Azalea Beauty Zaitun Oil

Azalea Beauty Merawat Kecantikan dengan Khasiat Zaitun Oil

Siapa yang tak ingin tampil cantik dan menawan? Rasanya sebagai wanita, kita selalu ingin menampilkan sisi tersebut. Tak lupa, untuk menampilkan kecantikan kita juga perlu melakukan perawatan. Salah satu produk perawatan kecantikan untuk perempuan berhijab dipersembahkan oleh Azalea Beauty. Beberapa waktu lalu, aku sempat mengikuti gathering Azalea Beauty dan Palembang Beauty Blogger serta mencoba beberapa personal care yang ditawarkan, salah satunya adalah Azalea Zaitun Oil with Habbatussauda Oil.

Lebih Dekat dengan Azalea Beauty

Azalea merupakan bagian dari PT Gondowangi, perusahaan yang juga menaungi brand Natur. Azalea sendiri menawarkan produk-produk personal care mulai dari hair care hingga skin care.

Produk personal care dari Azalea terbuat dari bahan-bahan alami yang terinspirasi dari Thibbun Nabawi, atau segala sesuatu yang disebutkan oleh Al-Quran dan As-Sunnah yang Shahih, yang berkaitan dengan kedokteran baik berupa pencegahan (penyakit) atau pengobatan. Jadi, bahan-bahan yang dipilih untuk produk Azalea diyakini memiliki khasiat bagi kesehatan kulit, tubuh, dan rambut.

Azalea Beauty Zaitun Oil
Produk-produk Azalea, mulai dari Hair Care hingga Foot Care

Beauty from Sunnah adalah konsep yang diyakini oleh Azalea. Produk yang ditawarkan baik untuk rambut dan kulit memiliki kandungan minyak zaitun. Buah zaitun yang beberapa kali disebutkan dalam Al-Quran memang memiliki banyak khasiat.

Minyak zaitun sendiri mengandung Anti-Oksidan, Oleic Acid berkonsentrat tinggi dan Essential Fatty Acid. Kandungan tersebut dapat memberikan nutrisi, , memperbaiki, memperkuat, melindungi dan merawat kulit dan rambut.

Produk Azalea Beauty

Saat ini, secara umum, produk Azalea Beauty dibagi menjadi 3 kelompok yaitu hair care, skin care, dan foot care.

Hair Care

Rangkaian produk untuk kesehatan rambut dan kulit kepala agar muslimah lebih nyaman berhijab sepanjang hari dengan rambut yang terasa segar, bebas gatal, bebas lepek, dan sehat berkilau.

·        Azalea Shampoo Zaitun Oil & Ginseng Extract

Shampo yang membantu melembutkan rambut dan merawat kekuatan akar rambut. Ekstrak gingseng bermanfaat untuk mengurasi rasa gatal.

·        Azalea Shampoo Zaitun Oil & Citrus Extract

Shampo yang membantu melembutkan rambut dan mengurangi ketombe dan rasa gatal di kulit kepala.

·        Azalea Shampoo Zaitun Oil & Habbatussauda Oil

Shampo yang membantu merawat rambut rusak, menguatkan akar rambut, serta menghitamkan rambut.

·        Azalea Hijab Mist Zaitun Oil & Aloe Vera Extract

Mist untuk rambut yang bisa mengharumkan dan menyegarkan rambut. Bisa disemprotkan langsung ke hijab dan cocok pula untuk tubuh.

Skin Care

Rangkaian produk untuk melindungi dan menambah kelembaban alami kulit tubuh.

·        Azalea Zaitun Oil Habbatussauda Oil

Mengandung minyak zaitun yang bermanfaat untuk menghaluskan dan merawat kulit kering dan kasar agar lebih lembut, cerah, dan berseri.

·        Azalea Zaitun Oil Rosehip Oil

Mengandung rosehip oil yang bermanfaat untuk menghaluskan dan merawat bekas luka agar kulit menjadi lebih halus dan sehat bercahaya.

Foot Care

Rangkaian produk untuk perawatan kulit yang sering mengalami masalah kulit kering, kasar, bersisik, dan pecah-pecah seperti pada bagian kaki, siku, dan lutut.

·        Azalea Intensive White Hydrogel Aloe Vera Extract

Membantu menjaga kulit agar tetap sehat dan lembab serta membantu mengembalikan warna alami kulit. Adanya ekstrak aloe vera memberikan sensasi dingin menyejukkan.

·        Azalea Intensive White Cream Rosehip Oil

Membantu mengembalikan kelembaban dan elastisitas kulit agar tetap halus dan lembut. Kandungan rosehip oil bermanfaat untuk menyamarkan bekas luka dan membuat kulit tampak cerah.

Saat ini produk Azalea Beauty dapat dibeli di supermarket maupun online melalui marketplace seperti Blibli, Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Bukalapak melalui official store Azalea.

Gathering Azalea Beauty & Palembang Beauty Blogger

Bertempat di Equatore Rooftop Café, Azalea Beauty mengadakan gathering bersama Palembang Beauty Blogger pada Sabtu, 21 September 2019 lalu.

Gathering pada pukul 14.00 dan diawali oleh perkenalan tentang Azalea Beuty oleh mba Clara Rizqi Putri Henri, Brand Activation Azalea Beauty. Selain mengenalkan tentang Azalea Beauty, mba Clara juga mengajak kita sharing permasalahan atau keluhan terkait kulit dan rambut yang sering dirasakan oleh perempuan berhijab.

Selanjutnya, ada pula sesi sharing dari Palembang Beauty Blogger (PBB). Di sesi ini Silta dan Paci menjadi perwakilan dari PBB yang menceritakan awal terbentuknya PBB, bagaimana passion mereka di bidang beauty, serta event-event seru lain yang melibatkan PBB. Selain ngobrol santai, ada juga games-games seru seperti lomba review produk Azalea.

Review Skin Care Azalea Zaitun Oil Habbatussauda Oil

Beberapa hari ini, aku mencoba Azalea Zaitun Oil with Habbatussauda Oil. Seperti yang kita tau, zaitun dan habbatussauda memang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan dan kulit.

Minyak zaitun mengandung anti-oksidan, oleic acid berkonsentrasi tinggi, serta fatty acid. Kandungan ini bermanfaat untuk melembapkan kulit, memberi nutrisi, memperbaiki, memperkuat, melindungi dan merawat kulit.

Sementara itu, habbatussauda atau jintan hitam juga mengandung vitamin E yang cukup tinggi dan baik untuk menyembuhkan reaksi alergi kulit.

Kebayang kalau keduanya menjadi kandungan untuk produk perawatan kulit? Pasti akan banyak manfaatnya. Itulah yang aku rasakan setelah mencoba Azalea Zaitun Oil with Habbatussauda Oil.

Kemasan

Produk Azalea Zaitun Oil dikemas dalam botol berukuran 150m. Botol plastiknya bening, kita pun bisa melihat warna produknya yang bening. Ada sticker yang membedakan andara Zaitun Oil dengan Habbatussauda Oil dan Rosehip Oil Untuk Azalea Zaitun Oil with Habbatussauda Oil ditempeli sticker warna peach dan hijau.

Di bagian belakang, terdapat keterangan informasi produk, cara pakai, dan komposisi.

Tekstur & Wangi

Seperti minyak zaitun pada umumnya, Azalea Zaitun Oil juga berwarna bening. Begitu tutup botol dibuka, aroma wangi tercium. Harum, tapi tidak terlalu menusuk.

Teksturnya sendiri tidak terlalu berminyak, jadi tidak lengket dan oily. Setelah diole, Azalea Zaitun Oil juga cepat meresap di kulit. Kelembabannya pun cukup lama terjaga.

Penggunaan

Azalea Zaitun Oil dapat digunakan langsung ke kulit untuk melembabkan kulit. Kalau aku, suka pakai juga setiap malam sebelum tidur karena biasanya tidur memakai AC membuat kulit kering, sehingga untuk melembabkannya aku berikan zaitun oil.

Selain itu, Azalea Zaitun Oil juga bisa digunakan sebagai base make up atau cleansing oil sebagai bagian dari rangkaian perawatan kulit wajah. Noda bekas bedak pun terangkat seketika.

Oh iya, Azalea Zaitun Oil juga enak untuk digunakan untuk memijat badan. Rasanya badan menjadi lebih wangi dan rileks setelah dipijat.

Harga

Azalea Zaitun Oil dijual dengan kisaran harga Rp 31.000,-. Tak terlalu mahal rasanya untuk produk minyak zaitun.

Overall, aku ngerasa Azalea Zaitun Oil with Habbatussauda Oil ini enak dan cocok banget buat kulitku yang cenderung kering. Terasa lebih lembab. Semoga saja, dengan pemakaian teratur, kulitku juga menjadi lebih cerah dan bercahaya.


Informasi lebih tentang produk Azalea Beauty bisa dicek melalui Website, Instagram , danFacebook Azalea Beauty

USB OTG SanDisk Backup Data Smartphone

USB OTG SanDisk Dual Drive, Penyelamat Kecil Untuk Melakukan Backup Data Smartphone

Smartphone saat ini menjadi barang yang sangat berharga. Bukan karena harganya saja menjadi barang berharga. Tetapi juga, smatphone kerap menemani kita di berbagai aktivitas, mulai dari senang-senang maupun bekerja. Data-data baik berupa dokumen, foto, maupun video sering kita simpan di smartphone. Tentu tak ingin data-data penting tersebut hilang. Maka dari itu rasanya penting untuk melakukan backup data smartphone, salah satunya dengan USB OTG SanDisk Dual Drive.

Kehilangan Data? Pasti Menyebalkan

Harus diakui bahwa hampir setiap kehidupan kita tak pernah lepas dari smartphone. Smartphone banyak menjadi gadget utama setiap orang dan setiap profesi. Tak sedikit content creator yang menggunakan smartphonenya untuk menghasilkan karya. Belum lagi profesi lainnya.

Berdasarkan Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey yang dilakukan oleh Western Digital Corp., 97% responden mengandalkan smartphone sebagai gawai utama dalam keseharian mereka.

Belakangan, ibuku juga mulai nyaman menggunakan smartphone untuk membaca berita, menonton video ceramah, hingga merekam aktivitas cucunya. Ini serupa dengan gambaran survey yang menyatakan bahwa 93% responden pengguna smartphone memakai fitur kamera untuk mengambil gambar.

backup data pada smartphone dengan USB OTG SanDisk
Infografis Hasil Survey Western Digital

Sebagai ibu, aku pun kerap menyimpan foto dan video perkembangan anak di smartphone. Belum lagi dokumen-dokumen penting yang kerap kudownload sebagai bahan rapat dan bekerja di kantor pun banyak kusimpan di smartphone. Tak lupa, foto dan video yang juga kuambil untuk konten social media, blog, atau vlog.

Bisa dibilang, hampir sebagian besar data di smartphone berupa foto dan video. Hal yang senada dengan gambaran survey Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey, di mana 98% data berupa gambar tersimpan pada memory. Setelah itu diikuti dengan data video, musik, aplikasi, dan dokumen.

Gak pernah sama sekali ngebayangin kalau data-data tersebut hilang. Duh, bakalan nangis deh. Pantes temen yang pernah kehilangan smartphone bilang, gak penting barangnya, yang sedih itu kehilangan data-data di dalamnya.

Pernah pada suatu acara aku ingin merekam video, namun mendapat notifikasi bahwa memory smartphoneku hampir penuh. Langsung aku panik dan menghapus beberapa data lama yang kumiliki agar memory lapang kembali. Belakangan aku baru sadar, bahwa beberapa data yang aku hapus belum aku pindahkan ke laptop. Menyesal sekali rasanya. Data lama yang niatnya diolah jadi karya pun hilang tak berbekas.

Pilihan Delete atau Uninstall, penolong di kala panik melanda. Lalu menyesal kemudian

Pengalaman hampir kehabisan memory smartphone dan kehilangan beberapa data membuatku sadar akan pentingnya melakukan backup data. Data-data itu kan #DibuangSayang dan disimpan harus rapi.

Permasalah kehilangan data ternyata bukan hanya aku yang mengalami. Pada survey yang dilakukan Western Digital, 67% orang Indonesia pernah mengalami kehilangan data di smartphone. Kehilangan datanya pun disebabkan berbagai hal antara lain menghapus data untuk menghemat memory, mendapatkan notifikasi kepenuhan memory, malfungsi pada smartphone, secara tidak sengaja menghapus data penting, dan kehilangan data akibat virus.

Pentingnya BackUp Data Smartphone

Kadang kita menyadari hal-hal penting setelah kehilangan. Aku pun demikian, menyadari bahwa menjaga dan melakukan backup data menjadi hal yang harus dilakukan.

Melakukan backup data antar perangkat adalah hal yang perlu dilakukan secara rutin

Backup data adalah kegiatan untuk mengamankan data dengan melakukan penyalinan data tersebut ke media penyimpanan lainnya. Tujuan pastinya adalah mengantisipasi data-data yang dimiliki hilang atau mengalami kerusakan.  Kehilangan data bisa terjadi karena tidak sengaja terhapus, terkena virus, perangkat yang rusak, dsb.

Pada saat ini, backup data bisa dilakukan dengan memindahkan ke perangkat lain (misal dari smartphone ke flashdisk atau komputer) atau mengupload file tersebut ke penyimpanan cloud.

Manfaat Melakukan Back Up Data

Melakukan backup data memang sebagai cara untuk mengantisipasi data hilang atau rusak sehingga telah ada data cadangan untuk menggantikan. Ada pula beberapa manfaat lain dari melakukan backup, yaitu

Dapat mengakses file dengan mudah di manapun

Dengan melakukan backup data, aku bisa mengakses file dengan mudah kapanpun di manapun. Untuk data-data foto bahan konten social media, terkadang memang lebih nyaman melakukan pengeditan di smartphone langsung. Namun, untuk konten tulisan, seperti notes yang kuketik sebagai bahan posting blog, lebih enak dipindahkan lalu dilanjutkan di laptop. Begitu pula data berupa video, pengeditan biasanya kulakukan di laptop.

Dengan melakukan backup data, aku pun bisa bekerja dengan mudah melalui perangkat apapun.

Menghindari perangkat yang menjadi lemot

Pernah juga aku mengalami smartphone yang menjadi lemot karena data yang terlalu penuh. Melakukan backup dengan memindahkan beberapa data bisa menghindari terjadinya perangkat berubah menjadi lemot. Kinerja smartphone pun tetap terjaga.

File tetap terjaga ketika ada pembaharuan/update terbaru

Melakukan backup data juga bisa menjadi penyelamatan ketika ada update dari sistem operasi atau aplikasi. Bukan tidak mungkin ketika ada update, sistem operasi atau aplikasi ternyata kurang cocok atau menganggu performa perangkat. Adanya backup data membuat file tetap terjaga dan pekerjaan bisa dilanjutkan kembali.

Backup Data Smartphone
Backup Data Smartphone

Semakin Mudahnya Backup Data Smartphone dengan USB OTG

Agar data aman sekaligus menjaga perangkat agar tetap memiliki performa yang baik, maka melakukan backup data adalah hal yang harus dilakukan secara teratur.

Backup Data Smartphone
Langkah yang kulakukan untuk Backup Data Smartphone

Aku coba melakukan penyimpanan data dalam layanan penyimpanan online / cloud seperti Google Drive. Menyimpan secara online juga kulakukan untuk data-data acara yang melibatkan banyak orang. Jadi, orang lain pun dapat mengakses dengan mudah.

Sementara itu, untuk meningkatkan kapasitas smartphone, aku juga menambahkan memory penyimpanan menggunakan microSD. Jadi, ketika memory smartphone semakin menipis, data-data bisa dipindahkan terlebih dahulu ke microSD.

Selain itu, untuk backup berkala, di awal-awal, aku melakukan backup data dari smartphone menggunakan kabel data. Jadi, aku menyambungkan kabel data dari smartphone ke laptop. Jika data berada di microSD, maka harus mencopot microSD, menyambungkan ke adaptor terlebih dahulu baru ke laptop.

Kelihatannya ribet ya harus melakukan backup data dengan kabel. Maka dari itu, aku mencari cara lain yang lebih mudah untuk proses backup. Untungnya sekarang ada USB OTG (On the Go).

Proses transfer data semakin mudah karena ada USB OTG saat ini

OTG adalah salah satu spesifikasi yang memungkinkan perangkat smartphone berlaku sebagai master terhadap perangkat lain yang terkoneksi. Fitur OTG ini sebenaranya yang memungkinkan kita melakukan transfer data seperti dengan switch kabel atau langsung dengan perangkat lain yang mendukung seperti USB Flashdrive OTG.

SanDisk Ultra Dual Drive USB Type-C, si Kecil Penyelamat untuk Backup Data Smartphone

Adanya fitur OTG membuat perkembangan lain seperti adanya USB Flashdrive OTG. Dengan adanya USB Flashdrive OTG, transfer data dari smartphone pun lebih mudah lagi. Tinggal colok USB OTG ke smartphone, lalu lakukan transfer data.

Backup Data Smartphone
Proses Transfer Data dengan USB OTG SanDisk Ultra Dual Drive USB Type-C

Pada saat ini, aku memilih USB OTG SanDisk Ultra Dual Drive USB Type-C karena sesuai dengan tipe smartphone dan laptopku yang memiliki port USB Type-C. Karena tipe port keduanya sama, proses pemindahan data pun semakin mudah. Tak perlu gonta ganti port jika ingin memindahkan data dari smartphone ke laptop maupun sebaliknya.

Sebenarnya sih, SanDisk Dual Drive ini punya 2 tipe USB. Ada port USB 3.1 dan port USB Type-C dengan retractable connector. Jadi, ketika bertemu laptop lain yang tak ada port USB Type-C, akupun bisa dengan mudah melakukan transfer data.

Adanya USB OTG SanDisk Ultra Dual Drive membuatku lebih tenang lagi dalam urusan memory smartphone. Jika terdapat notifikasi bahwa memory hampir habis, aku bisa segera menyelamatkan data-data dengan memindahkan terlebih dahulu. Bisa dibilang, adanya USB OTG SanDisk Ultra Dual Drive ini secara tidak langsung menambah memory smartphone juga.

SanDisk Ultra Dual Drive ini mampu melakukan transfer data dengan kecepatan hingga 150 MB/s. Dengan demikian, proses transfer data dengan format apapun menjadi lebih cepat.

Tak lupa, ada pula aplikasi SanDisk Memory Zone App Manages Files. Aplikasi ini membuat pengguna bisa melihat, mengakses, dan melakukan backup semua data.



Ada beberapa pilihan dalam USB OTG SanDisk, mulai dari 16GB, 32GB, 64GB, 128GB, dan 256GB. Tentunya, ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan untuk memilih kapasitas mana yang akan dibeli. Pembelian bisa juga dilakukan secara online Official Store SanDisk. Jika teman-teman memiliki perangkat yang mendukung micro USB, SanDisk juga menyediakannya. Jadi bisa menyesuaikan dengan perangkat yang dimiliki, apakah USB Type-C atau micro USB.

Oh iya, produk asli SanDisk juga bisa digaransi. Syarat melakukan garansi adalah kemasan dengan sticker garansi dan tidak cacat fisik. Untuk garansi sendiri bisa diklaim di service center terdekat.

Nah, sekarang gak perlu takut lagi urusan kehabisan memory smartphone karena kita bisa menambah memory dengan USB OTG SanDisk. Jangan lupa, rutinlah melakukan backup data demi kenyamanan kerja dan hati kita kok. Data selamat, hati tenang bersama #SanDiskAPAC.

Plugin WordPress Terbaik untuk Blog

7 Plugin WordPress Terbaik untuk Blog yang Wajib Kamu Install

Salah satu alasan banyak orang memilih WordPress adalah karena WordPress mudah digunakan. Konfigurasi kebutuhan website bisa disesuaikan dengan theme dan plugin yang tersedia. Namun, jumlah plugin yang tersedia untuk WordPress sangatlah banyak. Berikut ini beberapa plugin WordPress terbaik untuk blog yang wajib untuk kamu install

Mengenal Plugin di WordPress

Plugin merupakan kode software dengan fungsi-fungsi tertentu untuk mendukung aplikasi atau program dalam menjalankan fitur tambahan. Tak hanya di WordPress, plugin juga kerap ditemui di browser seperti Firefox, Opera, Chrome, dan lainnya. Ada pula yang menamakannya Add-on atau Extension.

Plugin umumnya didesain secara spesifik untuk aplikasi atau program tertentu. Plugin WordPress tak bisa digunakan untuk Firefox. Namun, mungkin saja ada plugin dengan fungsi yang serupa tersedia untuk Firefox.

Menambahkan Plugin WordPress Terbaik untuk Blog yang lebih keren performanya

Ya, plugin dapat dikategorikan sesuai fungsinya. Untuk WordPress dapat dikategorikan menjadi plugin untuk SEO, plugin untuk backup, plugin untuk antispam, dsb. Pemilik website WordPress bisa menyesuaikan fitur-fitur sesuai kebutuhan websitenya dengan menambahkan plugin.

Plugins WordPress Terbaik untuk Blog

Pada saat ini, terdapat puluhan ribu plugin WordPress yang tersedia. Tentu ini kadang memusingkan pengguna baru WordPress yang baru membeli di Hosting Indonesia.

Pengguna WordPress harus memilih plugin yang kualitasnya bagus. Jika salah memilih, bisa saja ini berdampak negatif pada website yang dimiliki. Selain itu, jangan sampai kita juga menginstal plugin yang sejenis.

Untuk itu, aku akan mencoba memberikan info plugin terbaik WordPress untuk blog yang mudah digunakan dan paling baik sesuai kategori atau fungsinya. Semoga ini bisa meningkatkan blog yang dimiliki.

Yoast SEO

Bagi pemilik blog, pasti ingin konten atau postingannya tampil di halaman pertama mesin pencari. Oleh karena itu, Search Engine Optimalization (SEO) diperlukan untuk sebuah website.

Dukungan SEO bisa didapatkan pula dengan menginstall plugin SEO seperti Yoast SEO. Ini diperlukan karena algoritma mesin pencari juga berubah-ubah. Adanya plugin ini menjadi panduan untuk pemilik blog menerbitkan konten yang bisa muncul di halaman pertama mesin pencari seperti Google.

Yoast SEO, salah satu Plugin terbaik WordPress untuk Blog kategori SEO

Sistem Yoast SEO akan memberikan tanda pada setiap postingan dengan kode warna layaknya traffic light. Abu-abu artinya tak bisa dinilai, merah artinya buruk, oranye lumayan, dan hijau artinya bagus sekali. Selain menilai SEO, Yoast juga dapat menilai apakah konten tulisan nyaman dibaca atau tidak. Ada juga panduan atau saran yang diberikan untuk perbaikan.

Updraft Plus

Untuk pekerjaan apapun, kita selalu disarankan melakukan backup. Tak terkecuali untuk website maupun blog. Mengingat blog dan website adalah aset kita, backup juga melakukan hal yang harus dilakukan.

UpdraftPlus Plugin WordPress Terbaik untuk Blog

Updraft Plus merupakan salah satu plugin backup terbaik dan terpopuler untuk WordPress Hosting. Plugin ini menyediakan backup terjadwal dan otomatis tersimpan ke berbagai media penyimpanan seperti Google Drive maupun email. Selain itu, jika ingin melakukan restore / pemulihan juga mudah sekali. Cukup dengan sekali klik saja.

Google Analytics Dashboard Plugin for WordPress by MonsterInsights

Traffic dan status analytic situs menjadi hal yang juga patut diteliti oleh pemilik website. Salah satu tools yang kerap digunakan adalah Google Analytics. Nah, kita dapat menghubungkan Google Analitics dengan website WordPress menggunakan plugin seperti Google Analytics Dashboard Plugin for WordPress by MonsterInsights.

Dengan adanya plugin ini, kita bisa melihat aktivitas website yang dianalisa oleh Google Analitics melalui dashboard WordPress.Proses instalasi tak terlalu susah. Selanjutnya, kita dapat melihar report Google Analytics yang spesifik. Tak lupa, informasi lain terkait pengunjung situs juga didapatkan dengan cepat.

Akismet

Konten blog mungkin saja dikunjungi dan mendapat komentar spam. Komentar spam yang tidak sesuai artikel atau menampilkan link hidup akan dianggap berbahaya bagi website. Biasanya, ini berasal dari script khusus yang dijalankan secara otomatis.

Untuk mengurangi komentar spam, kita dapat menggunakan plugin Akismet. Plugin ini bisa mengecek dan menyaring komentar spam. Dengan demikian, kita bisa lebih nyaman dalam mengelola blog.

Broken Link Checker

Beberapa waktu lalu heboh dengan adanya nilai Domain Authority (DA) yang menurun. Salah satu yang ditengarai menjadi sebab adalah jumlah broken link dalam website tersebut. Adanya broken link juga dapat membuat website kurang optimal dan situs tidak berada dalam posisi yang bagus di halaman pencarian.

Oleh karena itu, plugin seperti Broken Link Checker perlu diinstal di website atau blog yang dimiliki. Plugin ini dapat mencari link yang menyebabkan error 404. Kita pun dapat mengedit link yang dianggap broken link.

W3 Total Cache

Kecepatan website adalah hal yang penting. Ini karena bisa membuat nyaman pembaca. Secara jangka panjang kecepatan website memberi pengaruh baik pada traffic.

Oleh karenanya, plugin seperti W3 Total Cache diperlukan. Plugin ini mampu meningkatkan kecepatan website.

Imagify Image Optimizer

Konten di blog tak akan lengkap jika hanya tulisan semata. Gambar atau foto kerap kali menjadi pelengkap. Sayangnya, jika ukuran gambar terlalu besar, kecepatan loading website akan melambat dan website pun menjadi buruk performanya.

Oleh karena itu, plugin Imagify Image Optimizer diperlukan untuk website. Plugin ini dapat mengurangi ukuran halaman sehingga kecepatan performa website pun meningkat.

Nah, demikianlah beberapa pilihan plugin terbaik WordPress yang cocok untuk blog maupun website. Semoga artikel ini bisa memudahkan pengguna WordPress dalam memilih plugin yang cocok untuk website yang dibangun. Karen ajika salah memilih pluhin, bisa jadi traffic dan performa website menjadi buruk.

Tentunya, instalasi plugin di atas bisa dilakukan jika teman-teman sudah memiliki website. Jika belum, teman-teman bisa membangun website terlebih dahulu dengan layanan hosting dari Qwords.

Selamat mencoba meningkatkan performa blog dengan plugin terbaik.

Kursus Online di Udemy

Meningkatkan Kompetensi dengan Kursus Online di Udemy

Menjadi generasi millennial sekaligus blogger yang terkadang juga membuat konten video membuatku pernah dianggap sebagai ‘orang melek IT’ di lingkungan kantor. Padahal, kalau secara kemampuan mah pasti jauh dibanding orang IT (Information Technology) asli. Aku coba berpikir positif bahwa ini adalah sebuah dorongan untuk meningkatkan kompetensi. Kebetulan, aku memang ada ketertarikan di bidang ini. Oleh karena itu, belakangan aku ikut kursus online di Udemy untuk meningkatkan kompetensi sendiri.

Meningkatkan Kompetensi Sendiri, Kenapa Engga?

Sebagai orang yang bekerja di lingkup HCM (Human Capital Management) sering kali aku membaca dan mendengar keluhan orang yang merasa tidak diperhatikan dari sisi peningkatan kompetensi. Jujur saja, aku juga pernah berada di posisi sama. Apalagi, kita dituntut untuk kerja dan berusaha menciptakan inovasi. Rasanya gak sejalan gitu, dituntut tapi dikasih perhatian aja engga.

Meningkatkan Kompetensi Sendiri bersama Kursus Online di Udemy
Meningkatkan kompetensi pribadi tak selalu lewat training perusahaan saja kok

Namun, lama kelamaan sih aku menyadari, bahwa urusan peningkatan kompetensi pribadi gak semata-mata tanggung jawab perusahaan kok. Kita sendiri bisa belajar supaya memiliki daya saing dan nilai jual yang lebih. Adanya perkembangan IT yang cepat membuat kita bisa belajar dari mana saja sesuai dengan minat atau passion kita.

Membuat Inovasi : Dorongan Berkreasi Sekaligus Belajar Mandiri

Beberapa bulan lalu, aku mendapat tugas untuk mencoba membangun website untuk sistem informasi sederhana di unit kerja. Sayangnya, dukungan tim IT tidak didapatkan karena adanya pekerjaan dari unit lainnya.

Walaupun begitu, tim IT menyarankan aku untuk mencoba membangun website menggunakan WordPress. Selain familiar karena ngeblog platformnya WordPress, menurut mereka membangun website dengan WordPress tak terlalu sulit.

Lalu, aku mulai mencari tempat kursus yang memungkinkan aku belajar dengan runut dan terukur sekaligus praktik. Pada akhirnya aku memilih kursus online saja di Udemy untuk belajar membuat website dengan WordPress melalui kursus “Become a WordPress Developer: Unlocking Power with Code”.

Kursus Online di Udemy
Salah satu kursus online di Udemy yang sedang aku ikuti

Kursus Online di Udemy Untuk Meningkatkan Kompetensi

Udemy adalah marketplace global untuk pembelajaran online yang berasal dari San Fransisco, Amerika Serikat. Melalui Udemy, kini orang dapat melakukan pembelajaran tentang berbagai topik. Mulai dari musik, kesehatan, pemasaran, programming, gaya hidup, dan sebagainya. Tak hanya belajar, bagi yang merasa menguasai bidang tertentu pun dapat mengajar pula di Udemy. Tentunya, dengan mengajar ada insentif yang diberikan.

Alasan Memilih Udemy Sebagai Tempat Belajar

Memilih Udemy sebagai tempat belajar tentu ada alasan yang jelas. Berikut alasanku.

Bisa Diakses Kapanpun Di Manapun

Aku memilih Udemy karena bisa diakses melalui laptop maupun aplikasi di Google Play (ada juga di App Store). Materi-materi yang disampaikan melalui video juga bisa didownload. Karena bisa diakses di aplikasi, mau belajar di manapun dan kapanpun bisa serta semakin mudah.

Kursus Online di Udemy yang bisa diakses dimanapun kapanpun

Pastinya, ini menyesuaikan topik dan jenis kursus yang diambil. Untuk kursus yang sedang aku ikuti, lebih nyaman diikuti menggunakan laptop. Ini karena baiknya sekaligus praktek step by step dari materi yang dijelaskan.

Saat menonton video, kita juga bisa menggunakan fitur seperti pause, rewind, forward. Dengan demikian, ketika praktek pun jadi lebih nyaman,

Fitur Video pada Kursus Online di Udemy

Banyak Topik Pilihan

Udemy menawarkan berbagai topik untuk dipelajari. Mulai dari yang santai hingga serius seperti programming. Saat ini, mungkin sudah lebih dari 100.000 kursus yang ditawarkan Udemy.

Para pengajarpun bisa dibilang memiliki background yang jelas dan baik. Seperti kursusku tentang WordPress dengan pengajar Brad Schiff, seorang developer.

Topik Kursus Online di Udemy
Beberapa topik kursus online Udemy, kita bisa juga mencari dengan mengetik di kolom pencarian

Sebelum memilih, kita bisa melihat kurikulum dari kursus yang ditawarkan. Satu topik yang sama memungkinkan banyak sudut pandang dan kurikulum. Ini karena instrukturnya berbeda-beda.

Saat memilih kursus pun kita bisa melihat terlebih dahulu ulasan dan nilai yang diberikan oleh customer lainnya.

Harga yang Bervariasi

Harga untuk kursus yang ditawarkan di Udemy sangatlah bervariasi. Ada yang gratis, ada pula yang bernilai jutaan rupiah. Teman-teman bisa pilih kursus yang sesuai dengan dana yang dimiliki.

Pembelajaran yang Runut

Yang aku suka dari Udemy adalah pembelajaran yang runut dan interaktif. Ini tentu berasal dari kurikulum yang jelas. Kursus yang sedang aku ikuti menjelaskan detail gambaran umum dari materi yang dipalajari. Dengan demikian, aku jadi bisa memahami materi pembuka terlebih dahulu sebelum masuk ke detail pelajaran.

Pembelajaran yang runut pada Kursus Online di Udemy
Di setiap materi kita dapat melihat bagian yang akan dipejari.

Kursus yang sedang kuikuti memiliki total waktu durasi selama 27 jam. Jika di kelas offline, mungkin akan digempur habis selama 3-4 hari. Sudah kerjaan harus tertunda, belum tentu materi masuk semua. Namun, di Udemy, materi dibagi menjadi beberapa sesi lagi. Dengan demikian, saya bisa memahami secara perlahan-lahan.

Tersedia Fitur Tanya Jawab dan Sertifikat

Udemy juga menyediakan fitur tanya jawab untuk materi yang sedang dipelajari. Memang, tidak selalu pengajar akan menjawab pertanyaan yang diajukan. Namun, bukan tidak mungkin customer lain yang sama-sama sedang mengikuti kursus ini membantu menjawabnya.

 menyediakan fitur tanya jawab
Ada banyak pertanyaan dan response yang diberikan oleh sesama pembelajar

Ada Fitur Lokal

Saat ini, Udemy juga telah memiliki fitur lokal melalui Udemy Indonesia (udemy.com/id). Adanya fitur lokal membuat pengunjung bisa memahami situs Udemy dalam bahasa lokal / Indonesia. Selain itu, tampilan harga yang ditawarkan untuk setiap kursus juga dalam mata uang lokal (rupiah).

Video kursus pun telah memiliki subtitle dalam Bahasa Indonesia. Bukan tidak mungkin ke depannya akan banyak kursus lokal dengan Bahasa Indonesia sebagai pengantar.

Adanya Resources yang Disediakan

Untuk proses belajar, tak jarang ada tambahan materi yang diperlukan. Misalnya dalam membangun website, diperlukan gambar pendukung. Kita bisa mendownload secara langsung resources yang diperlukan.

Akses Seumur Hidup

Jika kita memilih mengikuti kursus di Udemy, akses terhadap kursus itu berlaku seumur hidup. Adanya akses seumur hidup membuat kita juga tidak terburu-buru untuk menyelesaikannya.

Cara Mengikuti Kursus Di Udemy

Bagaimana cara mengikuti kursus di Udemy? Berikut langkah-langkah yang bisa diikuti.

  1. Buat akun Udemy terlebih dahulu. Mudah, cukup isi data-data diri saja.
  2. Cari atau pilih topik yang diinginkan, lalu bandingkan kursus berdasarkan kurikulum dan rating customer. Misalnya ingin Belajar Coding PHP, kita bisa langsung mengetik saja di kolom pencarian.
  3. Segera daftar sekarang dan ikuti kursus jika memilih kursus gratis
  4. Masukkan kursus ke dalam keranjang, lalu lakukan pembayaran.

Pada saat ini, pembayaran di Udemy sudah dapat melalui bank transfer (ke Bank Permata), Alfamart, Indomaret, DokuWallet, kartu kredit, dan PayPal.

Lifelong Learning Bersama Udemy

Belajar kadang menjadi momok yang menakutkan. Namun, aktivitas ini perlu dilakukan oleh semua orang. Melakukan lifelong learning atau proses pembelajaran seumur hidup tentu memiliki banyak manfaat. Otak jadi terbiasa untuk diajak berkerja, tak lupa kompetensi pribadi juga meningkat.

Mengikuti kursus “Become a WordPress Developer: Unlocking Power with Code” membuatku belajar lebih tentang membangun website menggunakan WordPress. Kerap kali saat mengutak-ngatik blog WordPress, aku harus masuk ke halaman editor dan menemukan berbagai kode yang tak dipahami.

memahami kode-kode WordPress berkat kursus online di Udemy
Pelan-pelan belajar memahami kode-kode WordPress berkat Udemy

Melalui kursus ini, aku belajar memahami PHP yang menjadi bahasa pemograman di WordPress. Untuk memahaminya, kita harus menginstall dulu software atau aplikasi untuk menyusun kode pemrograman seperti Local by FlyWheel. Jadi, ibaratnya, kita bisa membangun atmosfir untuk mendevelop website WordPress melalui komputer kita, bukan langsung di website WordPress. Dengan Local by FlyWheel, kita bisa melihat website WordPress buatan sendiri secara offline.

Local by FlyWheel, salah satu software yang digunakan dalam pelajaran ini

Selanjutnya, kita juga dikenalkan dengan CSS atau Cascading Style Sheets, kode-kode yang digunakan dalam styling website sehingga tampilannya menjadi lebih menarik. Dari sini akupun mengetahui bahwa kita dapat membuat themes sendiri untuk WordPress.

Di materi ini, langkah pertama membuat themes sendiri adalah dengan membuat file php sendiri (index.php) sebagai template themes.

Walaupun begitu, jalan panjang masih harus kulalui untuk membangun website dengan tampilan lebih professional dan memiliki banyak fitur menggunakan WordPress.

Satu hal yang paling penting dalam proses pembelajaran pribadi dengan Udemy adalah niat dan konsistensi. Kita harus meluangkan waktu secara rutin untuk dapat menyelesaikan kursus. Dengan begitu, efektifitas dan manfaat belajar bersama Udemy akan lebih terasa.

Oh iya, jika menyelesaikan satu kursus, bisa saja kita mendapat sertifikat. Untuk yang membutuhkan sertifikat sebagai pembuktian kompetensi pribadi tentu akan bermanfaat.

Ada peluang untuk mengajar
Mengajar di Udemy juga bisa kok

Jika kamu merasa sudah ahli dalam bidang tertentu, tak ada salahnya juga untuk mencoba mengajar di Udemy. Mengajar juga menjadi proses pembelajaran baru bagi beberapa orang. Bahkan, melalui mengajar, kita bisa mendapatkan ilmu-ilmu baru.

Proses belajar dan mengajar di Udemy sangatlah menarik. Rasanya, aku ingin segera menyelesaikan kursus belajar coding PHP dan memulai kursus lain seperti belajar tentang blog.

Tetap semangat belajar ya teman! Yuk bareng-bareng melakukan proses lifelong learning yang menyenangkan bersama Udemy.

Pucuk Coolinary Festival

Jajan Kenyang Hati Senang di Pucuk Coolinary Festival Palembang

Siapa yang tak senang kalau jajanan favorit berkumpul dalam satu tempat yang sama pada satu waktu. Itu artinya, kita gak perlu sibuk mendatangi lokasi penjual yang mungkin saja jaraknya berjauhan. Kita juga tak perlu ribet bolak balik pesan antar dengan ojek online supaya makanan kesukaan datang. Emang mungkin ya itu terjadi? Pasti mungkin kalau ada festival kuliner seperti Pucuk Coolinary Festival seperti yang dilaksanakan di Palembang pada tanggal 7-8 September 2019.

Pucuk Coolinary Festival, Festival Kuliner Terbesar di Indonesia

Dalam media gathering yang dilakukan pada tanggal 5 September 2019, Bapak Kitto Kristanto selaku Junior Brand Manager Teh Pucuk Harum mengungkapkan bahwa Pucuk Coolinary Festival (PCF) adalah festival kuliner terbesar di Indonesia. Festival ini memiliki konsep yang berbeda karena menghadirkan lebih dari 100 tenant kuliner di setiap penyelenggaraannya. Selain itu, festival ini juga dibagi menjadi 3 zona rasa, yaitu Gurih, Manis, dan Pedas.

Media Gathering PCF Palembang
Bapak Kitto Kristanto dan Kak Dina Oktaviany dalam Media Gathering

Festival kuliner yang digagas oleh Teh Pucuk Harum ini dimulai sejak tahun 2018 lalu di kota Malang. Di tahun yang sama, diadakan festival ini diadakan di kota Bandung. Antusiasme warga ternyata sangat tinggi. Pengunjung membludak hingga lebih dari 30 ribu pengunjung.

Animo yang tinggi membuat pihak Teh Pucuk Harum kembali mengadakan Pucuk Coolinary Festival di tahun 2019. Pada tahun ini ada 4 kota yang dikunjungi yaitu Yogyakarta (30-31 Maret 2019), Medan (31 Agustus – 1 September 2019), Palembang (7-8 September 2019), dan Makassar.

Melalui penyelenggaraan event festival kuliner seperti Pucuk Coolinary Festival, diharapkan UMKM kuliner dapat semakin maju melalui kreativitas dan inovasinya dalam menyajikan makanan agar lebih dicintai oleh konsumen. Bahkan, para tenant yang berpartisipasi dalam event ini tidak dipungut biaya dan tidak pula ada tuntutan bagi hasil apapun. Malah, bisa mendapatkan hadiah jika terpilih sebagai tenant terfavorit.

Pucuk Coolinary Festival Palembang

Bukan tanpa alasan pihak Teh Pucuk Harum memilih Palembang sebagai salah satu tuan rumah Pucuk Coolinary Festival pada tahun 2019 ini. Palembang dikenal dengan kulinernya. Untuk olahan ikan, bukan hanya pempek saja. Ada tekwan, celimpungan, laksan, model, dll. Belum lagi pindang, martabak HAR, nasi minyak, dan sebagainya.

Kuliner Palembang juga berkembang pesat. Kini ragam variasi kuliner dari yang tradisional hingga kekinian pun semakin banyak. Dina Oktaviany, founder @makanpakereceh.plg mengatakan bahwa walaupun semakin banyak pula usaha yang sejenis, namun setiap owner berusaha membuat produknya berbeda dari yang lain. Coba saja hitung, ada berapa usaha salad yang membuka kedainya belakangan ini. Ada yang menerima pesanan online, berjualan menggunakan mobil, membuat stand khusus di area tertentu, dan ada pula yang secara serius membuat kedai saladnya.

Berdasarkan alasan tersebut, wajar rasanya jika Palembang dipilih menjadi salah satu penyelenggara Pucuk Coolinary Festival. Pucuk Coolinary Festival di Palembang diadakan di Lapangan Parkir PTC Mall Palembang pada tanggal 7-8 September 2019. Acara dimulai setiap pukul 10 pagi hingga 10 malam.

Pucuk Coolinary Festival Palembang

Jadi, kalau sampai kelewatan hadir di event ini rasanya bakal sayang banget deh.

Seru-seruan Bersama Pucuk Coolinary Festival Palembang

Mendengar event Pucuk Coolinary Festival dimulai pada pukul 10 pagi, akupun bergegas pergi ke Lapangan Parkir PTC Mall pada tanggal 7 September 2019. Ternyata, diselenggarakan opening ceremony dari event ini.

Opening Ceremony PCF Palembang

Opening ceremony dimulai dengan Tari Tanggai Palembang yang dibawakan oleh tiga penari dengan anggun dan gemulai. Tari Tanggai memang kerap dibawakan untuk menyambut tamu undangan di awal sebuah acara. Salah satu penari membawa sebuah kotak berisi sekapur sirih untuk diberikan kepada para tamu undangan. Bapak Henry David Kalangie, National Sales & Promotion Head PT. Mayora Indah Tbk, mencoba sirih yang diberikan oleh penari tersebut.

Pucuk Coolinary Festival Palembang
Berpose bersama setelah opening speech, penekanan sirine, dan pengguntingan pita

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan opening speech dari Bapak Henry David Kalangie yang berisi ajakan untuk masyarakat memeriahkan event kuliner ini. Sambutan juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, H. Isnaini Madani yang mengungkapkan bahwa event ini bisa meningkatkan daya tarik masyarakat untuk mengenal lebih banyak wisata kuliner di Palembang. Sementara itu, dalam sambutannya, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Sumatera Selatan, Ir. Hj. Ernila Rizar, MM, mengatakan bahwa event seperti ini bisa meningkatkan kreativitas dan inovasi dari penggiat UMKM di Sumatera Selatan khususnya Palembang.

Sebagai tanda dimulainya gelaran 2 hari ini, dilakukan penekanan sirene yang dilakukan secara bersama-sama dan dilanjutkan oleh pemotongan pita. Tamu undangan pun sempat berkeliling dan melihat stand-stand yang berjualan di Pucuk Coolinary Festival.

Berbagai Promo dan Kegiatan Menarik

Pucuk Coolinary Festival Palembang tak hanya ramai dengan hadirnya lebih dari 100 tenant yang berpartisipasi. Tapi juga, berbagai promo dan kegiatan menarik pun diadakan untuk para pengunjung.

Bagi-Bagi 10.000 Pempek Gratis

Dalam setiap perjalanannya, Pucuk Coolinary Festival akan memberikan 10.000 porsi camilan kesukaan masyarakat di kota tempat event ini diselenggarakannya. Tak lain dan tak bukan, camilan kesukaan warga Palembang sudah pasti adalah Pempek. Maka, ada 10.000 porsi pempek yang dibagikan pada pukul 12.30 di setiap harinya. Pengunjung cukup menunjukkan 2 botol Teh Pucuk Harum untuk mendapatkan pempek gratis.

Pucuk Coolinary Festival Palembang
Pempek Gratisssss

Potongan Harga di Happy Hour

Pengunjung dapat juga menikmati potongan harga dari senilai Rp 10.000,- pada jam-jam tertentu. Tenang saja, pihak Pucuk Coolinary Festival akan menginformasikan pelaksanaan happy hour ini kok. Dengan begitu, para tenant juga bisa bersiap-siap untuk memberikan potongan harga selama berlangsungnya moment tersebut.

Promo Cashback 50% bersama Dana

Bekerja sama dengan salah satu e-wallet yaitu DANA, Pucuk Coolinary Festival juga menawarkan promo yaitu cashback 50% jika melakukan transaksi dengan DANA. Tentunya ada syarat dan ketentuan berlaku ya.

Pucuk Coolinary Festival Palembang
Promo DANA

Tantangan Makan di Spicy King Noodle Contest

Jika pengunjung merasa suka dengan kuliner pedas khususnya mie, tak ada salahnya untuk mengikuti Spicy King Noodle Contest. Ada beberapa sesi yang diadakan di hari pertama penyelenggaraan. Selanjutnya, para pemenang di setiap sesi akan berlomba lagi untuk sesi final di hari kedua.

Adanya Undian dan Lomba dengan Hadiah Menarik

Selain itu, pengunjung juga memiliki kesempatan untuk memenangkan hadiah grand prize 1 unit sepeda motor Yamaha NMAX serta uang tunai yang dibagikan setiap harinya. Jadi, setelah membeli makanan, pengunjung akan mendapatkan struk/nota yang bisa ditukarkan dengan kupon undian. Selain itu, pengunjung juga bisa memilih tenant kuliner favorit.

Menikmati Hidangan di PCF Palembang

Mengangkat konsep yang sama di setiap penyelenggaraannya, Pucuk Coolinary Festival membagi lebih dari 100 tenant kuliner ke dalam 3 zona yaitu zona gurih, zona manis, dan zona pedas.

Pucuk Coolinary Festival Palembang
Temukan rasa favoritmu dari 3 zona : gurih, manis, dan pedas

Dari penglihatanku, zona gurih menjadi zona yang paling banyak tenantnya. Dengan tagline, Pucuk Coolinary Festival ’Temukan Rasa Favoritmu’, Teh Pucuk Harum memang mengajak kita untuk menemukan rasa yang paling kita sukai.

Pucuk Coolinary Festival Palembang
Nyobain Onigiri Viral

Setelah membeli makanan di tenant favorit, kita dapat duduk-duduk dengan santai di tempat duduk yang telah disediakan. Ada panggung di bagian belakang yang di depannya terdapat bean bag untuk menikmati hidangan dengan santai. Alunan musik dari musisi lokal juga menemani kita selama berkeliling dan makan.

Bagusnya, di Pucuk Coolinary Festival juga menyediakan wastafel portable. Jadi, kalau mau makan makanan yang rasanya lebih nikmat disantap dengan tangan langsung, kita gak perlu khawatir saat ingin membersihkan tangan. Tak lupa, setelah makan, kita dapat langsung membereskan dan membuang sisa makanan di tong sampah yang tersedia di banyak titik.

Oh iya, ada pula beberapa youtuber dan foodies nasional maupun lokal yang meramaikan event ini loh. Jadi, selain bisa menikmati kuliner favorit, teman-teman juga berkesempatan untuk bertemu dengan idolanya khususnya di bidang kuliner.

Masih ada hari kedua nih di event Pucuk Coolinary Festival. Jangan sampai kelewatan. Event ini juga bisa jadi referensi untuk temen-temen agar menemukan jajanan baru lagi di Palembang. Selamat menikmati jajan kenyang dan hati senang deh. Semoga tahun depan diadakan lagi ya di Palembang.

Akhirnya, Hokben Buka di Palembang!

Akhirnya, Hokben Buka di Palembang!

Aneka rasa makanan yang pernah dicicipi dan dimakan, jikalau enak, pasti ingin diulang dan dinikmati kembali. Itu yang aku rasakan terhadap Hokben. Jaman kuliah dulu, kadang makan Hokben dan suka banget saladnya. Sayangnya, ketika pindah di Palembang tahun 2011, Hokben belum ada cabang di Palembang. Namun, akhirnya penantian panjang berakhir. Di tahun 2019, akhirnya Hokben buka di Palembang.

Lebih Dekat dengan Hokben

Mungkin, ada yang ingat bahwa Hokben dulu namanya adalah Hoka-Hoka Bento. Banyak yang mengira, Hokben adalah restoran yang berasal dari Jepang. Padahal, Hokben merupakan merek dari Indonesia loh.

Akhirnya, Hokben Buka di Palembang
Penjelasan dari mba Irma Wulansari

Nah, yuk kenalan lebih dekat dengan Hokben bersama mba Irma Wulansari (Commmunication & Service Division Hoka Hoka Bento Group).

Mengenal Profil dan Sejarah Hokben

Hokben awalnya didirikan di Jakarta pada tahun 1985 di bawah lisensi PT Eka Bogainti dengan nama Hoka Hoka Bento. Hoka Hoka Bento punya arti “makanan hangat di dalam box”. Gak cuma makanannya yang tersaji hangat. Hokben juga membuat hangat suasana dari makanan yang disajikan.

Restoran pertama berada di daerah Kebon Kacang Jakarta. Penasaran jadinya, apakah restoran pertama ini masih ada? (Kemarin lupa nanya sama mba Irma). Jadi bertanya-tanya juga, apakah ini resto Hokben yang ada di Jalan Sabang 😀

  • Hokben-Buka-di-Palembang-2
  • Hokben-Buka-di-Palembang-3

Pada saat ini, Hokben telah memiliki lebih dari 100 cabang yang tersebar di Jawa, Bali, dan Sumatera. Untuk Sumatera sendiri, Hokben sudah mulai masuk pada tahun 2018 di Bandar Lampung dan 2019 di Palembang.

Semoga, saja banyak kota lain di Sumatera yang akan dimasuki oleh Hokben. Mengingat, banyak penggemar Hokben di Pulau Sumatera. Bahkan, kadang sampai bela-belain mampir ke outlet Hokben saat dinas ke Jakarta, seperti mampir di outlet Bandara Soekarno Hatta di Terminal 2 atau di Terminal 3.

Pola Unik Penuh Arti dari Hokben Community Patern

Jika masuk ke outlet Hokben, kita akan melihat berbagai pola di beberapa sisi restoran Hokben. Pola yang sama juga ditemukan di website, cover sumpit, dan cup minuman.

Ini adalah identitas dari Hokben yang dinamakan Hokben Community Pattern. Ada 5 icon yang setiap iconnya memiliki makna dan filosofi.

Akhirnya, Hokben Buka di Palembang!

Selain community pattern, Hokben juga punya ikon berupa sepasang anak laki-laki (Taro) dan anak perempuan (Hanako). Keduanya suka bertualang dan memiliki hati yang riang. Ketika sampai di Palembang, Taro dan Hanako pakai hiasan kepala dan berfoto di Jembatan Ampera dengan senyum lebar.

Akhirnya, Hokben Buka di Palembang
Taro dan Hanako yang tiba di Palembang

Melihat dan Terlibat Kegiatan CSR Hokben

Hokben menyadari bahwa sebagai perusahaan, untuk tumbuh dan berkembang harus dapat berinteraksi dengan sekitarnya. Hokben tidak hanya memperhatikan karyawan dan konsumen saja. Hokben pun secara konsisten menunjukkan tanggung jawab dalam membangun masyarakat sekitar melalui program CSR (Corporate Social Responsibility).

Program CSR Hokben berfokus pada dua pilar utama, yaitu “Hokben Cinta Pendidikan” dan “Hokben Berbagi dengan Sesama”. Dua hal ini diyakini Hokben sebagai hal penting yang dapat mengubah kehidupan seseorang menjadi lebih baik.

Bersamaan dengan Hokben buka di Palembang, dilakukan juga kegiatan CSR melalui pemberian bantuan pendidikan dan kegiatan donor darah. Bantuan pendidikan senilai Rp 42.900.000,- diberikan kepada Panti Asuhan Mahabbatul Ummi. Sementara kegiatan donor darah dilakukan di Palembang Icon, tempat outlet Hokben di Palembang, bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palembang.

Akhirnya, Tecicip jugo Hokben di Palembang!

Hokben di Palembang dinakhodai oleh Bapak Rusbandi selaku Outlet Manager Palembang Icon. Rasanya, tak asing dengan wajah bapak ini. Benar saja, beliau sebelumnya bertugas di Hokben Bandara Soekarno Hatta, salah satu tempat wajib mampir sebelum kembali ke Palembang.

Suasana Hokben pada Saat Opening di Palembang

Sejak memasuki Palembang Icon, sudah banyak terlihat media promosi terkait Hokben yang melakukan opening outlet sejak 30 Agustus 2019. Memasuki area lantai 2 Palembang Icon, kita dapat melihat adanya antrean panjang orang-orang yang ingin mencicipi Hokben di Palembang. Bahkan, sebenarnya antrean ini sudah mulai sebelum mall dibuka (sebelum pukul 10 pagi). Ketika mall sudah buka, antrean semakin mengular.

Akhinya Hokben Buka di Palembang

Hokben Palembang Icon, pada saat ini masih melayani dine-in (makan di tempat) dan take away (dibawa pulang). Namun, nantinya akan mendukung juga delivery (pengantaran) melalui hotline 1-500-505 atau melalui aplikasi Hokben. Outlet ini juga akan bekerja sama dengan GrabFood maupun GoFood.

Fasilitas lain seperti pelayanan untuk arisan atau ulang tahun (melalui Hoka Party) juga siap untuk dilakukan oleh Hokben Palembang Icon. Tapi, untuk saat ini difokuskan melayani kebutuhan opening outlet terlebih dahulu.

Siap melayani pesanan

Antusiasme warga Palembang terhadap Hokben sangatlah wajar. Bukan hanya orang-orang yang rindu akan cita rasanya. Banyak juga yang penasaran ingin mencicip kuliner begaya khas Jepang yang sudah terkenal ini. Apalagi, banyak promo menarik yang ditawarkan saat opening outlet, mulai dari pemberian hadiah seperti payung, Take away Bag, bantal cantik, serta mug. Juga ada kupon potongan harga untuk menu-menu yang dimiliki Hokben

Menu-Menu Hokben Palembang Icon

Untuk menu-menu yang disajikan Hokben Palembang Icon pastinya hampir tak ada bendanya dengan outlet Hokben lainnya. Outlet ini menyediakan menu utama, menu gorengan, snacks, side dish, soup & sukiyaki, dessert, serta berbagai minuman. Tak lupa, menu-menu paket seperti Kidzu Bento, Hoka Suka, Bento Special, Paket Menu Set (Value, Premium, dan Favorite), Paket ABCD, dan Paket Bowl juga tersedia di sini. Yang berbeda adalah tidak disediakannya menu pudding.

Oh iya, saat penjelasan dari mba Irma, aku jadi tahu bahwa dua menu gorengan dari Hokben yaitu Ekkado dan Tori No Teba ternyata adalah menu asli dari tim Hokben. Ini juga sudah teregistrasi sebagai sebuah merek. Jadi, jangan menjual produk dengan nama ini ya.

Akhirnya Hokben buka di Palembang
Tori no teba
Akhirnya Hokben buka di Palembang
Ekkado

Begitu ditawarin Hokben untuk makan, aku sudah tahu menu yang akan aku pilih yaitu Paket Premium Set Beef Teriyaki ditambah Takoyaki dan Es Sarang Burung. Paket Premium dan Paket Bento Special merupakan yang kerap aku pesan saat mampir ke Hokben. Ini karena sudah lengkap ada nasi, menu utama (aku pilih yang beef teriyaki), dan menu gorengan. Aku pilih paket premium karena sudah lengkap dengan sup yang hangat.

Akhirnya Hokben Buka di Palembang
Pesananku : Premium Set Teriyaki dan Es Sarang Burung. Kenyang dan Pas!
Akhirnya Hokben buka di Palembang
Sukiyaki, menu sehat Hokben dengan mie shirataki. Cocok untuk diet keto
Akhirnya Hokben buka di Palembang
2 favorit dari banyak pilihan snacks Hokben : Edamame dan Takoyaki
Akhirnya Hokben buka di Palembang
Menikmati Hokben bersama teman atau keluarga

Takoyaki aku pilih supaya bisa makan bersama dengan teman blogger lain. Sesuai dengan konsep bahwa Hokben merupakan tongkrongan asyik, menu snacks yang disediakan memang cocok dimakan saat nongkrong. Nongkrong sendiri boleh, bersama teman atau keluarga bisa jadi lebih asyik. Tak lupa, ada Es Sarang Burung sebagai dessert. Agar-agarnya lembut dan rasanya manis.

Menu Hokben ini juga cocok untuk anak. Anakku suka sekali makan salad Hokben. Biasanya, kalau makan sama anak, aku akan minta tambahan saladnya. Rasa sausnya memang spesial dan rasanya tak ada yang menyamai. Belum lagi, kalau mencicip menu Kidzu Bento anak juga dapat hadiah. Kali ini hadiahnya shinkansen atau kereta cepat dari Jepang.

Kidzu Bento berhadiah Shinkansen

Pada akhirnya, tercicip pula Hokben di outlet Palembang. Aku jadi gak perlu nitip ke teman yang dinas ke Jakarta kalau sedang ingin makan Hokben. Tak perlu juga repot-repot mampir ke Bandar Lampung saat melakukan perjalanan mudik demi makan Hokben. Karena, jika rindu salad Hokben sekarang aku bisa mampir langsung ke Hokben Palembang Icon.

Semoga ada outlet lainnya di Palembang dan semakin banyak pula outletnya di Nusantara. Selamat datang di Bumi Sriwijaya ya Taro dan Hanako. Terima kasih atas undangan melihat keseruan Hokben buka di Palembang.

Informasi lain terkait Hokben bisa dilihat melalui web : https://www.hokben.co.id/ , twitter, facebook, instagram, dan Youtube