, yaitu ada toilet, tempat parkir, ruang medis, ruang baby care, dan fasilitas umum lainnya. Tak ketinggalan juga ada fasilitas toko souvenir yang menjual aneka merchandise khas Seaworld Ancol.  Di toko ini, kita bisa membeli berbagai oleh-oleh yang menarik. Tak perlu khawatir kelaparan atau kehausan karena disana sudah ada tempat khusus untuk rumah makan dan boot makanan. 

Fasilitas lainnya dari Seaworld Ancol yang mungkin akan disukai adalah Fish Spa. Disana, kaki kita bisa masuk ke dalam air yang ada ikannya. Ikan-ikan akan memakan sel kulit mati di kaki Anda. Disana juga ada perpustakaan umum untuk pengunjung yang suka membaca atau ingin mengenal lebih dalam berbagai biota dan spesies laut.

Lokasi dan Alamat Seaworld Ancol

Percuma saja jika kita sudah mengetahui banyak hal tentang Seaworld Ancol tetapi belum tahu dimana letak wisata edukatif ini. Seaworld Ancol terletak di Jalan Lodan Timur Nomor 7, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Seaworld Ancol ini masih termasuk dalam kawasan Ancol Jakarta Bay City. Di kawasan yang sama ini pula, kita juga akan menemukan Dufan yang terletak tidak jauh dari Seaworld Ancol.

Jam Buka Seaworld Ancol

Jam buka Seaworld Ancol tak sama dengan jam-jam pemberian makan spesies laut di dalamnya. Jika kita di awal baru tahu jam berapa saja spesies ikan di dalamnya diberi makan maka perlu diketahui juga jam berapa tepatnya taman hiburan ini dibuka.

Seaworld Ancol dibuka dari jam sembilan pagi sampai lima sore di hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, dan Jumat. Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu hiburan ini buka dari jam sembilan pagi sampai enam sore, satu jam lebih lama dibanding jam buka hari biasa.

Cara Menuju Seaworld Ancol

Bagi teman-teman yang akan ke Seaworld Ancol dengan kendaraan pribadi Anda bisa meminta bantuan Google Maps dengan mengetikkan kata kunci Seaworld Ancol.

Namun, jika teman-teman memilih untuk menggunakan bus Trans Jakarta, bisa memilih koridor 5 kemudian turun di Halte Ancol. Kesana dengan KRL pun juga bisa. Pertama teman-teman bisa menuju ke Stasiun Jakarta dulu dengan KRL, kemudian Anda bisa memilih Mikrolet M15A atau M15. Atau bisa juga turun di Stasiun Ancol lanjut naik angkot.

Selamat berlibur dan menjelajah Seaworld Ancol.

Seaworld Harga Tiket Masuk
Shower Room Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta

Numpang Mandi di Shower Room Bandara Soekarno Hatta Terminal 2

Dalam melakukan perjalanan, terkadang kita perlu memperhitungkan banyak hal. Termasuk urusan istirahat dan mandi. Ketika lelah setelah menempuh satu penerbangan dan menunggu lanjutan penerbangan lain yang masih lama, tak salah rasanya jika kita ingin menyegarkan tubuh terlebih dahulu. Untuk teman-teman yang kerap transit lama di Bandara Soekarno Hatta, beberapa waktu lalu aku menemukan bahwa ada shower room Bandara Soekarno Hatta Terminal 2. Berikut informasinya.

Mencoba Shower Room Bandara Soekarno Hatta Terminal 2

Jujur saja, informasi mengenai adanya shower room di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, aku dapat dari salah satu komen di artikel tentang shower room Terminal 3 Bandara Soetta. Kebetulan, belakangan aku lebih sering menggunakan maskapai yang datang dan berangkat di terminal 2.

Seringnya aku melakukan perjalanan dinas dengan yang berangkat pesawat paling pagi dari Palembang dan kembali di pesawat paling malam dari Jakarta. Rasanya, gerah banget. Mandi dini hari lalu seharian kerja, pas jamnya biasa mandi, belum mandi juga. Lalu terbayang, nanti sampai rumah, hampir tengah malam. Duh, harus nyiapin air panas dulu biar ga kedinginan, ribet!

Makanya, ketika dinas model begini, sebelum pulang ke Palembang lagi, aku berusaha mandi dulu. Jadilah, aku mencari-cari shower room di terminal 2 Bandara Soetta. Ya, biar seger dan ga ribet lagi pas di rumah. Mending sebelum terbang mandi dulu, begitu pikirku.

Terminal 2 Traveloka Bandara Soekarno Hatta
Suasana area keberangkatan Terminal 2 Traveloka Bandara Soekarno Hatta

Lokasi Shower Room Bandara Soekarno Hatta Terminal 2

Saat memasuki area terminal 2, aku kerap memilih untuk turun di area keberangkatan lantai 2 dari Terminal 2D. Ini karena ingin mampir ke HokBen terlebih dahulu sih. Setelah itu, karena tak tampak petunjuk tentang shower room, aku pun bertanya kepada petugas yang berkumpul di dekat musholla Terminal 2D.

Ternyata, ada untungnya juga turun di sekitar Terminal 2D. Soalnya, shower room Terminal 2 berada di lantai kedatangan alias lantai 1 dari terminal 2D. Jadi gak jauh deh jalannya.

Lokasi Shower Room Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta
Belok ke kanan untuk masuk ke Shower Room Bandara Soekarno Hatta Terminal 2 di area perkantoran maskapai

Bisa dibilang, shower room Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta ini cukup tersembunyi. Ini karena shower room berada di sekitar area perkantoran terminal. Aku berasumsi, mungkin memang awalnya shower room ini ditujukan untuk pegawai di area perkantoran.

Kita bisa berpatokan ke resto cepat saji yang menawarkan hidangan ala Jepang, di lantai 1 terminal 2D. Dari resto ini, kita berjalan ke arah kiri menuju ujung terminal. Lalu, belok ke kanan untuk masuk menuju area perkantoran. Tak jauh dari pintu masuk area perkantoran, ada dua pintu berwarna biru keabu-abuan. Nah, itulah shower room di terminal 2 ini.

Jika kita berada di area keberangkatan terminal 2D yang berada di lantai 2, maka kita harus turun 1 lantai menggunakan tangga atau lift yang tersedia. Patokannya sama, ke ujung terminal 2D alias dari resto cepat saji hidangan Jepang, belok ke kiri. Selanjutnya, belok ke kanan untuk masuk di area perkantoran di lantai 2. Lalu turunlah  menggunakan tangga di dalam sini. Tepat setelah keluar tangga, kita akan menemukan shower room.

Lokasi Shower Room Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta
Shower Room Bandara Soekarno Hatta Terminal 2 yang cukup tersembunyi

Fasilitas Shower Room Terminal 2

Kalau melihat gambar di atas, memang area shower room cukup tersembunyi. Di lorong kecil di belakan peralatan kebersihan tersebut, terdapat 2 pintu berwarna coklat.

Untuk perempuan, kita bisa memilih pintu pintu coklat di sebelah kanan (untuk perempuan). Sementara untuk laki-laki, shower room diakses melalui pintu coklat sebelah kiri. Sayangnya, pintu ini tidak ada kunci dan seperti agak rusak sehingga tidak bisa tertutup rapat.

Di dalamnya, kita akan menemukan 2 bilik shower room yang masing-masing terdapat 1 shower. Tenang, untuk shower room, pintunya masih berfungsi dengan baik. Di luar terdapat wastafel dan cermin besar seperti kamar mandi pada umumnya. Terdapat mesin pengering tangan / hand dryer juga. Ada pula tempat seperti dudukan untuk meletakkan barang bawaan.

Satu bilik kecil Shower Room Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta

Untuk air di shower room ini hanya tersedia air dingin saja. Ada gantungan untuk baju di belakang pintu. Peralatan mandi seperti sabun dan sampo tidak tersedia. Jadi harus menyediakan sendiri. Kebetulan, aku memang selalu bawa sabun di tas.

Setelah itu, bawalah baju ganti, handuk, dan peralatan mandi ke dalam bilik kamar mandi. Jika ada kantong untuk baju, bawa saja ke area bilik karena gantungan di setiap bilik hanya 2 saja.

Jika membawa banyak barang bawaan seperti koper, lebih baik dibawa masuk ke area shower room. Letakkan di dudukan dekat wastafel.

Rasanya cukup aman karena sepertinya shower room ini juga digunakan oleh karyawan di area perkantoran.

Review Shower Room Bandara Soekarno Hatta Terminal 2

Mengingat kondisi bandara terminal 2 yang sudah cukup tua, tentu shower room di terminal ini tak akan semewah dan semodern shower room di terminal 3. Namun, bagiku menemukan shower room di terminal ini saja sudah cukup senang.

Lokasinya pun berada bukan di area tunggu keberangkatan. Dengan demikian, ini memungkinkan calon penumpang bisa mandi dahulu sebelum masuk ke area tunggu atau sebelum check in. Bisa juga diakses setelah datang di terminal 2. Agak berbeda dengan yang di terminal 3, di mana shower room baru bisa kita gunakan setelah check in karena lokasinya berada di area tunggu terminal.

Tak ada fasilitas seperti sabun atau sampo rasanya wajar. Sebagai traveller, biasanya kita punya stok peralatan mandi dalam ukuran kecil yang kerap dibawa-bawa.

Paling tidak, shower room ini bisa menjadi solusi untuk traveller yang ingin mandi sebelum melanjutkan perjalanan kembali.

Oh iya, mengingat pintu utama untuk masuk ke dalam shower room ini kurang baik kondisinya, ada baiknya selalu mawas diri dan pasang telinga baik-baik. Bukan apa-apa nih, kalau misalnya bawa barang berharga, kan ngeri juga diambil orang. Baiknya sih, kita bawa ke bilik kamar mandi kalau bisa. Atau ya, jangan terlalu kelamaan juga kali ya mandinya.


Nah, kalau teman-teman, khususnya traveller, mencari shower room di Bandara Soekarno Hatta terminal 2, sekarang sudah tahu lokasinya kan? Semoga bermanfaat ya.

Naik Kereta Bandara Soekarno Hatta

Pengalaman Naik Kereta Bandara ke Soekarno Hatta Airport

Memiliki kekhawatiran akan kemacetan yang kerap terjadi di Jakarta adalah hal yang lumrah. Apalagi, untuk orang daerah sepertiku. Ketika harus ke Jakarta, aku akan memberi spare waktu yang banyak sebagai antisipasi kemacetan. Khususnya untuk perjalanan dari atau ke Bandara Soekarno Hatta. Kali ini aku mencoba moda transportasi baru yaitu Kereta Bandara Soekarno Hatta. Demi kenyamanan dan bebas khawatir akan kemacetan di jalanan.

Memutuskan Mencoba Naik Kereta Bandara

Menuju pintu keluar terminal di Bandara Soekarno-Hatta, kita akan disuguhkan promo adanya Kereta Bandara. Katanya waktu tempuh hanya 46 menit ke pusat kota Jakarta.

Dengan jalur khusus kereta, waktu tempuh ini sudah pasti. Gak ada tambahan waktu antri dan transaksi di pintu tol. Bebas kekhawatiran dari macet. Yang perlu diantisipasi adalah kemacetan dari stasiun ke lokasi tujuan. Kalau mungkin jalan kaki, tentu semakin tak masalah.

Jujur saja aku tertarik. Namun, karena masih buta dengan Jakarta, aku memilih naik taksi sampai ke tujuan di Kemanggisan.

Saat menuju Kemanggisan, aku keluar di tol Grogol. Lalu, melihat ada petunjuk Stasiun Kereta Bandara Duri. Wah, tahu gitu tadi naik kereta aja pikirku.

Keesokan harinya, aku mengecek lokasi Stasiun Duri dari penginapanku di Grogol. Ternyata dekat. Akhirnya, aku putuskan ke Bandara Soekarno Hatta dengan menggunakan kereta bandara dari Stasiun Duri.

Sekilas tentang Kereta Bandara Soekarno Hatta

Kereta Ekspress Bandara Internasional Soekarno Hatta merupakan kereta bandara kedua di Indonesia. Pengelolanya adalah PT Railink, anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia dan PT Angkasa Pura II. Sebelumnya, PT Railink mengelola kereta Bandara Kualanamu, kereta bandara pertama di Indonesia. Kereta bandara digunakan sebagai moda transportasi dari bandara ke pusat kota.

Suasana Kereta Bandara Soekarno Hatta
Suasana Kereta Bandara Soekarno Hatta

Kereta Bandara Soekarno Hatta resmi beroperasi pada tanggal 26 Desember 2017. Rute yang dilayani adalah dari dan menuju Stasiun Bandara Soekarno Hatta (Airport Station) dan Stasiun Sudirman Baru / BNI City (City Station).

Selain berhenti di dua stasiun tersebut, kereta bandara ini juga berhenti di Stasiun Batu Ceper dan Stasiun Duri. Terhitung mulai tanggal 5 Oktober 2019, kereta bandara juga melayani perjalanan dari dan ke Stasiun Manggarai. Tentunya ini membuat akses dari dan menuju Bandara Soekarno Hatta dari beberapa daerah dekat stasiun yang dilewati semakin nyaman.

Informasi Kereta Bandara Soekarno Hatta
Informasi Kereta Bandara Soekarno Hatta

Cara Melakukan Pembelian Tiket Kereta Bandara

Untuk naik Kereta Bandara Soekarno Hatta, kita dapat melakukan pembelian tiket dengan beberapa cara. Bisa langsung datang ke stasiun lokasi Kereta Bandara Soekarno Hatta berhenti. Bisa juga melalui web dan aplikasi Railink, e-commerce seperti BukaLapak, juga Traveloka.

Mesin Tiket Kereta Bandara Soekarno Hatta
Mesin Tiket Kereta Bandara Soekarno Hatta

Pada saat pergi kemarin, aku melakukan pembelian tiket langsung di Stasiun Duri. Ada 2 mesin tiket otomatis yang berada di Stasiun Duri. Mesin tiket otomatis ini hanya melayani pembelian tiket di hari keberangkatan. Pembayarannya sudah cashless karena hanya menerima melalui uang elektronik (e-money Mandiri, TapCash BNI, BRIZZI, Flash BCA, dan JakCard), kartu debit, dan kartu kredit. Harga untuk 1 penumpang adalah Rp 70.000,-.

Sementara itu, pembelian untuk  channel lain seperti web dan aplikasi Railink, Traveloka, dan BukaLapak harganya lebih murah. Untuk pembelian di web dan aplikasi Railink, harganya sekitar Rp 40.000,-. Namun, kita diminta untuk memilih waktu keberangkatan kereta secara pasti.

Jika melakukan pembelian di Traveloka, harganya sekitar Rp 66.500,- dan ini merupakan flexi ticket. Artinya, kita dapat memilih jadwal keberangkatan kereta selama masih di hari yang sama. Nantinya, kita bisa akan mendapatkan voucher traveloka untuk ditukar dengan tiket yang berlaku sebagai boarding pass kereta bandara.

Perjalanan ke Bandara Soekarno Hatta dengan Kereta Bandara

Waktu berangkat dari Stasiun Duri aku menggunakan kereta jam 5.36. Walaupun sebenarnya pesawatku jam 8.35. Ini karena memang aku berniat sarapan di bandara saja sih. Disarankan juga untuk sudah masuk kereta 15 menit sebelum waktu kereta berangkat. Ya, daripada ketinggalan kereta kan?

Sejujurnya, sempat kaget waktu naik kereta bandara ini. Karena sepi sekali rasanya. Di gerbongku saja kayaknya hanya sekitar 10 penumpang. Tapi, ya kereta dengan kondisi seperti ini enak juga untuk melanjutkan tidur sejenak rasanya. Apalagi kursinya juga reclining, atau bisa diatur kemiringannya.

Fasilitas Kereta Bandara

Kereta bandara ini memiliki rak penyimpan bagasi. Jadi kita bisa meletakkan barang bagasi yang besar di sana.

Selain itu ada pula LED TV sebagai hiburan. Ya walaupun kadang yang ditampilkan berupa iklan.

Hiburan berupa tontonan dan lagu di Kereta Bandara Soekarno Hatta
Hiburan berupa tontonan dan lagu di Kereta Bandara Soekarno Hatta

Untuk keamanan dan keselamatan, ada CCTV, alat pemadam kebakaran, serta lampu darurat.

Kenyamanan kereta bandara ini juga diperhatikan. Ada port USB untuk men-charge smartphone, wifi (aku gak nyoba sih), serta toilet. Jika kita akan berhenti di suatu stasiun, akan ada pemberitahuan sebagai sebuah sistem informasi bagi penumpang.

Selama perjalanan, aku merasa nyaman sih. AC juga pas, tidak terlalu dingin. Perjalanan terasa nyaman dengan pemandangan pagi. Tak berapa lama, aku pun tiba di Stasiun Bandara Soekarno Hatta. Stasiun Bandara ini terasa lega dan luas. Ada waiting lounge, ATM Center, toilet. Pokoknya nyaman sih.

Melanjutkan Perjalanan dengan SkyTrain Soekarno Hatta

Setelah sampai di Stasiun Kereta Bandara Soekarno Hatta, kita bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Skytrain ke terminal keberangkatan. Ada shelter SkyTrain yang tak jauh dari Stasiun Bandara Soekarno Hatta.

Stasiun Bandara Soekarno Hatta
Stasiun Bandara Soekarno Hatta

Area tunggu di shelter SkyTrain cukup lega. Banyak tempat duduk, sementara saat itu penumpang yang akan naik SkyTrain tak terlalu banyak.

SkyTrain Soekarno Hatta

SkyTrain / Kalayang (Kereta Melayang) atau Automatic People Mover System (APMS) merupakan fasilitas untuk perpindahan antar terminal di bandara atau dari terminal menuju stasiun kereta api bandara. Seingatku, tahun 2012 lalu, fasilitas perpindahan antar terminal bandara masih berupa bis antar terminal. Sekarang sudah jadi kereta. Sejauh ini masih gratis sih.

Shelter Skytrain Bandara Soekarno Hatta
Shelter Skytrain Bandara Soekarno Hatta

Terdapat 2 jalur SkyTrain. Kita bisa melihat informasi SkyTrain yang akan menuju terminal keberangkatan melalui LCD. Informasinya pun jelas. Ada info tujuan kereta yang akan datang, di jalur mana, dan estimasi waktu kedatangan berapa menit lagi.

SkyTrain memang tak terlalu besar sih. Tempat duduknya tak banyak. Tapi, masih bisalah kita mendapatkan tempat duduk. Tak ada area bagasi khusus, jadi barang bawaan harus kita jaga di dekat kita. Perjalanan dari shelter Sky Train ke Terminal 2 tujuanku memakan waktu sekitar 7 menit saja.

Dari shelter SkyTrain, kita bisa langsung menuju terminal bandara untuk check-in. Untuk jadwal SkyTrain bisa dilihat juga di aplikasi Indonesia Airport milik PT Angkasa Pura II.

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Naik Kereta Bandara

Aku mencatat ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat memutuskan naik Kereta Bandara Soekarno Hatta. Beberapa hal tersebut adalah :

1.     Pilih Jadwal Kereta Berangkat 2 Jam Sebelum Jadwal Pesawat Berangkat

Walaupun waktu tempuh Kereta Bandara Soekarno Hatta sudah pasti, namun dari pihak Railink sendiri menyarankan kepada calon penumpang yang menuju Bandara Soekarno Hatta memilih jadwal keberangkatan setidaknya 2 (dua) jam sebelum jadwal keberangkatan pesawat. Hal ini memang wajar, karena walaupun tidak mengalami macet, bisa jadi kita mengalami antrian panjang juga saat check-in.

Jadwal Kereta Bandara Soekarno Hatta

Selain itu, setelah turun dari kereta bandara, kita juga harus melanjutkan perjalanan ke shelter SkyTrain. Jika jadwalnya pas, kita tak perlu menunggu SkyTrain. Namun, perlu diestimasi pula waktu kedatangan SkyTrain dan waktu tempuh SkyTrain ke terminal.

2.     Siapkan Alat Pembayaran Non Tunai

Jika melakukan pembelian tiket di stasiun langsung, maka kita tidak bisa melakukan transaksi tunai. Oleh karena itu, siapkan uang elektronik, kartu debit, atau kartu kredit untuk pembayaran. Hal yang sama berlaku untuk pembelian di channel lain sebenarnya.

3.     Jangan Terlalu Banyak Barang Bawaan

Aku merasa untuk naik turun kereta bandara dan SkyTrain sebenarnya butuh pergerakan yang cepat. Oleh karena itu, sebisa mungkin tidak membawa terlalu banyak bawaan. Kalau 1 koper tambahan rasanya cukup sih. Kalau 2 koper besar, untukku sih bakal repot.

4.     Jangan Sampai Tiket Hilang

Tiket kereta akan menjadi boarding pass untuk digunakan masuk dan keluar peron kereta. Oleh karena itu, simpan tiket baik-baik.

5.     Cek Daerah Tujuan, Siapa Tahu Dekat Stasiun Kereta

Ini tips untuk yang berniat naik kereta dari Bandara Soekarno Hatta sih. Kereta bandara berhenti di Stasiun Batu Ceper, Stasiun Duri, Stasiun BNI City Sudirman, dan Stasiun Manggarai. Kita bisa mengecek jarak tempat yang akan kita tuju ke stasiun tersebut menggunakan Google Maps. Kalau hanya sekitar 1 km saja, coba naik kereta bandara saja. Akan lebih nyaman rasanya.

Nah, demikianlah pengalamanku naik Kereta Bandara Soekarno Hatta. Boleh dicoba juga loh teman mode transportasi ini. 

Lagu Done Kun Saraswati (1)

Menyelesaikan Kisah Bersama Lagu Done Kun Saraswati

Harus diakui, bahwa industri musik di Indonesia semakin hari semakin semarak. Banyak penyanyi baru bermunculan. Belakangan, aku sering menemukan lagu Indonesia yang memiliki makna mendalam. Lagunya juga dinyanyikan oleh penyanyi muda dengan suara indah. Salah satu yang kerap kuputar belakangan ini adalah lagu Done Kun Saraswati.

Memaknai Lagu Done Kun Saraswati

What i’m gonna do, tell me what i’m gonna do

What i’m gonna do, tell me what i’m gonna do

Salah satu penggalan dari lirik musik Kun Saraswati ini terus berulang di kepala saat aku pertama kali mendengarnya. Entah kenapa kesan rapuh penuh keputusasaan begitu besar terasa. Hal yang kurasa wajar untuk dirasakan ketika merasa patah hati atau kecewa pada keadaan tertentu.

Terpesona dengan musiknya yang begitu mengalun dengan suara merdu Kun Sarasawati, aku pun coba memaknai lagu ini secara lebih mendalam.

take me with you or let me be with you

but if we knew, i’m trynna forget you

what did i do? i’m feeling so pale blue

this felt so true, but how about you?

Suasana sendu terasa di awal lagu ini. Sebuah pesan penuh pertanyaan tentang kebingungan atas kondisi yang terjadi. Sebuah ketidakrelaan penuh tanda tanya. Apakah semua ini terjadi karena kesalahan kita dan apakah perasaan ini juga dirasakan oleh orang lain?

lagu Done Kun Saraswati
Salah satu momen dalam video klip lagu Done Kun Saraswati

Potongan verse 1 lagu Kun Saraswati sedikit mengindikasikan bahwa lagu ini tentang patah hati. Imajinasiku merasa lagu ini diciptakan ketika ditinggalkan tanpa tahu alasan yang jelas.

Prechorus

The sky starts raining, but my heart keeps tracing

the storms are raging, but my heart keeps falling

Reff

i’m clinging on to you, just tell me it’s not true that violets are not blue

i’m clinging on to you, just tell me it’s not true and there is no i love you

Verse 2

im broken in two, im drowning in deep blue

My feelings for you, has drowned with me too

Awalnya, aku sempat bertanya-tanya, apa hubungan antara judul dan isi lagu ini. Done yang menjadi judul lagu Kun Saraswati ini memiliki arti selesai. Namun, di awal lagu begitu mengesankan adanya perasaan yang belum selesai.

Ungkapan penuh dengan kekecewaan dan kegundahan ingin diungkapkan oleh Kun terhadap kondisi yang dialaminya. Hampir lebih dari setengah lagu Kun Saraswati ini mengungkapkan kesedihan begitu mendalam atas kisahnya.

Apa yang diceritakan di lagu ini memang sangat wajar terjadi di kehidupan kita. Ketika merasa kecewa atau patah hati, perasaan bingung, galau, gundah, dan tak ingin semuanya berakhir pasti muncul.

Ada momen di mana kita kerap kali tak bisa langsung menerima segala perubahan atas kondisi itu. Lirik musik Kun Saraswati begitu menggambarkan apa yang kerap kita alami ketika patah hati atau kecewa.

Menjelang akhir lagu, Kun Saraswati memberikan sebuah pesan singkat namun begitu bermakna. Kekecewaan dan kondisi negatif ini harus segera diakhiri.

but if we knew, i’m done with you

Pesan Mendalam Lagu Done

Done, yang menjadi judul lagu Kun Saraswati, ini rasanya cocok untuk menjadi move on anthem. Tak hanya ketika kita sudah melewati sebuah peristiwa dan berada di kondisi kecewa.

Lagu ini juga cocok ketika kita berada di kondisi tak mengenakkan dan masih ragu untuk mengakhiri. Ada kekuatan tersembunyi yang dikirimkan Kun Saraswati agar orang berani untuk mengakhiri kondisi yang mengecewakan. Jangan ragu untuk menuntaskan perasaan gundah gulana.

Lagu Done Kun Saraswati
Lagu Done Kun Saraswati bisa jadi move on anthem

Kadang, kenyataan memang tak selalu sejalan dengan harapan. Namun bukan berarti kita harus terkungkung dengan keadaan. Pada akhirnya, jika kita tetap tidak bisa menerima perubahan, kita tentu akan selalu diliputi oleh perasaan sedih dan kecewa. Seperti awan hitam yang rasanya terus menghantui dan membawa aura negatif. Tentu ini tak baik bagi kita juga bagi lingkungan.

Perasaan tersebut memang wajar dirasakan. Namun, kita tetap harus ingat bahwa terkadang sebuah akhir bisa menjadi awal yang baik. Percayalah selalu ada cahaya melalui jalan lain yang bisa membawa kita ke titik yang lebih baik. Selalu semangat untuk memulai hal baru. Hilangkan aura negatif dengan membawa aura positif ke kehidupan kita.

Launching Debut Single Done

Lagu Done merupakan single pertama yang resmi dirilis oleh Kun Saraswati. Launching debut single ini dilakukan di Greenhouse Coworking pada Jumat, 4 Oktober 2019 lalu.

Kun Saraswati bercerita bahwa lagu Done sebenarnya sudah ditulis pada pertengahan tahun 2016. Namun, lagu ini baru dijadikan sebuah karya lagu pada bulan Agustus 2019.

Lagu Done Kun Saraswati
Kun Saraswati saat launching debut single Done – photo credit : Mas Satto Raji

Menulis lagu sendiri memang menjadi salah satu kepiawaian Kun Saraswati. Ia mulai menulis lagu sendiri sejak menginjak usia 18 tahun. Tak lama setelah mulai memasuki status sebagai mahasiswa di Fakultas Ilmu Seni Musik.

Dalam penggarapan single ‘Done’, Kun Saraswati juga menggandeng nama-nama besar di industr music seperti Irvnat (Vocal Director), Alvin Witarsa (Orchestrator), Eko Sulistyo (Mixing Engineer), dan Steve Corrao (Mastering Engineer). Jika didengarkan, lagu Done ini secara kualitas musiknya memang terasa megah dan begitu mendukung vocal kuat yang dimiliki oleh Kun Saraswati.

Lagu Done Kun Saraswati
Kun Saraswati bersama Belanegara Abe dari Passion Vibe – photo : Mas Satto Raji

Single Done dari Kun Saraswati diproduksi oleh Passion Vibe, label rekaman yang digawangi Belanegara Abe dan Edo Abraham. Label ini juga banyak bekerja sama dengan penyanyi lain di tanah air seperti Rinni Wulandari, Sherina, Heidi, Laki Official, dll.

Saat ini, lagu Done dapat didengarkan melalui platform musik online seperti Spotify dan Apple Music. Video klipnya juga sudah rilis dan dapat disaksikan melalui Youtube.


Mengenal Kun Saraswati

Kun Saraswati adalah seorang penyanyi muda berusia 21 tahun yang mulai memasuki industri musik tanah air. Bakat bermusiknya mulai terlihat sejak ia menunjukkan bakat menyanyi di usia 3 tahun. Tak hanya menyanyi, ia pun pandai memainkan piano klasik dan gitar. Diana Krall menjadi salah seorang musisi idolanya.

Kecintaan Kun Saraswati pada musik tak sebatas menyanyi dan bermain musik. Ia semakin mempelajari musik dan mengasah minat dan bakatnya secara professional melalui jurusan kuliah yang dipilih.

Kun memilih kuliah di Fakultas Ilmu Seni Musik di Universitas Pelita Harapan. Ia memilih peminatan Jazz & Pop Music Performance dengan major vokal. Memilih kuliah musik selaras dengan moto hidup Kun Saraswati yaitu “I love what I do and I do what I love”. Berada di lingkungan musik sudah dijalani kun sedari kecil. Ia juga menjadi salah satu Vocal Teacher di MSI (Music School of Indonesia) Pondok Indah.

Lagu Done Kun Saraswati
Kun Saraswati menjelaskan lagu Done yang ditulisnya – Photo : Mas Satto Raji

Terjun dan berkarir di belantika music Indonesia bukan hanya sejalan dengan minat dan bakat serta motto hidup Kun Saraswati. Sebagai pribadi yang memiliki keinginan kuat, wajar jika Kun Saraswati memiliki kemauan 100% untuk terjun di kancah lagu Indonesia. Terlebih, dengan pengalaman dan bakat yang dimiliki, tentu saja ia ingin menyampaikan pesan-pesan melalui lagu yang ia ciptakan dan nyanyikan.

Jika ingin lebih dekat dengan Kun Saraswati dan mendapatkan update terbaru, bisa dicek melalui website Kun Saraswati atau instagramnya.

Tetap semangat Kun Saraswati, kutunggu single lainnya dan album dari Kun Saraswati.

Menabung untuk Laptop

Menabung untuk Laptop? Ada Cara yang Lebih Cepat, Kok.

Semua orang pasti ingin mewujudkan keinginan memperoleh barang impian. Selain menabung untuk laptop, beberapa cara ini juga bisa dilakukan, lo.

menabung untuk laptop
menabung untuk laptop salah satu cara meraih laptop impian

Bagi sebagian orang, laptop high-end merupakan pilihan utama sekaligus terbaik. Tidak saja karena kualitasnya yang patut diacungi jempol, tapi juga berkat spesifikasinya yang multitasking sehingga dapat memenuhi beragam kebutuhan. Meski memang, harga yang harus dibayarkan juga tergolong mahal.

Itu artinya, Anda harus terlebih dulu menabung untuk laptop impian. Tak perlu khawatir, karena selain menabung terdapat pula beberapa cara lain guna mengumpulkan dana demi membeli laptop baru. Cara ini juga terbilang lebih cepat, lo. Apa saja?

1. Mencari Kerja atau Membuka Bisnis Sampingan

Demi menambah pemasukan, mencari pekerjaan sampingan adalah langkah terbaik. Anda bisa mendaftar menjadi guru les privat, bergabung dengan event organizer, menjadi penulis freelance, atau pekerjaan lain yang sekiranya tidak mengganggu aktivitas utama. Kemudian, hasilnya bisa ditabung pada rekening khusus agar tidak tercampur dan terpakai untuk keperluan lain.

membuka bisnis baru sebagai cara menabung untuk laptop
membuka bisnis baru

Atau, bagi Anda yang tidak ingin bekerja dengan orang lain, membuka bisnis sampingan bisa menjadi pilihan. Manfaatkan saja keahlian memasak atau membuat kue untuk membuka usaha kuliner kecil-kecilan. Tak hanya itu, beragam bisnis lain seperti pulsa dan laundry juga bisa dicoba.

2. Jual Barang Bekas di Garage Sale

Lemari dan kamar Anda sudah penuh dengan barang-barang yang tak lagi dipakai? Ini saatnya Anda melakukan Garage sale!

Selain bertujuan untuk membersihkan kamar, ini juga merupakan cara untuk menambah pemasukan. Anda bisa mengumpulkan barang-barang bekas yang masih layak pakai, seperti pakaian, aksesori, benda-benda unik, alat musik, atau bahkan barang elektronik. Barang-barang ini kemudian bisa dijual, baik melalui platform jual beli online ataupun bazar langsung khusus barang bekas. Lumayan ‘kan uangnya bisa untuk tambahan beli laptop baru.

Menabung untuk Laptop dengan menjual barang bekas
Jual barang bekas atau datang ke bazaar

3. Datang ke Bazar Teknologi atau Manfaatkan Promo Cashback

Meski usaha menabung untuk laptop belum mencapai target, tak ada salahnya jika Anda berkunjung ke bazar teknologi. Biasanya, di bazar ini perusahaan berlomba-lomba untuk menarik pasar dengan cara menawarkan harga murah. Bahkan, tak sedikit pula dari mereka yang melakukan promo cuci gudang dengan harga yang murah meriah.

Atau, jika tidak memungkinkan untuk datang ke event besar tersebut, Anda juga tak boleh malas untuk melakukan survei. Utamanya jika mendekati hari-hari tertentu, seperti Harbolnas, Hari Konsumen, atau hari besar Nasional. Karena tak jarang, banyak toko atau bahkan platform jual beli online yang memberikan cashback menggiurkan khusus di hari spesial tersebut. Sayang sekali jika tidak dimanfaatkan, bukan?

4. Investasi Melalui Qazwa.id

Selain menabung untuk laptop, cara lain yang juga bisa dicoba adalah berinvestasi melalui qazwa.id. Qazwa.id sendiri merupakan platform investasi syariah yang dijamin halal dan bebas riba. Apalagi, platform ini juga telah berada di bawah pengawasan OJK sehingga keamanannya tidak perlu dikhawatirkan. Anda bisa memilih beragam jenis investasi sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

Investasi di Qazwa.id salah satu cara menabung untuk laptop

Dengan berinvestasi, keinginan untuk memiliki laptop impian pun dapat terwujud. Tidak percaya? Buktikan saja!

Traveloka Xperience

Traveloka Xperience : Cara Seru Memaksimalkan Liburan Agar Tetap Asyik

Pernah ga sih muncul perasaan iri ngeliat feed Instagram orang lain isinya kayaknya jalan-jalan melulu? Rasanya sih perasaan seperti itu wajar sekarang muncul. Tinggal gimana kita sabar-sabarin diri walau kurang piknik. Hehehe.

Jujur aja, belakangan aku sempat ngerasa kayak gitu. Apalagi kondisi di kantorku dan suami lagi gak memungkinkan untuk cuti panjang. Alhasil, kita cuma bisa manfaatin waktu weekend doang. Liburan tipis-tipis banget dari sisi waktu.

Liburan bisa menjadi cara untuk relaksasi maupun merasakan pengalaman seru

Walaupun liburan tipis-tipis, aku tetap mau hawa liburan dan senang-senang tetap dirasakan oleh semua anggota keluarga. Belakangan, aku mencoba menggunakan Traveloka Xperience untuk memaksimalkan liburan sekejap di waktu weekend. Namun, tak hanya untuk weekend kok, kapanpun kamu butuh liburan sekaligus hiburan, kamu bisa menikmatinya dengan Traveloka Xperience.

Liburan Makin Asyik Berkat Traveloka Xperience

Traveloka Xperience sebenarnya adalah layanan baru dari Traveloka yang mulai diluncurkan pada awal tahun 2019. Layanan ini memudahkan pengguna untuk mencari dan memesan berbagai aktivitas untuk melengkapi liburan baik aktivitas hiburan maupun gaya hidup.

Berbagai kategori disediakan dalam Traveloka Xperience ini mulai dari atraksi, kecantikan dan spa, taman bermain anak, hiburan, tur liburan, tiket bioskop, tiket event/festival, kelas olah raga, dan banyak lagi. Bisa dibilang, Traveloka sadar akan kebutuhan orang-orang saat ini untuk memperkaya pengalamannya dengan mendapatkan #XperienceSeru termasuk saat liburan.

Dengan semakin luasnya jaringan Traveloka, tentu saja kini Traveloka Xperience tidak hanya dapat dinikmati di Indonesia saja. Kini, Traveloka Xperience telah memiliki lebih dari 10 ribu mitra untuk aktivitas dan rekreasi. Selain itu, pembayaran untuk merasakan Traveloka Xperience pun banyak pilihan dan mudah untuk diakses.

Melakukan Pemesanan Aktivitas Liburan di Traveloka Xperience

Untuk melakukan pencarian dan pemesanan aktivitas liburan di Traveloka Xperience caranya sangat mudah. Kita tinggal menuju website atau aplikasi Traveloka.

Selanjutnya, pilih kategori Xperience yang disediakan. Jika sudah mempunyai aktivitas tujuan yang ingin dilakukan, kita bisa langsung memasukkannya di kolom pencarian.

Melakukan PemesananTraveloka Xperience

Setiap aktivitas yang ditawarkan di Traveloka Xperience dilengkapi dengan informasi yang sangat jelas. Tak hanya deskripsi dari aktivitas yang ditawarkan, tapi juga dapat melihat foto, lokasi, serta review dari yang pernah membeli atau mencoba aktivitas ini.

Selanjutnya, untuk harga sendiri, aku mencoba membandingkan harga yang ditawarkan oleh Traveloka Xperience dan harganya jauh lebih murah dari pada kita harus beli langsung. Belum lagi kalau ada promo-promo tambahan dari Traveloka seperti beberapa hari yang lalu ada promo Epic Sale. Contohnya saja untuk tiket playground anak Kidzoona Palembang Icon untuk seharian penuh yang hanya Rp 75.000,00 saja. Harga ini sudah termasuk biaya untuk 1 orang pendamping pula. Hemat sekali.

Melakukan PemesananTraveloka Xperience
Melakukan PemesananTraveloka Xperience

Setelah memilih varian dari aktivitas, kita bisa juga memilih tanggal untuk melakukan aktivitas tersebut. Oh iya, aktivitas seperti tiket playground Kidzoona ini tak hanya bisa dipakai di tanggal yang dipilih saja. Tetapi tiketnya juga berlaku selama 7 hari dari tanggal yang dipesan. Misalnya, tidak bisa di hari yang sudah ditentukan, masih ada kesempatan untuk menikmati di hari lain pada minggu tersebut.

Jangan lupa, lakukan pembayaran. Ada banyak metode pembayaran yang disediakan Traveloka Xperience, mulai dari bank transfer, kartu kredit, dan lainnya. Nanti aka nada voucher yang dikirimkan melalui e-mail maupun muncul di aplikasi. Voucher ini nanti cukup ditunjukkan ke outlet / lokasi tempat aktivitas dilakukan sebagai tiket masuk.

Melakukan PemesananTraveloka Xperience

Serunya Liburan Bareng Anak di Kidzoona Palembang Icon Berkat Traveloka Xperience

Siapa yang tak senang bermain? Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun rasanya akan tetap senang ketika ada yang mengajak bermain. Maka dari itu, menemani anak bermain di playground sebenarnya juga hiburan untuk orang tua. Orang tua dan anak bisa merasakan #Xperienceseru bersama-sama.

#XperienceSeru bersama Traveloka Xperience

Walaupun bisa dibilang sebenarnya lagi gak kemana-mana, tapi pada akhirnya anak pun bisa senang main di playground Kidzoona kesukaannya. Untuk dapat menikmati Kidzoona Palembang Icon yang cukup ramai pengunjung, ada baiknya datang di waktu mall baru buka. Dengan demikian, kita juga bisa lebih leluasa bermain bersama anak. Kadang kan kalau sudah ramai, banyak anak mengincar mainan yang sama. Ada yang bersedia bergantian, namun tak sedikit juga yang terkadang memaksa untuk menyerobot.

Karena aku memilih tiket all day atau sepanjang hari, kita pun bisa keluar masuk dari playground, misalnya untuk makan atau ke toilet.

#XperienceSeru bersama Traveloka Xperience

Ada banyak permainan yang bisa dipilih oleh anak di Kidzoona Icon, ada Air Slider (perosotan balon besar), Ball pool (kolam bola), Cyber Wheel, Toy Corner (area untuk bermain seperti sandplay), serta yang paling disenangi oleh anak yaitu Narikiri Town, kota kecil untuk anak-anak bermain peran. Di sini, anak-anak bisa menjadi polisi, sushi chef, pemadam kebakaran, dokter, dll.


Traveloka Xperience ini bisa menjadi solusi saat butuh hiburan dan aktivitas untuk liburan kita. Liburan pun menjadi lebih maksimal dengan budget yang bisa diminimalkan.

Mau Miliki Rumah Murah Idaman? Begini Cara Menabung Untuk Para Generasi Milenial

Rumah merupakan salah satu aset properti, yang penting dan menjadi impian banyak orang termasuk para generasi milenial. Meski banyak ungkapan bahwa generasi milenial merupakan generasi yang sulit punya rumah, namun ternyata kini sudah banyak rumah-rumah murah dijual, sehingga milenial masih memiliki kesempatan untuk bisa membeli rumah. Namun, bagaimana cara milenial miliki rumah murah idaman?

Sudah bukan menjadi hal yang tidak mungkin, untuk para generasi milenial memiliki rumah. Karena kini ada banyak cara milenial miliki rumah murah idaman, seperti KPR atau Kredit Pemilikan Rumah. Namun, yang sering menjadi hambatan ketika ingin membeli rumah adalah pembayaran uang muka atau DP. Di mana nomilan uang muka KPR umumnya adalah 15-20% dari harga rumah.

Nah, maka tak heran jika para generasi milenail semakin pusing dengan pembagian penghasilan dan tabungannya untuk menyisipkan dana untuk membeli rumah. Namun, tak perlu khawatir, karena kamu bisa loh menabung uang muka rumah murah, di mana hal ini juga merupakan salah satu cara milenial miliki rumah murah idaman. Yuk langsung saja simak tips nya:

1. Tentukan Target sebagai Cara Milenial Miliki Rumah

Agar tidak hanya jadi angan-angan, cara milenial miliki rumah murah idaman sangat bisa dilakukan. Pertama, kamu harus mengetahui kisaran harga rumah murah saat ini, biasanya berkisar antara Rp 300-500 juta. Sedangkan uang mukanya adalah sekitar 15-20%, atau sekitar Rp 45-75 juta. Nah, dana tersebut tentunya bukan nominal yang sedikit bukan untuk milenial?

Maka dari itu, dengan mengetahui jumlah nominalnya, maka kamu bisa mulai memperhitungkan serta mengatur pos-pos keuangan bulananmu mulai dari sekarang.

2. Mengatur Pos Keuangan

Cara milenial miliki rumah murah idaman selanjutnya adalah terus menabung tanpa memiliki keterikatan hutang piutang atau cicilan lain, sehingga kamu bisa lebih fokus untuk menabung DP rumah. Sehingga setiap kamu gajian, kamu bisa langsung memasukan sejumlah nominal yang menjadi targetmu.

Jika perlu, tabungan untuk Dp rumah bisa dipisahkan dengan dana sehari-hari, karena hal tersebut bisa membantu kamu mencegah uang tabungan terpakai tanpa tujuan yang jelas. Namun, meski hal ini wajib dilakukan dan harus konsisten, kamu juga harus tetap menyisihkan uang untuk keperluan lain, karena jika kamu kekurangan uang untuk hidup, hal ini juga tidak akan efektif.

3. Pertimbangkan Biaya Sewa Tempat Tinggal Saat ini

Berbeda dengan milenial yang masih tinggal dengan orangtua, jika kamu merupakan milenial yang merantau, tentunya kamu memiliki tanggungan sewa kos atau kontrakkan. Sehingga, jika kamu berniat untuk menabung DP rumah, diusahakan untuk mencari tempat tinggal di kos atau kontrakan yang murah dan tidak terlalu mahal.

Meski memang akan kurang nyaman, namun, tidak ada salahnya bukan, berkorban demi bisa mengumpulkan dana untuk DP rumahmu sendiri.

4. Menyimpan Dana di tempat yang liquid

Berikutnya, untuk cara milenial miliki rumah murah idaman adalah dengan menabungkan uang kamu atau menginvestasikannya di tempat yang liquid dan tidak berisiko tinggi. Seperti tabungan, deposito, pasar uang atau reksadana. Sehingga, uangmu akan aman tanpa takut dipakai dengan cuma-cuma sehingga tidak sadar kalau uangmu berkurang.

Nah, itu dia beberapa cara milenial miliki rumah murah idaman, terutama untuk menabung membayar DP. Sehingga para milenial tidak perlu takut akan sulitnya memiliki rumah. Terlebih kini Presiden Jokowi disebut akan membangun banyak unit rumah murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah di tahun 2019. Tidak hanya penting, memiliki rumah atau properti ini sesegera mungkin juga perlu dilakukan.

Kenapa? Empat alasan mengapa kamu harus segera beli rumah ini mungkin akan membantu membuka pikiranmu, khususnya bagi kaum milenial. Empat alasan tersebut bisa dilihat di link berikut ini: https://www.cekaja.com/info/jokowi-bangun-125-juta-rumah-murah-begini-cara-milenial-bisa-memilikinya

Cara Melindungi Diri dari Kabut Asap

Indonesia Darurat Kabut Asap, Ini Cara yang Tepat untuk Melindungi Diri Dari Bencana Tersebut

Baru-baru ini masyarakat Indonesia dikejutkan dengan video penampakan langit di Muaro Jambi yang memerah lantaran kabut asap yang makin pekat. Dampak kebarakan hutan (karhutla) di Jambi tersebut dapat dikategorikan sangat tidak sehat dan juga membuat aktivitas seluruh masyarakat lumpuh. Tidak hanya di Jambi dan sebagian wilayah Sumatera saja, di Kalimantan pun bencana kabut asap kian merambat ke negera tetangga seperti Malaysia. Untuk itu pemerintah setempat, menganjurkan warganya agar mempelajari cara melindungi diri dari kabut asap terparah di tahun 2019 ini.

Cara Melindungi Diri dari Kabut Asap
Kabut Asap bisa menyebabkan anak tak nyaman beraktivitas di sekolah

Kementrian Kesehatan menjelaskan, kebakaran hutan dapat terjadi secara alami karena 3 faktor yakni lelehan lahar gunung api, petir, dan gesekan antar pohon. Sambaran petir dan gesekan antar pohon dapat berubah menjadi kebakaran hebat apabila mengalami kekeringan panjang. Selain faktor alam, kebakaran hutan juga bisa terjadi karena kegiatan manusia yang disengaja atau tidak disengaja.

Cara Melindungi Diri dari Kabut Asap

Untuk melindungi diri dari kabut asap berkepanjangan, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini yang sesuai dengan anjuran Kementerian Kesehatan dalam Buku Penanggulangan Krisis Kesehatan (seri kabut asap).

  • Kurangi aktivitas di luar rumah, khususnya bagi penderita gangguan pernapasan dan penyakit jantung.
  • Selalu gunakan masker jika ingin beraktivitas di luar rumah.
Memakai Masker Cara Melindungi Diri dari Kabut Asap
  • Lakukan konsultasi terlebih dahulu untuk mendapatkan perlindungan tambahan bagi penderita yang memiliki gangguan paru dan jantung.
  • Pastikan pintu dan jendela rumah selalu tertutup rapat. Jika dirumah memiliki exhaust fan, maka matikan dan tutup rapat celah yang ada pada exhaust fan tersebut.
  • Terapkan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), seperti mengonsumsi makanan bergizi, jangan merokok, dan istirahat yang cukup dengan jangka waktu tidur malam 8-10 jam.
Istirahat Cukup Cara Melindungi Diri dari Kabut Asap
  • Menjaga kebersihan penampungan air minum dan makanan.
  • Alat pendingin udara (AC) selalu digunakan sepanjang waktu. Jika tidak memiliki AC, maka gunakan kain basah diseluruh jendela dan ventilasi. Cuci dan basahkan kembali kain sesuai kebutuhan.
  • Cuci terlebih dahulu sayuran dan buah-buahan yang ingin dikonsumsi.
  • Rajin minum air putih sebanyak 8 gelas per hari.
  • Gunakan air purifier untuk mencegah polusi udara yang buruk masuk ke dalam rumah/sekolah/kantor dan ruang tertutup lainnya.

Baca Juga: Awas, Beberapa Wilayah di Banten dan DKI Jakarta Terancam Kekeringan!

Bahaya Kabut Asap untuk Kesehatan

Pekatnya kabut asap yang melanda sebagian daerah di Indonesia tentunya menimbulkan berbagai penyakit berbahaya. Buku Penanggulan Krisis Kesehatan untuk Anak Sekolah (seri kabut asap) juga membahas apa saja masalah kesehatan yang muncul akibat kabut asap, antara lain:

  • Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA)

Walaupun ISPA biasa disebabkan oleh infeksi virus, bukan tidak mungkin bila gangguan pernapasan tersebut dipicu oleh polusi udara yang kian parah dan lemahnya sistem kekebalan tubuh. Dalam situasi seperti itu, infeksi virus akan jauh lebih mudah menyerang tubuh karena berkurangnya kemampuan paru-paru dan saluran pernapasan dalam mengatasi infeksi.

Penyakit Pernafasan
  • Asma

Selain faktor genetik, kualitas udara yang buruk juga menjadi faktor seseorang mudah terserang penyakit ini. Kabut asap yang dihirup dapat menyebabkan gangguan layaknya kamu menghirup asap rokok.

  • Penyakit Jantung

Menurut sebuah studi dari California Environmental Protection Agency di tahun 2014, pasien yang terpapar kabut asap dalam jangka waktu lama sangat berisiko terkena stroke karena kabut asap membawa parikel kecil PM2.5 yang dapat masuk ke dalam tubuh lewat saluran pernapasan.

Semakin tuanya usia bumi bisa jadi tanda untuk masyarakat agar selalu menjaga bumi. Jika sudah begini, baik pemerintah maupun warga sudah seharusnya saling bahu-membahu mengatasi permasalahan kabut asap.

Jangan sampai keindahan bumi tidak dapat lagi dinikmati oleh anak cucu kelak. Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara penanggulangan kabut asap bisa kamu baca melalui laman situs https://www.cekaja.com/info/darurat-kabut-asap-pahami-dampak-dan-bagaimana-cara-melindungi-diri.