Aktivitas yang Dilakukan Saat Transit di Cirebon

“Yah habis”

Kekecewaan sempat menghampiriku saat kulihat kereta rute Jakarta menuju Purwokerto sudah ludes terjual. Adanya rapat di Jakarta memang menjadi kesempatan untukku menyempatkan waktu pulang kampung menuju Purwokerto dari Palembang selain di waktu Lebaran.

Jadwal yang belum jelas membuatku ragu untuk memesan tiket kereta jauh-jauh hari. Baru setelah rapat selesai aku mencoba berburu tiket dan ternyata sudah full booked untuk hari Jumat. Wajar, para pengabdi PJKA (Pulang Jumat Kembali Ahad) pasti banyak yang telah memesannya sejak lama.

Keinginan untuk pulang masih menggebu. Tak ada yang mengalahkan cita rasa masakan ibu yang membuat rindu. Aku pun mencari cara lain untuk pulang. Naik bus bukan pilihan bagiku karena pernah salah naik dan kena tipu calo. Kereta adalah transportasi favoritku.

Teringat bahwa jalur kereta Jakarta – Purwokerto biasanya berhenti di Cirebon, aku akhirnya memutuskan untuk mencari tiket kereta ke Cirebon terlebih dahulu. Dapat, sorakku dalam hati. Aku juga mencari tiket Cirebon ke Purwokerto dan untungnya masih ada di keesokan harinya. Baiklah, aku akan bertualang di Cirebon dulu semalam.

Kereta Argo Jati membawaku pergi dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Cirebon. Perjalanan lebih kurang selama 3 jam kumanfaatkan untuk mencari rental mobil Cirebon. Agar waktu transit tak terbuang percuma, memang aku memilih untuk rental mobil saja. Sesampai di Stasiun Cirebon, aku segera bertemu dengan driver yang akan mengantarku keliling Cirebon.

“Mau ke mana aja mba?” tanyanya sesaat setelah aku memasuki mobil.

Aku pun menjelaskan apa yang ingin aku lakukan di kota Cirebon. Berikut aktivitas yang dapat dilakukan saat transit di Cirebon.

  • Makan Empal Gentong dan Tahu Gejrot

Empal Gentong adalah makanan khas dari Cirebon. Empal gentong memiliki kuah kuning seperti gulai dengan campuran daging ayam, daging sapi, atau jeroan yang bisa kita pilih sesuai kesukaan. Cabai bubuk dan perasan jeruk nipis bisa menjadi pelengkap dan menambah rasa agar lebih pedas dan asam, selain rasa gurih yang ditawarkan pertama. Jika sangat lapar, makanlah empal gentong dan sepiring nasi.

Selain empal gentong, makanan khas Cirebon lainnya yang wajib dinikmati adalah tahu gejrot. Potongan tahu kuning yang digoreng dan kuah manis pedasnya akan membuatmu nagih untuk menambah. Aroma bawang yang diulek begitu terasa bercampur dengan potongan cabai yang bisa memberi rasa pedas menggigit.

Satu piring kecil Tahu Gejrot tak akan cukup memuaskan rasa lapar yang menggebu. Namun, kombinasi sepiring nasi putih, empal gentong, dan tahu gejrot, rasanya bisa membalas rasa lapar selama 3 jam perjalanan di kereta.

Warung Empal Gentong rekomendasi di Cirebon adalah Empal Gentong Haji Apud, Empal Gentong Mang Darma, dan Empal Gentong Krucuk.

  • Solat di Masjid At Taqwa & Melihat Alun-Alun Kejaksan

Alun-Alun Kejaksan & Masjid Raya At Taqwa (oleh 123hazet – TripAdvisor.com)

Tepat selesai makan empal gentong, azan Isya berkumandang. Aku meminta mampir ke masjid yang tak jauh dari alun-alun Kejaksan Cirebon. Masjid At Taqwa namanya. Terletak di pusat kota, masjid ini banyak dikunjungi saat memasuki waktu solat.

Masjid At Taqwa memiliki halaman yang luas dan bersebelahan dengan Islamic Center Cirebon. Arsitekturnya terlihat modern dengan desain yang menurutku cukup unik. Kemegahan dan kebersihan dari masjid ini juga sangat terasa. Tempat yang indah untuk dikunjungi dan memanjatkan doa.

Setelah solat, kita bisa melihat-lihat Alun-Alun Kejaksan yang tak jauh dari masjid ini. Alun-alun kerap ramai di malam hari. Pusat kota Cirebon ini memang kerap dikunjungi muda mudi maupun keluarga untuk berkumpul dan bersantai.

 

 

 

 

  • Berburu Oleh-Oleh & Batik Khas Cirebon

Ada hal yang sangat ingin aku beli di Cirebon. Jeniper alias Jeruk Nipis Peras, sirup dari jeruk nipis yang menyegarkan untuk diminum. Sirup ini menjadi favoritku sejak lama, dengan dalih ingin kurus dan jeruk nipis punya khasiat untuk kesehatan.

Jika Jeniper adalah idolaku, Tjampolay adalah idola ibuku. Sirup dengan varian rasa pisang susu, stroberi, kopyor, moka, mangga, melon, cocopandan, dan leci, memang sudah terkenal sebagai oleh-oleh khas Cirebon. Favoritku adalah rasa pisang susu.

Selain sirup, aku juga membawa beberapa bahan untuk memasak seperti bumbu empal gentong dan terasi udang. Selain itu rengginang juga bisa dibawa sebagai oleh-oleh karena rengginang Cirebon punya cita rasa yang khas.

Tak hanya urusan mulut dan perut, Cirebon juga punya oleh-oleh berupa batik dengan motif khasnya. Batik Cirebon kerap disebut batik motif mega mendung. Ciri khasnya adalah garis-garis awan yang memiliki bentuk lonjong, lancip, dan segitiga. Batik dari Cirebon tentu layak untuk dikoleksi dan dijadikan oleh-oleh.

 

  • Makan Nasi Jamblang

Puas berbelanja, aku kembali kelaparan. Kali ini aku diajak untuk menikmati sajian khas lainnya dari Cirebon yaitu Nasi Jamblang. Melihat nasi jamblang, aku sedikit teringat dengan nasi kucing khas angkringan. Porsi nasi jamblang memang tak terlalu besar, seukuran kepalan tangan dengan bungkus daun jati yang membuatnya memiliki cita rasa tersendiri. Sajian lauk bisa kita pilih sesuka hati untuk menemani makan nasi jamblang mulai dari tempe goreng, telur dadar, sambal, cumi, sambal tahu, perkedel, semur, dll.

Warung Nasi Jamblang yang menjadi favorit adalah Nasi Jamblang Bu Nur dan Nasi Jamblang Mang Dul.


Cirebon ternyata memiliki banyak daya Tarik wisata. Driver banyak bercerita tentang tempat-tempat menarik penuh sejarah, seperti Gua Sunyaragi, keraton-keraton di Cirebon, dan makam Sunan Guning Jati. Ternyata, semalam di Cirebon masih kurang bagiku untuk mengeksplorasi kota ini. Apalagi, saat berburu batik rasanya masih kurang karena ternyata ada Kampung Batik yang mungkin bisa membuat kalap mata.

Berkeliling semakin mudah karena ada sewa mobil Cirebon. Mau ke tempat yang seru, makan sajian khas, serta berburu oleh-oleh untuk kerabat bisa dilakukan juga di Cirebon. Berkeliling sehariang akan semakin mudah karena ada sewa mobil Cirebon. Jika ingin mengontak bisa langsung menghubungi no. hp : 08156407913 / 081298476511 bisa juga melalui whatsapp di nomor 082120982211.

Ada yang mau keliling Cirebon ga? Ajak-ajak aku juga dong 😀 Kangen nih sama Cirebon.

4 thoughts on “Aktivitas yang Dilakukan Saat Transit di Cirebon

  1. Pingback: Aktivitas yang Dilakukan Saat Transit di Cirebon

Leave a comment